Al-Ishabah - 6010. 'Imran bin Hushain

٦٠١٠ - عِمۡرَانُ بۡنُ حُصَيۡنِ بۡنِ عُبَيۡدِ بۡنِ خَلَفِ بۡنِ عَبۡدِ نُهۡمِ بۡنِ حُذَيۡفَةَ بۡنِ جَهۡمَةَ بۡنِ غَاضِرَةَ بۡنِ حُبۡشِيَّةَ بۡنِ كَعۡبِ بۡنِ عَمۡرٍو الۡخُزَاعِيُّ:
6010. ‘Imran bin Hushain bin ‘Ubaid bin Khalaf bin ‘Abdu Nuhm bin Hudzaifah bin Jahmah bin Ghadhirah bin Hubsyiyyah bin Ka’b bin ‘Amr Al-Khuza’i

هَٰكَذَا نَسَبَهُ ابۡنُ الۡكَلۡبِيِّ وَمَنۡ تَبِعَهُ، وَعِنۡدَ أَبِي عُمَرَ: عَبۡدِ نُهۡمِ بۡنِ سَالِمِ بۡنِ غَاضِرَةَ.
Demikian Ibnu Al-Kalbi dan yang mengikuti beliau menyebutkan nasab beliau. Sedangkan menurut Abu ‘Umar: ‘Abdu Nuhm bin Salim bin Ghadhirah.
وَيُكۡنَى أَبَا نُجَيۡدٍ - بِنُونٍ وَجِيمٍ مُصَغَّرًا.
Beliau dipanggil dengan kunyah Abu Nujaid dengan huruf nun dan jim berbentuk tashghir.
رَوَى عَنِ النَّبِيِّ ﷺ عِدَّةَ أَحَادِيثَ، وَكَانَ إِسۡلَامُهُ عَامَ خَيۡبَرَ، وَغَزَا عِدَّةَ غَزَوَاتٍ، وَكَانَ صَاحِبَ رَايَةِ خُزَاعَةَ يَوۡمَ الۡفَتۡحِ، قَالَهُ ابۡنُ الۡبَرۡقِيِّ،
وَقَالَ الطَّبۡرَانِيُّ: أَسۡلَمَ قَدِيمًا هُوَ وَأَبُوهُ وَأُخۡتُهُ، وَكَانَ يَنۡزِلُ بِبِلَادِ قَوۡمِهِ، ثُمَّ تَحَوَّلَ إِلَى الۡبَصۡرَةِ، إِلَى أَنۡ مَاتَ بِهَا.
Beliau meriwayatkan dari Nabi beberapa hadis. Beliau masuk Islam pada tahun Khaibar dan ikut berperang dalam beberapa peperangan. Beliau adalah pembawa panji Khuza’ah pada hari Fathu Makkah. Hal ini dikatakan oleh Ibnu Al-Barqi. Ath-Thabrani berkata: ‘Imran sudah masuk Islam sejak lama, beserta ayah dan saudara perempuannya. Beliau dulu tinggal di negeri kaumnya kemudian pindah ke Bashrah sampai meninggal di sana.
رَوَى عَنۡهُ ابۡنُهُ نُجَيۡدٌ، وَأَبُو الۡأَسۡوَدِ الدُّؤَلِيُّ، وَأَبُو رَجَاءٍ الۡعُطَارِدِيُّ، وَرِبۡعِيُّ بۡنُ حِرَاشٍ، وَمُطَرِّفٌ، وَأَبُو الۡعَلَاءِ، ابۡنَا عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الشِّخِّيرِ، وَزَهۡدَمٌ الۡجَرۡمِيُّ، وَصَفۡوَانُ بۡنُ مُحۡرِزٍ، وَزُرَارَةُ بۡنُ أَبِي أَوۡفَى، وَآخَرُونَ.
Yang meriwayatkan dari beliau adalah putranya yaitu Nujaid, Abu Al-Aswad Ad-Duali, Abu Raja` Al-‘Utharidi, Rib’i bin Hirasy, Mutharrif, Abu Al-‘Ala`—dua putra ‘Abdullah bin Asy-Syikhkhir—, Zahdam Al-Jarmi, Shafwan bin Muhriz, Zurarah bin Abu Aufa, dan lain-lain.
