٤٠٤٨ - عِمۡرَانُ بۡنُ حُصَيۡنٍ
4048. ‘Imran bin Hushain
ب د ع: عِمۡرَانُ بۡنُ حُصَيۡنِ بۡنِ عُبَيۡدِ بۡنِ خَلَفِ بۡنِ عَبۡدِ نُهۡمِ بۡنِ حُذَيۡفَةَ بۡنِ جَهۡمَةَ بۡنِ غَاضِرَةَ بۡنِ حُبۡشِيَّةَ بۡنِ كَعۡبِ بۡنِ عَمۡرِو الۡخُزَاعِيُّ الۡكَعۡبِيُّ. قَالَهُ ابۡنُ مَنۡدَه وَأَبُو نُعَيۡمٍ.
‘Imran bin Hushain bin ‘Ubaid bin Khalaf bin ‘Abdu Nuhm bin Hudzaifah bin Jahmah bin Ghadhirah bin Hubsyiyyah bin Ka’b bin ‘Amr Al-Khuza’i Al-Ka’bi. Demikian dikatakan oleh Ibnu Mandah dan Abu Nu’aim.
وَقَالَ أَبُو عَمۡرٍو: عَبۡدِ نُهۡمِ بۡنِ سَالِمِ بۡنِ غَاضِرَةَ. وَقَالَ الۡكَلۡبِيُّ: عَبۡدِ نُهۡمِ بۡنِ جُرۡمَةَ بۡنِ جُهَيۡمَةَ، وَاتَّفَقُوا فِي الۡبَاقِي.
Abu ‘Amr berkata: ‘Abdu Nuhm bin Salim bin Ghadhirah. Al-Kalbi berkata: ‘Abdu Nuhm bin Jurmah bin Juhaimah. Namun mereka bersepakat pada sisanya.
يُكۡنَى أَبَا نُجَيۡدٍ، بِابۡنِهِ نُجَيۡدٍ. أَسۡلَمَ عَامَ خَيۡبَرَ، وَغَزَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ غَزَوَاتٍ، بَعَثَهُ عُمَرُ بۡنُ الۡخَطَّابِ إِلَى الۡبَصۡرَةِ، لِيُفَقِّهَ أَهۡلَهَا وَكَانَ مِنۡ فُضَلَاءِ الصَّحَابَةِ، وَاسۡتَقۡضَاهُ عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عَامِرٍ عَلَى الۡبَصۡرَةِ، فَأَقَامَ قَاضِيًا يَسِيرًا، ثُمَّ اسۡتُعۡفِيَ فَأَعۡفَاهُ.
Dipanggil dengan kunyah Abu Nujaid, sesuai putranya yang bernama Nujaid. Beliau masuk Islam pada tahun Khaibar dan berperang bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam beberapa peperangan. ‘Umar bin Al-Khaththab mengutusnya ke Bashrah untuk memahamkan penduduknya. Beliau termasuk sahabat yang mulia. ‘Abdullah bin ‘Amir menjadikannya sebagai kadi (hakim) di Bashrah lalu beliau menjabat kadi sebentar. Kemudian beliau meminta dibebastugaskan, lalu ‘Abdullah bin ‘Amir melepaskan tugas itu dari beliau.
قَالَ مُحَمَّدُ بۡنُ سِيرِينَ: لَمۡ نَرَ فِي الۡبَصۡرَةِ أَحَدًا مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ يَفۡضُلُ عَلَى عِمۡرَانَ بۡنِ حُصَيۡنٍ.
Muhammad bin Sirin berkata: Kami tidak melihat di Bashrah seorangpun dari sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang lebih utama daripada ‘Imran bin Hushain.
وَكَانَ مُجَابَ الدَّعۡوَةِ، وَلَمۡ يَشۡهَدِ الۡفِتۡنَةَ، رَوَى عَنِ النَّبِيِّ ﷺ وَرَوَى عَنۡهُ الۡحَسَنُ، وَابۡنُ سِيرِينَ وَغَيۡرُهُمَا.
