Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 161

٢٥٥ - (١٦١) - وَحَدَّثَنِي أَبُو الطَّاهِرِ: أَخۡبَرَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي يُونُسُ. قَالَ: قَالَ ابۡنُ شِهَابٍ: أَخۡبَرَنِي أَبُو سَلَمَةَ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ: أَنَّ جَابِرَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ الۡأَنۡصَارِيَّ - وَكَانَ مِنۡ أَصۡحَابِ رَسُولِ اللهِ ﷺ - كَانَ يُحَدِّثُ. قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَهُوَ يُحَدِّثُ عَنۡ فَتۡرَةِ الۡوَحۡيِ - قَالَ فِي حَدِيثِهِ -: (فَبَيۡنَا أَنَا أَمۡشِي سَمِعۡتُ صَوۡتًا مِنَ السَّمَاءِ، فَرَفَعۡتُ رَأۡسِي، فَإِذَا الۡمَلَكُ الَّذِي جَاءَنِي بِحِرَاءٍ جَالِسًا عَلَى كُرۡسِيٍّ بَيۡنَ السَّمَاءِ وَالۡأَرۡضِ). قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (فَجُئِثۡتُ مِنۡهُ فَرَقًا، فَرَجَعۡتُ، فَقُلۡتُ: زَمِّلُونِي زَمِّلُونِي. فَدَثَّرُونِي. فَأَنۡزَلَ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى: ﴿يَا أَيُّهَا الۡمُدَّثِّرُ ۝١ قُمۡ فَأَنۡذِرۡ ۝٢ وَرَبَّكَ فَكَبِّرۡ ۝٣ وَثِيَابَكَ فَطَهِّرۡ ۝٤ وَالرُّجۡزَ فَاهۡجُرۡ ۝٥ ﴾ [المدثر: ١-٥]. وَهِيَ الۡأَوۡثَانُ.) قَالَ: ثُمَّ تَتَابَعَ الۡوَحۡيُ.
255. (161). Abu Ath-Thahir telah menceritakan kepadaku: Ibnu Wahb mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Yunus menceritakan kepadaku. Beliau berkata: Ibnu Syihab berkata: Abu Salamah bin ‘Abdurrahman mengabarkan kepadaku: Bahwa Jabir bin ‘Abdullah Al-Anshari –beliau termasuk sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam- pernah bercerita. Beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda ketika beliau menceritakan tentang masa berhenti turunnya wahyu. Beliau bersabda di dalam hadisnya, “Ketika aku sedang berjalan, aku mendengar suara dari langit. Aku pun mendongak, ternyata ada malaikat yang dahulu mendatangiku di gua Hira` sedang duduk di atas kursi di antara langit dan bumi.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku terkejut takut karenanya, lalu aku pulang dan aku berkata: Selimuti aku! Selimuti aku! Mereka pun menyelimuti beliau. Lalu Allah Yang Mahasuci dan Mahatinggi menurunkan ayat, Wahai orang yang berselimut, bangunlah, lalu berilah peringatan! Dan Tuhanmu agungkanlah, dan pakaianmu bersihkanlah. Dan rujz tinggalkanlah. (QS. Al-Muddatstsir: 1-5). Rujz adalah berhala.” Beliau berkata: Kemudian wahyu turun berkesinambungan.
٢٥٦ - (...) - وَحَدَّثَنِي عَبۡدُ الۡمَلِكِ بۡنُ شُعَيۡبِ بۡنِ اللَّيۡثِ، قَالَ: حَدَّثَنِي أَبِي، عَنۡ جَدِّي، قَالَ: حَدَّثَنِي عُقَيۡلُ بۡنُ خَالِدٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، قَالَ: سَمِعۡتُ أَبَا سَلَمَةَ بۡنَ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ يَقُولُ: أَخۡبَرَنِي جَابِرُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (ثُمَّ فَتَرَ الۡوَحۡيُ عَنِّي فَتۡرَةً، فَبَيۡنَا أَنَا أَمۡشِي)... ثُمَّ ذَكَرَ مِثۡلَ حَدِيثِ يُونُسَ غَيۡرَ أَنَّهُ قَالَ: (فَجُثِثۡتُ مِنۡهُ فَرَقًا حَتَّى هَوَيۡتُ إِلَى الۡأَرۡضِ). قَالَ: وَقَالَ أَبُو سَلَمَةَ: وَالرُّجۡزُ: الۡأَوۡثَانُ. قَالَ: ثُمَّ حَمِيَ الۡوَحۡيُ بَعۡدُ، وَتَتَابَعَ.
