Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1976

٦ - بَابُ الۡفَرَعِ وَالۡعَتِيرَةِ
6. Bab fara’ dan ‘atirah

٣٨ - (١٩٧٦) - حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ التَّمِيمِيُّ، وَأَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ، وَعَمۡرٌو النَّاقِدُ، وَزُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ - قَالَ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا. وَقَالَ الۡآخَرُونَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ بۡنُ عُيَيۡنَةَ -، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ سَعِيدٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. (ح) وَحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ رَافِعٍ، وَعَبۡدُ بۡنُ حُمَيۡدٍ - قَالَ عَبۡدٌ: أَخۡبَرَنَا. وَقَالَ ابۡنُ رَافِعٍ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ -. أَخۡبَرَنَا مَعۡمَرٌ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنِ ابۡنِ الۡمُسَيَّبِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا فَرَعَ وَلَا عَتِيرَةَ).
زَادَ ابۡنُ رَافِعٍ فِي رِوَايَتِهِ: وَالۡفَرَعُ: أَوَّلُ النِّتَاجِ، كَانَ يُنۡتَجُ لَهُمۡ فَيَذۡبَحُونَهُ.
[البخاري: كتاب العقيقة، باب الفرع، رقم: ٥٤٧٣].
38. (1976). Yahya bin Yahya At-Tamimi, Abu Bakr bin Abu Syaibah, ‘Amr An-Naqid, dan Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami. Yahya berkata: Telah mengabarkan kepada kami. Yang lain berkata: Sufyan bin ‘Uyainah menceritakan kepada kami dari Az-Zuhri, dari Sa’id, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. (Dalam riwayat lain) Muhammad bin Rafi’ dan ‘Abd bin Humaid telah menceritakan kepadaku. ‘Abd berkata: Telah mengabarkan kepada kami. Ibnu Rafi’ berkata: ‘Abdurrazzaq menceritakan kepada kami: Ma’mar mengabarkan kepada kami dari Az-Zuhri, dari Ibnu Al-Musayyib, dari Abu Hurairah, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada fara’ dan tidak ada ‘atirah (penyembelihan hewan kurban di bulan Rajab di masa jahiliah).”
Ibnu Rafi’ menambahkan di dalam riwayatnya: Fara’ adalah anak (unta atau kambing) pertama yang mereka peroleh lalu mereka menyembelihnya.