Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2167

٢٨ - السَّحُورُ بِالسَّوِيقِ وَالتَّمۡرِ
28. Sahur dengan sawiq (adonan gandum dan jelai) dan kurma

٢١٦٧ – (صحيح الإسناد) أَخۡبَرَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ قَالَ: أَنۡبَأَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ قَالَ: أَنۡبَأَنَا مَعۡمَرٌ عَنۡ قَتَادَةَ عَنۡ أَنَسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ - وَذٰلِكَ عِنۡدَ السُّحُورِ -: (يَا أَنَسُ! إِنِّي أُرِيدُ الصِّيَامَ؛ أَطۡعِمۡنِي شَيۡئًا)، فَأَتَيۡتُهُ بِتَمۡرٍ وَإِنَاءٍ فِيهِ مَاءٌ - وَذٰلِكَ بَعۡدَ مَا أَذَّنَ بِلَالٌ -، فَقَالَ: (يَا أَنَسُ! انۡظُرۡ رَجُلًا يَأۡكُلُ مَعِي)، فَدَعَوۡتُ زَيۡدَ بۡنَ ثَابِتٍ، فَجَاءَ، فَقَالَ: إِنِّي قَدۡ شَرِبۡتُ شَرۡبَةَ سَوِيقٍ، وَأَنَا أُرِيدُ الصِّيَامَ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (وَأَنَا أُرِيدُ الصِّيَامَ). فَتَسَحَّرَ مَعَهُ، ثُمَّ قَامَ فَصَلَّى رَكۡعَتَيۡنِ، ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الصَّلَاةِ.
2167. Ishaq bin Ibrahim telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: ‘Abdurrazzaq memberitakan kepada kami, beliau berkata: Ma’mar memberitakan kepada kami dari Qatadah, dari Anas, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda –kejadian itu ketika sahur-, “Wahai Anas, sesungguhnya aku ingin berpuasa, berikan suatu makanan untukku.” Aku pun membawakan kurma dan satu bejana berisi air kepada beliau. Kejadian itu setelah Bilal mengumandangkan azan (pertama). Beliau bersabda, “Wahai Anas, carilah seseorang untuk makan bersamaku.” Aku pun mengundang Zaid bin Tsabit dan beliau pun datang. Zaid berkata: Sesungguhnya aku telah minum seteguk sawiq dan aku ingin berpuasa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku pun ingin berpuasa.” Nabi pun berpuasa bersama Zaid, kemudian beliau bangkit salat dua rakaat lalu keluar menuju salat (di masjid).