256. ‘Abdul Malik bin Syu’aib bin Al-Laits telah menceritakan kepadaku, beliau berkata: Ayahku menceritakan kepadaku, dari kakekku, beliau berkata: ‘Uqail bin Khalid menceritakan kepadaku, dari Ibnu Syihab, beliau berkata: Aku mendengar Abu Salamah bin ‘Abdurrahman berkata: Jabir bin ‘Abdullah mengabarkan kepadaku: Bahwa beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kemudian wahyu berhenti turun kepadaku sementara waktu. Ketika aku sedang berjalan…” Kemudian beliau menyebutkan semisal hadis Yunus, hanya saja beliau mengatakan: “Aku terkejut takut karenanya hingga aku jatuh ke tanah.” Beliau berkata: Abu Salamah berkata: Rujz adalah berhala-berhala. Beliau berkata: Kemudian setelah itu, wahyu kembali turun berkesinambungan.
وَحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ رَافِعٍ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ: أَخۡبَرَنَا مَعۡمَرٌ عَنِ الزُّهۡرِيِّ... بِهَٰذَا الۡإِسۡنَادِ. نَحۡوَ حَدِيثِ يُونُسَ وَقَالَ: فَأَنۡزَلَ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى: ﴿يَا أَيُّهَا الۡمُدَّثِّرُ ۝١﴾ إِلَى قَوۡلِهِ ﴿وَالرُّجۡزَ فَاهۡجُرۡ ۝٥﴾ [المدثر: ١-٥] قَبۡلَ أَنۡ تُفۡرَضَ الصَّلَاةُ - وَهِيَ الۡأَوۡثَانُ - وَقَالَ: (فَجُثِثۡتُ مِنۡهُ) كَمَا قَالَ عُقَيۡلٌ.
Muhammad bin Rafi’ telah menceritakan kepadaku: ‘Abdurrazzaq menceritakan kepada kami: Ma’mar mengabarkan kepada kami dari Az-Zuhri… melalui sanad ini. Semisal hadis Yunus dan beliau berkata: Lalu Allah Yang Mahasuci dan Mahatinggi menurunkan ayat, “Wahai orang yang berselimut,” sampai firman-Nya, “Rujz tinggalkanlah.” (QS. Al-Muddatstsir: 1-5). Sebelum diwajibkan salat. Rujz adalah berhala. Beliau berkata, “Fajutsitstu minhu” sebagaimana yang dikatakan oleh ‘Uqail.
