Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 2224

١١١ - (٢٢٢٤) - حَدَّثَنَا هَدَّابُ بۡنُ خَالِدٍ: حَدَّثَنَا هَمَّامُ بۡنُ يَحۡيَىٰ: حَدَّثَنَا قَتَادَةُ، عَنۡ أَنَسٍ، أَنَّ نَبِيَّ اللهِ ﷺ قَالَ: (لَا عَدۡوَىٰ، وَلَا طِيَرَةَ، وَيُعۡجِبُنِي الۡفَأۡلُ: الۡكَلِمَةُ الۡحَسَنَةُ، الۡكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ). 
111. (2224). Haddab bin Khalid telah menceritakan kepada kami: Hammam bin Yahya menceritakan kepada kami: Qatadah menceritakan kepada kami dari Anas, bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada ‘adwa (penyakit yang menular dengan sendirinya), tidak ada thiyarah (anggapan sial berdasarkan burung atau semisalnya), dan fa`l, yaitu: kalimat yang bagus dan baik, membuatku senang. 
١١٢ - (...) - وَحَدَّثَنَاهُ مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى وَابۡنُ بَشَّارٍ، قَالَا: أَخۡبَرَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ: سَمِعۡتُ قَتَادَةَ يُحَدِّثُ، عَنۡ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (لَا عَدۡوَىٰ، وَلَا طِيَرَةَ، وَيُعۡجِبُنِي الۡفَأۡلُ)، قَالَ: قِيلَ: وَمَا الۡفَأۡلُ؟ قَالَ: (الۡكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ). 
[البخاري: كتاب الطب، باب لا عدوى، رقم: ٥٧٧٣]. 
112. Muhammad bin Al-Mutsanna dan Ibnu Basysyar telah menceritakannya kepada kami. Keduanya berkata: Muhammad bin Ja’far mengabarkan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami: Aku mendengar Qatadah menceritakan dari Anas bin Malik, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Tidak ada ‘adwa (penyakit yang menular dengan sendirinya), tidak ada thiyarah (anggapan sial berdasarkan burung atau semisalnya), dan fa`l membuatku senang.” Anas berkata: Ada yang bertanya, “Apa fa`l itu?” Nabi bersabda, “Ucapan yang baik.”