Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 2222

١٠٧ - (٢٢٢٢) - حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ يُونُسَ: حَدَّثَنَا زُهَيۡرٌ: حَدَّثَنَا أَبُو الزُّبَيۡرِ، عَنۡ جَابِرٍ. (ح) وَحَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا أَبُو خَيۡثَمَةَ، عَنۡ أَبِي الزُّبَيۡرِ، عَنۡ جَابِرٍ. قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا عَدۡوَىٰ، وَلَا طِيَرَةَ، وَلَا غُولَ). 
107. (2222). Ahmad bin Yunus telah menceritakan kepada kami: Zuhair menceritakan kepada kami: Abu Az-Zubair menceritakan kepada kami dari Jabir. (Dalam riwayat lain) Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami: Abu Khaitsamah mengabarkan kepada kami dari Abu Az-Zubair, dari Jabir. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada penyakit yang menular dengan sendirinya. Tidak ada thiyarah (anggapan sial berdasarkan burung atau semisalnya. Tidak ada ghul (setan yang mampu menyesatkan dan mencelakakan di padang pasir).” 
١٠٨ - (...) - وَحَدَّثَنِي عَبۡدُ اللهِ بۡنُ هَاشِمِ بۡنِ حَيَّانَ: حَدَّثَنَا بَهۡزٌ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ، وَهُوَ التُّسۡتَرِيُّ: حَدَّثَنَا أَبُو الزُّبَيۡرِ، عَنۡ جَابِرٍ. قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا عَدۡوَىٰ، وَلَا غُولَ، وَلَا صَفَرَ). 
108. ‘Abdullah bin Hasyim bin Hayyan telah menceritakan kepadaku: Bahz menceritakan kepada kami: Yazid At-Tustari menceritakan kepada kami: Abu Az-Zubair menceritakan kepada kami dari Jabir. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada penyakit yang menular dengan sendirinya, tidak ada ghul, dan tidak ada shafar (penyakit mematikan yang menyerang perut karena cacing).” 
١٠٩ - (...) - وَحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ حَاتِمٍ: حَدَّثَنَا رَوۡحُ بۡنُ عُبَادَةَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ جُرَيۡجٍ: أَخۡبَرَنِي أَبُو الزُّبَيۡرِ، أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ يَقُولُ: سَمِعۡتُ النَّبِيَّ ﷺ يَقُولُ: (لَا عَدۡوَىٰ، وَلَا صَفَرَ، وَلَا غُولَ). 
وَسَمِعۡتُ أَبَا الزُّبَيۡرِ يَذۡكُرُ أَنَّ جَابِرًا فَسَّرَ لَهُمۡ قَوۡلَهُ: (وَلَا صَفَرَ)، فَقَالَ أَبُو الزُّبَيۡرِ: الصَّفَرُ الۡبَطۡنُ. فَقِيلَ لِجَابِرٍ: كَيۡفَ؟ قَالَ: كَانَ يُقَالُ دَوَابُّ الۡبَطۡنِ. قَالَ وَلَمۡ يُفَسِّرِ الۡغُولَ. قَالَ أَبُو الزُّبَيۡرِ: هَٰذِهِ الۡغُولُ: الَّتِي تَغَوَّلُ. 
109. Muhammad bin Hatim telah menceritakan kepadaku: Rauh bin ‘Ubadah menceritakan kepada kami: Ibnu Juraij menceritakan kepada kami: Abu Az-Zubair mengabarkan kepadaku bahwa beliau mendengar Jabir bin ‘Abdullah mengatakan: Aku mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada penyakit yang menular dengan sendirinya, tidak ada shafar, dan tidak ada ghul.”
Aku mendengar Abu Az-Zubair menyebutkan bahwa Jabir menafsirkan ucapan beliau kepada mereka, “Tidak ada shafar.” Abu Az-Zubair berkata: Shafar adalah perut. Ada yang bertanya kepada Jabir: Bagaimana itu? Beliau menjawab: Dahulu, ada yang berkata bahwa shafar adalah binatang di dalam perut. Abu Az-Zubair berkata: Dan Jabir tidak menafsirkan ghul. Abu Az-Zubair berkata: Ghul ini adalah yang berubah-ubah warna.