Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1192

٤٧ - (١١٩٢) - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بۡنُ مَنۡصُورٍ وَأَبُو كَامِلٍ. جَمِيعًا عَنۡ أَبِي عَوَانَةَ. قَالَ سَعِيدٌ: حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ بۡنِ مُحَمَّدِ بۡنِ الۡمُنۡتَشِرِ، عَنۡ أَبِيهِ قَالَ: سَأَلۡتُ عَبۡدَ اللهِ بۡنَ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا عَنِ الرَّجُلِ يَتَطَيَّبُ ثُمَّ يُصۡبِحُ مُحۡرِمًا؟ فَقَالَ: مَا أُحِبُّ أَنۡ أُصۡبِحَ مُحۡرِمًا أَنۡضَخُ طِيبًا، لَأَنۡ أَطَّلِيَ بِقَطِرَانٍ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنۡ أَنۡ أَفۡعَلَ ذٰلِكَ. فَدَخَلۡتُ عَلَى عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا فَأَخۡبَرۡتُهَا أَنَّ ابۡنَ عُمَرَ قَالَ: مَا أُحِبُّ أَنۡ أُصۡبِحَ مُحۡرِمًا أَنۡضَخُ طِيبًا، لَأَنۡ أَطَّلِيَ بِقَطِرَانٍ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنۡ أَنۡ أَفۡعَلَ ذٰلِكَ. فَقَالَتۡ عَائِشَةُ: أَنَا طَيَّبۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ عِنۡدَ إِحۡرَامِهِ، ثُمَّ طَافَ فِي نِسَائِهِ، ثُمَّ أَصۡبَحَ مُحۡرِمًا.
[البخاري: كتاب الغسل، باب إذا جامع ثم عاد، رقم: ٢٦٧].
47. (1192). Sa’id bin Manshur dan Abu Kamil telah menceritakan kepada kami. Semuanya dari Abu ‘Awanah. Sa’id berkata: Abu ‘Awanah menceritakan kepada kami, dari Ibrahim bin Muhammad bin Al-Muntasyir, dari ayahnya, beliau berkata: Aku bertanya kepada ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma tentang seseorang yang memakai wangi-wangian, kemudian keesokan harinya ia menjadi muhrim. Beliau mengatakan: Aku tidak suka menjadi orang yang berihram dalam keadaan aku semerbak wangi. Sungguh, aku mengolesi diriku dengan ter lebih aku sukai daripada melakukan hal itu. Aku masuk menemui ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, lalu aku mengabarkan kepada beliau bahwa Ibnu ‘Umar mengatakan: Aku tidak suka menjadi orang yang berihram dalam keadaan aku semerbak wangi. Sungguh, aku mengolesi diriku dengan ter lebih aku sukai daripada melakukan hal itu. ‘Aisyah mengatakan: Aku memakaikan minyak wangi kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika beliau hendak ihram, lalu beliau berkeliling kepada para istrinya, kemudian keesokan harinya menjadi orang yang berihram.
٤٨ - (...) - حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ حَبِيبٍ الۡحَارِثِيُّ: حَدَّثَنَا خَالِدٌ - يَعۡنِي ابۡنَ الۡحَارِثِ -: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ بۡنِ مُحَمَّدِ بۡنِ الۡمُنۡتَشِرِ قَالَ: سَمِعۡتُ أَبِي يُحَدِّثُ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا، أَنَّهَا قَالَتۡ: كُنۡتُ أُطَيِّبُ رَسُولَ اللهِ ﷺ ثُمَّ يَطُوفُ عَلَىٰ نِسَائِهِ، ثُمَّ يُصۡبِحُ مُحۡرِمًا يَنۡضَخُ طِيبًا.
48. Yahya bin Habib Al-Haritsi telah menceritakan kepada kami: Khalid bin Al-Harits menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami, dari Ibrahim bin Muhammad bin Al-Muntasyir, beliau berkata: Aku mendengar ayahku menceritakan, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan: Aku dahulu mengenakan wewangian kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian beliau berkeliling kepada para istrinya, kemudian beliau menjadi orang yang berihram dalam keadaan masih semerbak wangi.
٤٩ - (...) - وَحَدَّثَنَا أَبُو كُرَيۡبٍ: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنۡ مِسۡعَرٍ وَسُفۡيَانَ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ بۡنِ مُحَمَّدِ بۡنِ الۡمُنۡتَشِرِ، عَنۡ أَبِيهِ قَالَ: سَمِعۡتُ ابۡنَ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا يَقُولُ: لَأَنۡ أُصۡبِحَ مُطَّلِيًا بِقَطِرَانٍ، أَحَبُّ إِلَيَّ مِنۡ أَنۡ أُصۡبِحَ مُحۡرِمًا أَنۡضَخُ طِيبًا. قَالَ: فَدَخَلۡتُ عَلَىٰ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا. فَأَخۡبَرۡتُهَا بِقَوۡلِهِ: فَقَالَتۡ: طَيَّبۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ فَطَافَ فِي نِسَائِهِ ثُمَّ أَصۡبَحَ مُحۡرِمًا.
49. Abu Kuraib telah menceritakan kepada kami: Waki’ menceritakan kepada kami, dari Mis’ar dan Sufyan, dari Ibrahim bin Muhammad bin Al-Muntasyir, dari ayahnya, beliau berkata: Aku mendengar Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma mengatakan: Sungguh, aku mengolesi diriku dengan ter lebih aku sukai daripada aku menjadi orang yang berihram dalam keadaan semerbak wangi. Muhammad berkata: Aku masuk menemui ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, lalu aku mengabarkan ucapan Ibnu ‘Umar kepada beliau, kemudian ‘Aisyah mengatakan: Aku pernah mengenakan wewangian kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau berkeliling kepada para istrinya kemudian keesokan harinya menjadi orang yang berihram.