Cari Blog Ini

Tanda Hari Kiamat: Turunnya 'Isa bin Maryam

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah dalam kitab Syarh Lum'atil I'tiqad berkata:
٢ – (نُزُولُ عِيسَى ابۡنِ مَرۡيَمَ): 
2. Turunnya ‘Isa bin Maryam. 
نُزُولُ عِيسَى ابۡنِ مَرۡيَمَ ثَابِتٌ بِالۡكِتَابِ وَالسُّنَّةِ وَإِجۡمَاعِ السَّلَفِ. 
قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿وَإِن مِّنۡ أَهۡلِ الۡكِتَابِ إِلَّا لَيُؤۡمِنَنَّ بِهِ قَبۡلَ مَوۡتِهِ﴾ [النساء: ١٥٩] أَيۡ: مَوۡتُ عِيسَى وَهَٰذَا حِينَ نُزُولِهِ كَمَا فَسَّرَهُ أَبُو هُرَيۡرَةَ بِذٰلِكَ. 
وَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (وَاللهِ لَيَنۡزِلَنَّ عِيسَى ابۡنُ مَرۡيَمَ حَكَمًا وَعَدۡلًا...). الۡحَدِيثُ مُتَّفَقٌ عَلَيۡهِ. 
وَقَدۡ أَجۡمَعَ الۡمُسۡلِمُونَ عَلَى نُزُولِهِ. 
Turunnya ‘Isa bin Maryam adalah suatu kepastian berdasarkan Alquran, Sunah, dan ijmak ulama salaf. Allah taala berfirman (yang artinya), “Tidak ada seorangpun dari ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya.” (QS. An-Nisa`: 159). Yakni kematian ‘Isa dan hal ini terjadi ketika turunnya beliau sebagaimana ditafsirkan oleh Abu Hurairah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Demi Allah, ‘Isa bin Maryam benar-benar turun sebagai hakim yang adil…” (HR. Al-Bukhari nomor 2222 dan Muslim nomor 155). Dan kaum muslimin telah sepakat tentang turunnya beliau. 
فَيَنۡزِلُ عِنۡدَ الۡمَنَارَةِ الۡبَيۡضَاءِ فِي شَرۡقِى دِمَشۡقَ وَاضِعًا كَفَّيۡهِ عَلَى أَجۡنِحَةِ مَلَكَيۡنِ، فَلَا يَحِلُّ لِكَافِرٍ يَجِدُ مِنۡ رِيحِ نَفَسِهِ إِلَّا مَاتَ وَنَفَسُهُ يَنۡتَهِي حَيۡثُ يَنۡتَهِي طَرَفُهُ فَيَطۡلُبُ الدَّجَّالَ حَتَّى يُدۡرِكَ بِبَابِ لُدٍّ فَيَقۡتُلَهُ وَيَكۡسِرَ الصَّلِيبَ وَيَضَعَ الۡجِزۡيَةَ وَتَكُونَ السَّجۡدَةُ وَاحِدَةً لِلهِ رَبِّ الۡعَالَمِينَ، وَيَحُجَّ وَيَعۡتَمِرَ. كُلُّ هَٰذَا ثَابِتٌ فِي صَحِيحِ مُسۡلِمٍ وَبَعۡضُهُ فِي الصَّحِيحَيۡنِ كِلَيۡهِمَا. 
Beliau turun di dekat menara putih di bagian timur Damaskus dengan meletakkan kedua telapak tangannya di atas sayap dua malaikat. Tidak ada seorang kafir pun yang mencium aroma nafasnya kecuali akan meninggal. Padahal nafas beliau berujung sejauh batas pandangan beliau. Beliau akan memburu Dajjal sampai mendapatinya di pintu Ludd, lalu beliau membunuhnya. Beliau juga akan merusak salib dan menggugurkan jizyah sehingga sujud hanya diperuntukkan hanya untuk Allah Rabb alam semesta. Beliau juga akan menunaikan haji dan umrah. Semua ini adalah kabar yang pasti, terdapat di dalam Shahih Muslim dan sebagiannya di dua kitab Shahih
وَرَوَى الۡإِمَامُ أَحۡمَدُ وَأَبُو دَاوُدَ: أَنَّ عِيسَى يَبۡقَى بَعۡدَ قَتۡلِ الدَّجَّالِ أَرۡبَعِينَ سَنَةً ثُمَّ يُتَوَفَّى وَيُصَلِّى عَلَيۡهِ الۡمُسۡلِمُونَ. وَذَكَرَ الۡبُخَارِيُّ فِي تَارِيخِهِ أَنَّهُ يُدۡفَنُ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ، فَاللهُ أَعۡلَمُ. 
Imam Ahmad dan Abu Dawud meriwayatkan bahwa ‘Isa akan tinggal di bumi setelah membunuh Dajjal selama empat puluh tahun. Kemudian beliau wafat dan disalati oleh kaum muslimin. (HR. Abu Dawud nomor 4324 dan Ahmad (2/406)). Al-Bukhari menyebutkan di dalam kitab Tarikh beliau bahwa ‘Isa dikuburkan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Wallahualam.