٢٥٧ - (...) - وَحَدَّثَنَا زُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ: حَدَّثَنَا الۡوَلِيدُ بۡنُ مُسۡلِمٍ: حَدَّثَنَا الۡأَوۡزَاعِيُّ. قَالَ: سَمِعۡتُ يَحۡيَىٰ يَقُولُ: سَأَلۡتُ أَبَا سَلَمَةَ: أَيُّ الۡقُرۡآنِ أُنۡزِلَ قَبۡلُ؟ قَالَ: ﴿يَا أَيُّهَا الۡمُدَّثِّرُ﴾. فَقُلۡتُ: أَوِ ﴿اقۡرَأۡ﴾. فَقَالَ: سَأَلۡتُ جَابِرَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ: أَيُّ الۡقُرۡآنِ أُنۡزِلَ قَبۡلُ؟ قَالَ: ﴿يَا أَيُّهَا الۡمُدَّثِّرُ﴾. فَقُلۡتُ: أَوِ ﴿اقۡرَأۡ﴾؟ قَالَ جَابِرٌ: أُحَدِّثُكُمۡ مَا حَدَّثَنَا رَسُولُ اللهِ ﷺ، قَالَ: (جَاوَرۡتُ بِحِرَاءٍ شَهۡرًا، فَلَمَّا قَضَيۡتُ جِوَارِي نَزَلۡتُ فَاسۡتَبۡطَنۡتُ بَطۡنَ الۡوَادِي، فَنُودِيتُ فَنَظَرۡتُ أَمَامِي وَخَلۡفِي، وَعَنۡ يَمِينِي وَعَنۡ شِمَالِي، فَلَمۡ أَرَ أَحَدًا، ثُمَّ نُودِيتُ فَنَظَرۡتُ فَلَمۡ أَرَ أَحَدًا، ثُمَّ نُودِيتُ فَرَفَعۡتُ رَأۡسِي، فَإِذَا هُوَ عَلَى الۡعَرۡشِ فِي الۡهَوَاءِ - يَعۡنِي جِبۡرِيلَ عَلَيۡهِ السَّلَامُ - فَأَخَذَتۡنِي رَجۡفَةٌ شَدِيدَةٌ، فَأَتَيۡتُ خَدِيجَةَ فَقُلۡتُ: دَثِّرُونِي، فَدَثَّرُونِي، فَصَبُّوا عَلَيَّ مَاءً، فَأَنۡزَلَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: ﴿يَا أَيُّهَا الۡمُدَّثِّرُ ۝١ قُمۡ فَأَنۡذِرۡ ۝٢ وَرَبَّكَ فَكَبِّرۡ ۝٣ وَثِيَابَكَ فَطَهِّرۡ ۝٤﴾ [المدثر: ١-٤]).
257. Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami: Al-Walid bin Muslim menceritakan kepada kami: Al-Auza’i menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Aku mendengar Yahya berkata: Aku bertanya kepada Abu Salamah: Ayat Alquran mana yang lebih dahulu turun? Beliau berkata: “Wahai orang yang berselimut.” Aku berkata: Ataukah “Iqra`”? Beliau berkata: Aku bertanya kepada Jabir bin ‘Abdullah: Ayat Alquran mana yang lebih dahulu turun? Beliau berkata: “Wahai orang yang berselimut.” Aku berkata: Ataukah “Iqra`”? Jabir berkata: Aku ceritakan kepada kalian apa yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ceritakan kepada kami, beliau bersabda, “Aku tinggal selama sebulan di gua Hira`. Ketika aku selesai, aku turun di dasar lembah. Lalu ada yang memanggilku, aku mendongak, ternyata dia ada di atas singgasana di udara –yakni Jibril ‘alaihis salam-. Jibril mengguncangku dengan kuat. Lalu aku mendatangi Khadijah dan aku berkata: Selimuti aku! Mereka pun menyelimutiku dan mengguyurku dengan air. Lalu Allah azza wajalla menurunkan ayat, “Wahai orang yang berselimut, bangunlah lalu berilah peringatan. Dan Tuhanmu agungkanlah, dan pakaianmu bersihkanlah.” (QS. Al-Muddatstsir: 1-4).
٢٥٨ - (...) - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّىٰ: حَدَّثَنَا عُثۡمَانُ بۡنُ عُمَرَ: أَخۡبَرَنَا عَلِيُّ بۡنُ الۡمُبَارَكِ، عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ أَبِي كَثِيرٍ. بِهَٰذَا الۡإِسۡنَادِ. وَقَالَ: (فَإِذَا هُوَ جَالِسٌ عَلَى عَرۡشٍ بَيۡنَ السَّمَاءِ وَالۡأَرۡضِ).
258. Muhammad bin Al-Mutsanna telah menceritakan kepada kami: ‘Utsman bin ‘Umar menceritakan kepada kami: ‘Ali bin Al-Mubarak mengabarkan kepada kami, dari Yahya bin Abu Katsir melalui sanad ini. Beliau bersabda, “Ternyata dia duduk di atas singgasana di antara langit dan bumi.”