Beliau adalah orang yang mustajab doanya. Beliau tidak ikut campur dalam cobaan (peperangan yang terjadi antara kaum muslimin). Beliau meriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yang meriwayatkan dari ‘Imran bin Hushain adalah Al-Hasan, Ibnu Sirin, dan selain keduanya.
أَنۡبَأَنَا إِسۡمَاعِيلُ وَإِبۡرَاهِيمُ وَغَيۡرُهُمَا بِإِسۡنَادِهِمۡ إِلَى مُحَمَّدِ بۡنِ عِيسَى قَالَ: أَنۡبَأَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ، حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ قَتَادَةَ، عَنِ الۡحَسَنِ، عَنۡ عِمۡرَانَ بۡنِ حُصَيۡنٍ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ نَهَى عَنِ الۡكَيِّ - قَالَ عِمۡرَانُ: فَاكۡتَوَيۡنَا فَمَا أَفۡلَحۡنَا وَلَا أَنۡجَحۡنَا.
Isma’il, Ibrahim, dan selain keduanya memberitakan kepada kami melalui sanad mereka sampai pada Muhammad bin ‘Isa[1]. Beliau berkata: Muhammad bin Basysyar memberitakan kepada kami: Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami dari Qatadah, dari Al-Hasan, dari ‘Imran bin Hushain: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari kayy (pengobatan menggunakan besi panas). ‘Imran berkata: Kami tetap melakukan kayy, maka kami tidak beruntung dan tidak berhasil.
وَكَانَ فِي مَرَضِهِ تُسَلِّمُ عَلَيۡهِ الۡمَلَائِكَةُ، فَاكۡتَوَى فَفَقَدَ التَّسۡلِيمَ، ثُمَّ عَادَتۡ إِلَيۡهِ، وَكَانَ بِهِ اسۡتِسۡقَاءٌ فَطَالَ بِهِ سِنِينَ كَثِيرَةً، وَهُوَ صَابِرٌ عَلَيۡهِ، وَشُقَّ بَطۡنُهُ، وَأُخِذَ مِنۡهُ شَحۡمٌ، وَثُقِبَ لَهُ سَرِيرٌ فَبَقِيَ عَلَيۡهِ ثَلَاثِينَ سَنَةً، وَدَخَلَ عَلَيۡهِ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا أَبَا نُجَيۡدٍ، وَاللهِ إِنَّهُ لَيَمۡنَعُنِي مِنۡ عِيَادَتِكَ مَا أَرَى بِكَ! فَقَالَ: يَا ابۡنَ أَخِي، فَلَا تَجۡلِسۡ، فَوَاللّٰهِ إِنَّ أَحَبَّ ذٰلِكَ إِليَّ أَحَبُّهُ إِلَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ.
Ketika beliau sakit, malaikat mengucapkan salam kepada beliau. Kemudian beliau melakukan kayy, sehingga beliau tidak lagi mendapatkan salam. Kemudian (setelah meninggalkan kayy), malaikat kembali menjenguknya. Beliau menderita penyakit istisqa` (pembesaran perut) selama bertahun-tahun dalam keadaan beliau sabar menanggungnya. Lalu perut beliau dibedah dan diambil lemak darinya. Dibuatlah lubang untuk beliau di pembaringan dan beliau berada di situ selama tiga puluh tahun. Seseorang masuk menemui beliau dan berkata: Wahai Abu Nujaid, demi Allah, hal yang menghalangi aku untuk menjengukmu adalah apa yang aku lihat dari keadaanmu. ‘Imran berkata: Wahai putra saudaraku, kalau begitu janganlah engkau duduk. Demi Allah, karena hal yang paling aku cintai adalah apa yang Allah azza wajalla cintai.
وَتُوُفِّيَ بِالۡبَصۡرَةِ سَنَةَ اثۡنَتَيۡنِ وَخَمۡسِينَ، وَكَانَ أَبۡيَضَ الرَّأۡسِ وَاللِّحۡيَةِ، وَبَقِيَ لَهُ عَقِبٌ بِالۡبَصۡرَةِ.
Beliau wafat di Bashrah pada tahun 52 hijriah. Beliau adalah seseorang yang berambut dan berjenggot putih. Anak-anaknya tetap tinggal di Bashrah.