وَأَخۡرَجَ الطَّبۡرَانِيُّ، بِسَنَدٍ صَحِيحٍ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ أَبِي هِلَالٍ، عَنۡ أَبِي الۡأَسۡوَدِ الدُّؤَلِيِّ، قَالَ: قَدِمۡتُ الۡبَصۡرَةَ، وَبِهَا عِمۡرَانُ بۡنُ حُصَيۡنٍ، وَكَانَ عُمَرُ بَعَثَهُ لِيُفَقِّهَ أَهۡلَهَا.
Ath-Thabrani meriwayatkan dengan sanad yang sahih dari Sa’id bin Abu Hilal, dari Abu Al-Aswad Ad-Duali. Beliau berkata: Aku datang ke Bashrah. Di sana ada ‘Imran bin Hushain. Dulu, ‘Umar mengutusnya untuk mengajarkan ilmu agama kepada penduduknya.
وَقَالَ خَلِيفَةُ: اسۡتَقۡضَى عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عَامِرٍ عِمۡرَانَ بۡنَ حُصَيۡنٍ عَلَى الۡبَصۡرَةِ، فَأَقَامَ أَيَّامًا، ثُمَّ اسۡتَعۡفَاهُ.
Khalifah berkata: ‘Abdullah bin ‘Amir mengangkat ‘Imran bin Hushain sebagai kadi (hakim) di Bashrah. Lalu ‘Imran melakukan tugas tersebut selama beberapa hari, kemudian minta dibebastugaskan.
وَقَالَ ابۡنُ سَعۡدٍ: اسۡتَقۡضَاهُ زِيَادٌ ثُمَّ اسۡتَعۡفَاهُ فَأَعۡفَاهُ.
Ibnu Sa’d berkata: Ziyad mengangkat ‘Imran sebagai kadi kemudian beliau minta dibebastugaskan, lalu Ziyad melepasnya dari tugas tersebut.
وَأَخۡرَجَ الطَّبۡرَانِيُّ وَابۡنُ مَنۡدَةَ بِسَنَدٍ صَحِيحٍ، عَنِ ابۡنِ سِيرِينَ، قَالَ: لَمۡ يَكُنۡ تَقَدَّمَ عَلَى عِمۡرَانَ أَحَدٌ مِنَ الصَّحَابَةِ مِمَّنۡ نَزَلَ الۡبَصۡرَةَ.
وَقَالَ أَبُو عُمَرَ: كَانَ مِنۡ فُضَلَاءِ الصَّحَابَةِ وَفُقَهَائِهِمۡ، يَقُولُ عَنۡهُ أَهۡلُ الۡبَصۡرَةِ: إِنَّهُ كَانَ يَرَى الۡحَفَظَةَ، وَكَانَتۡ تُكَلِّمُهُ حَتَّى اكۡتَوَى.
Ath-Thabrani dan Ibnu Mandah meriwayatkan dengan sanad yang sahih dari Ibnu Sirin. Beliau berkata: Tidak ada seorang pun dari kalangan sahabat yang tinggal di Bashrah yang melebihi ‘Imran. Abu ‘Umar berkata: Beliau termasuk sahabat yang mulia dan paham ilmu agama. Penduduk Bashrah berkata tentang ‘Imran: Sesungguhnya dahulu beliau melihat malaikat pengawasnya dan malaikat itu mengajak beliau berbicara sampai ‘Imran melakukan kayy.
وَأَخۡرَجَ الۡحَدِيثَ ابۡنُ أَبِي أُسَامَةَ مِنۡ طَرِيقِ هِشَامٍ، عَنِ الۡحَسَنِ، عَنۡ عِمۡرَانَ: أَنَّهُ شُقَّ بَطۡنُهُ، فَلَبِثَ زَمَانًا طَوِيلًا، فَدَخَلَ عَلَيۡهِ رَجُلٌ... فَذَكَرَ قِصَّتَهُ، فَقَالَ: إِنَّ أَحَبَّ ذٰلِكَ إِلَيَّ أَحَبُّهُ إِلَى اللهِ، قَالَ: حَتَّى اكۡتَوَى قَبۡلَ وَفَاتِهِ بِسَنَتَيۡنِ، وَكَانَ تُسَلَّمُ عَلَيۡهِ فَلَمَّا اكۡتَوَى فَقَدَهُ، ثُمَّ عَادَ إِلَيۡهِ.
