٩ - بَابُ الۡحَجِّ عَنِ الۡمَيِّتِ
9. Bab berhaji atas nama orang yang sudah mati
٢٩٠٣ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ نُمَيۡرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدَةُ بۡنُ سُلَيۡمَانَ، عَنۡ سَعِيدٍ، عَنۡ قَتَادَةَ، عَنۡ عَزۡرَةَ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ جُبَيۡرٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ سَمِعَ رَجُلًا يَقُولُ: لَبَّيۡكَ عَنۡ شُبۡرُمَةَ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (مَنۡ شُبۡرُمَةُ؟) قَالَ: قَرِيبٌ لِي، قَالَ: (هَلۡ حَجَجۡتَ قَطُّ؟) قَالَ: لَا، قَالَ: (فَاجۡعَلۡ هَٰذِهِ عَنۡ نَفۡسِكَ، ثُمَّ حُجَّ عَنۡ شُبۡرُمَةَ). [(الإرواء)(٩٩٤)، (المشكاة)(٢٥٢٩)، (الروض النضير)(٤١٨)، (صحيح أبي داود)(١٥٨٩)].
2903. Muhammad bin ‘Abdullah bin Numair telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: ‘Abdah bin Sulaiman menceritakan kepada kami dari Sa’id, dari Qatadah, dari ‘Azrah, dari Sa’id bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbas, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendengar seseorang mengatakan, “Aku penuhi panggilan-Mu dari Syubrumah.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Siapa Syubrumah?” Orang itu menjawab, “Kerabatku.” Nabi bertanya, “Apakah engkau sudah pernah haji?” Orang itu menjawab, “Belum.” Nabi bersabda, “Jadikan haji ini dari dirimu kemudian berhajilah dari Syubrumah.”
٢٩٠٤ – (صحيح الإسناد) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ الۡأَعۡلَى الصَّنۡعَانِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ، قَالَ: أَنۡبَأَنَا سُفۡيَانُ الثَّوۡرِيُّ، عَنۡ سُلَيۡمَانَ الشَّيۡبَانِيِّ، عَنۡ يَزِيدَ بۡنِ الۡأَصَمِّ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ؛ قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ ﷺ فَقَالَ: أَحُجُّ عَنۡ أَبِي؟ قَالَ: (نَعَمۡ، حُجَّ عَنۡ أَبِيكَ، فَإِنۡ لَمۡ تَزِدۡهُ خَيۡرًا، لَمۡ تَزِدۡهُ شَرًّا).
2904. Muhammad bin ‘Abdul A’la Ash-Shan’ani telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: ‘Abdurrazzaq menceritakan kepada kami, beliau berkata: Sufyan Ats-Tsauri memberitakan kepada kami dari Sulaiman Asy-Syaibani, dari Yazid bin Al-Ashamm, dari Ibnu ‘Abbas; Beliau mengatakan: Seseorang datang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan bertanya, “Bolehkah aku berhaji atas nama ayahku?” Nabi menjawab, “Boleh, hajilah atas nama ayahmu. Jika hal itu tidak menambah kebaikannya, hal itu tidak akan menambah kejelekannya.”
٢٩٠٥ – (ضعيف الإسناد وللجملة الأولى انظر ما بعده) حَدَّثَنَا هِشَامُ بۡنُ عَمَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا الۡوَلِيدُ بۡنُ مُسۡلِمٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عُثۡمَانُ بۡنُ عَطَاءٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ أَبِي الۡغَوۡثِ بۡنِ حُصَيۡنٍ - رَجُلٌ مِنَ الۡفُرۡعِ -؛ أَنَّهُ اسۡتَفۡتَى النَّبِيَّ ﷺ عَنۡ حَجَّةٍ كَانَتۡ عَلَى أَبِيهِ، مَاتَ وَلَمۡ يَحُجَّ، قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (حُجَّ عَنۡ أَبِيكَ)، وَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (وَكَذٰلِكَ الصِّيَامُ فِي النَّذۡرِ يُقۡضَى عَنۡهُ).
2905. Hisyam bin ‘Ammar telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Al-Walid bin Muslim menceritakan kepada kami, beliau berkata: ‘Utsman bin ‘Atha` menceritakan kepada kami dari ayahnya, dari Abu Al-Ghauts bin Hushain—seseorang dari Fur’—;bahwa beliau meminta fatwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang haji atas nama ayahnya yang telah meninggal sebelum haji. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Berhajilah atas nama ayahmu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, “Demikian pula puasa nazar harus ditunaikan.”