Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 2049

١٠ - بَابُ مَا جَاءَ فِي كَرَاهِيَةِ التَّدَاوِي بِالۡكَيِّ
10. Bab tentang dibencinya berobat menggunakan kayy (terapi besi panas)

٢٠٤٩ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ قَتَادَةَ، عَنِ الۡحَسَنِ، عَنۡ عِمۡرَانَ بۡنِ حُصَيۡنٍ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ نَهَى عَنِ الۡكَيِّ، قَالَ: فَابۡتُلِينَا فَاكۡتَوَيۡنَا فَمَا أَفۡلَحۡنَا وَلَا أَنۡجَحۡنَا. هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. [(ابن ماجه)(٣٤٩٠)].
2049. Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Syu’bah menceritakan kepada kami dari Qatadah, dari Al-Hasan, dari ‘Imran bin Hushain, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari kayy (pengobatan menggunakan besi panas). ‘Imran berkata: Kami diberi cobaan (dengan penyakit) lalu kami melakukan kayy, ternyata kami tidak beruntung dan tidak berhasil. Ini adalah hadis hasan sahih.
٢٠٤٩ (م) - حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡقُدُّوسِ بۡنُ مُحَمَّدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَمۡرُو بۡنُ عَاصِمٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا هَمَّامٌ، عَنۡ قَتَادَةَ، عَنِ الۡحَسَنِ، عَنۡ عِمۡرَانَ بۡنِ حُصَيۡنٍ، قَالَ: نُهِينَا عَنِ الۡكَيِّ. وَفِي الۡبَابِ عَنِ ابۡنِ مَسۡعُودٍ، وَعُقۡبَةَ بۡنِ عَامِرٍ، وَابۡنِ عَبَّاسٍ. وَهَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ.
2049. ‘Abdul Quddus bin Muhammad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Amr bin ‘Ashim menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Hammam menceritakan kepada kami dari Qatadah, dari Al-Hasan, dari ‘Imran bin Hushain. Beliau mengatakan: Kami dilarang dari melakukan kayy. Di dalam bab ini ada riwayat dari Ibnu Mas’ud, ‘Uqbah bin ‘Amir, dan Ibnu ‘Abbas. Dan ini adalah hadis hasan sahih.