Ibnu Abu Usamah meriwayatkan hadis dari jalan Hisyam, dari Al-Hasan, dari ‘Imran: Bahwa beliau dibedah perutnya, lalu beliau tetap tinggal di rumahnya dalam jangka waktu yang lama. Seseorang datang masuk menemuinya… lalu beliau menyebutkan kisahnya. ‘Imran mengatakan: Sesungguhnya hal yang paling aku cintai adalah yang paling Allah cintai. Beliau berkata: Sampai beliau melakukan kayy (pengobatan menggunakan besi panas) dua tahun sebelum wafatnya. Sebelumnya, ada malaikat yang mengucapkan salam kepada ‘Imran, namun setelah beliau melakukan kayy, beliau tidak lagi mendapatinya. Kemudian (setelah meninggalkan kayy), malaikat itu kembali mengunjunginya.
وَقَالَ ابۡنُ سِيرِينَ: أَفۡضَلُ مَنۡ نَزَلَ الۡبَصۡرَةَ مِنَ الصَّحَابَةِ عِمۡرَانُ وَأَبُو بَكۡرَةَ، وَكَانَ الۡحَسَنُ يَحۡلِفُ أَنَّهُ مَا قَدِمَ الۡبَصۡرَةَ وَالسَّرۡوَ خَيۡرٌ لَهُمۡ مِنۡ عِمۡرَانَ.
أَخۡرَجَهُ أَحۡمَدُ فِي الزُّهۡدِ، عَنۡ سُفۡيَانَ، قَالَ: كَانَ الۡحَسَنُ يَقُولُ نَحۡوَهُ. وَكَانَ قَدِ اعۡتَزَلَ الۡفِتۡنَةَ فَلَمۡ يُقَاتِلۡ فِيهَا.
Ibnu Sirin berkata: Sahabat yang tinggal di Bashrah yang paling utama adalah ‘Imran dan Abu Bakrah. Al-Hasan pernah bersumpah bahwa tidak ada yang datang ke Bashrah dan Sarw lebih baik untuk mereka daripada ‘Imran. Ahmad meriwayatkannya di dalam Az-Zuhd dari Sufyan. Beliau berkata: Al-Hasan pernah mengucapkan yang seperti itu. Dan ‘Imran menjauh ketika terjadi cobaan (perang antara kaum muslimin), sehingga beliau tidak ikut berperang dalam peristiwa itu.
وَقَالَ أَبُو نُعَيۡمٍ: كَانَ مُجَابَ الدَّعۡوَةِ وَقَالَ الدَّارِمِيُّ: حَدَّثَنَا سُلَيۡمَانُ بۡنُ حَرۡبٍ، حَدَّثَنَا أَبُو هِلَالٍ، حَدَّثَنَا قَتَادَةُ عَنۡ مُطَرِّفٍ: قَالَ عِمۡرَانُ بۡنُ حُصَيۡنٍ، إِنِّي مُحَدِّثُكَ بِحَدِيثٍ: إِنَّهُ كَانَ يُسَلَّمُ عَلَيَّ، وَإِنَّ ابۡنَ زِيَادٍ أَمَرَنِي، فَاكۡتَوَيۡتُ، فَاحۡتَبَسَ عَنِّي حَتَّى ذَهَبَ أَثَرُ الۡكَيِّ... فَذَكَرَ الۡحَدِيثَ، فِي سُنَّةِ الۡحَجِّ.
Abu Nu’aim berkata: ‘Imran adalah orang yang mustajab doanya. Ad-Darimi berkata: Sulaiman bin Harb menceritakan kepada kami: Abu Hilal menceritakan kepada kami: Qatadah menceritakan kepada kami dari Mutharrif: ‘Imran bin Hushain berkata: Sesungguhnya aku akan menceritakan kepadamu satu hadis: Sesungguhnya dahulu aku disalami (oleh malaikat), lalu Ibnu Ziyad memerintahkan aku untuk melakukan kayy. Aku pun melakukannya, namun aku tidak disalami lagi sampai bekas kayy tersebut menghilang… lalu beliau menceritakan hadis tentang sunah haji.
مَاتَ سَنَةَ اثۡنَتَيۡنِ وَخَمۡسِينَ، وَقِيلَ سَنَةَ ثَلَاثٍ.
Beliau meninggal tahun 52 hijriah. Ada yang mengatakan tahun 53 hijriah.