Cari Blog Ini

Usdul Ghabah - 4777. Mahmud bin Ar-Rabi'

٤٧٧٧ - مَحۡمُودُ بۡنُ الرَّبِيعِ
4777. Mahmud bin Ar-Rabi’

ب د ع: مَحۡمُودُ بۡنُ الرَّبِيعِ بۡنِ سُرَاقَةَ الۡأَنۡصَارِيُّ الۡخَزۡرَجِيُّ. قِيلَ: إِنَّهُ مِنۡ بَنِي الۡحَارِثِ بۡنِ الۡخَزۡرَجِ. وَقِيلَ: مِنۡ بَنِي سَالِمِ بۡنِ عَوۡفٍ. وَقَدۡ قِيلَ: إِنَّهُ مِنۡ بَنِي عَبۡدِ الۡأَشۡهَلِ، فَعَلَى هَٰذَا الۡقَوۡلِ يَكُونُ مِنَ الۡأَوۡسِ، يُكۡنَى أَبَا نُعَيۡمٍ، وَقِيلَ: أَبُو مُحَمَّدٍ.
Mahmud bin Ar-Rabi’ bin Suraqah Al-Anshari Al-Khazraji. Ada yang berkata bahwa beliau termasuk Bani Al-Harits bin Al-Khazraj. Ada yang berkata: Dari Bani Salim bin ‘Auf. Juga ada yang berkata bahwa beliau termasuk Bani ‘Abdul Asyhal, sehingga berdasar pendapat ini, beliau termasuk Aus. Beliau dipanggil dengan Abu Nu’aim dan ada yang mengatakan Abu Muhammad.
يُعَدُّ فِي أَهۡلِ الۡمَدِينَةِ. عَقِلَ مَجَّةً مَجَّهَا رَسُولُ اللهِ ﷺ مِنۡ دَلۡوٍ فِي بِئۡرِهِمۡ. وَحَفِظَ ذٰلِكَ وَلَهُ أَرۡبَعُ سِنِينَ، وَقِيلَ: خَمۡسُ سِنِينَ.
Beliau terhitung penduduk Madinah. Beliau mengingat air yang disemburkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari sebuah ember di sumur mereka.[1] Beliau mengingat hal itu ketika umur empat tahun. Ada yang mengatakan: lima tahun.
رَوَى عَنۡهُ أَنَسُ بۡنُ مَالِكٍ، وَالزُّهۡرِيُّ، وَرَجَاءُ بۡنُ حَيۡوَةَ.
Yang meriwayatkan dari beliau adalah Anas bin Malik, Az-Zuhri, dan Raja` bin Haiwah.
وَتُوُفِّيَ سَنَةَ تِسۡعٍ وَتِسۡعِينَ، وَقِيلَ: سَنَةَ سِتِّ وَتِسۡعِينَ.
Beliau wafat tahun 99 H. Ada yang mengatakan: tahun 96 H.
أَخۡرَجَهُ الثَّلَاثَةُ.
Biografi beliau disebutkan oleh tiga orang (Ibnu Mandah, Abu Nu’aim, dan Abu ‘Umar).