Cari Blog Ini

Sunan Ibnu Majah hadits nomor 2980 dan 2981

٤١ - بَابُ فَسۡخِ الۡحَجِّ
41. Bab pembatalan haji

٢٩٨٠ – (صحيح) حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ الدِّمَشۡقِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا الۡوَلِيدُ بۡنُ مُسۡلِمٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا الۡأَوۡزَاعِيُّ، عَنۡ عَطَاءٍ، عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ، قَالَ: أَهۡلَلۡنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ بِالۡحَجِّ خَالِصًا، لَا نَخۡلِطُهُ بِعُمۡرَةٍ، فَقَدِمۡنَا مَكَّةَ لِأَرۡبَعِ لَيَالٍ خَلَوۡنَ مِنۡ ذِي الۡحِجَّةِ، فَلَمَّا طُفۡنَا بِالۡبَيۡتِ، وَسَعَيۡنَا بَيۡنَ الصَّفَا وَالۡمَرۡوَةِ أَمَرَنَا رَسُولُ اللهِ ﷺ أَنۡ نَجۡعَلَهَا عُمۡرَةً، وَأَنۡ نَحِلَّ إِلَى النِّسَاءِ، فَقُلۡنَا مَا بَيۡنَنَا: لَيۡسَ بَيۡنَنَا وَبَيۡنَ عَرَفَةَ، إِلَّا خَمۡسٌ، فَنَخۡرُجُ إِلَيۡهَا وَمَذَاكِيرُنَا تَقۡطُرُ مَنِيًّا؟ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِنِّي لَأَبَرُّكُمۡ وَأَصۡدَقُكُمۡ، وَلَوۡلَا الۡهَدۡيُ لَأَحۡلَلۡتُ). فَقَالَ سُرَاقَةُ بۡنُ مَالِكٍ: أَمُتۡعَتُنَا هَٰذِهِ لِعَامِنَا هَٰذَا أَمۡ لِأَبَدٍ؟ فَقَالَ: (لَا، بَلۡ لِأَبَدِ الۡأَبَدِ). [(صحيح أبي داود)(١٥٦٨)، (حجة النبي ﷺ)(٦٤-٦٥)].
2980. [Sahih] ‘Abdurrahman bin Ibrahim Ad-Dimasyqi telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Al-Walid bin Muslim menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Al-Auza’i menceritakan kepada kami dari ‘Atha`, dari Jabir bin ‘Abdullah. Beliau berkata: Kami memulai ihram bersama Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam untuk haji saja. Kami tidak mencampurinya dengan umrah. Kami tiba di Makkah ketika empat malam di bulan Zulhijah telah berlalu. Ketika kami telah tawaf di Kakbah dan sai antara Shafa dan Marwah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami agar menjadikan ibadah itu menjadi umrah dan kami halal menggauli istri. 
Kami berkata di antara kami, “Antara kita dengan ‘Arafah hanya tinggal lima hari. Apakah kita akan keluar ke Arafah dalam keadaan zakar kita baru saja meneteskan air mani?” 
Maka, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya aku adalah orang yang paling bertakwa dan paling benar di antara kalian. Kalau tidak ada hadyu (hewan kurban haji), niscaya aku akan tahalul.” 
Suraqah bin Malik bertanya, “Apakah tamatuk ini untuk tahun ini saja atau untuk selamanya?” 
Nabi menjawab, “Tidak hanya untuk tahun ini, bahkan untuk selama-lamanya.” 
٢٩٨١ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بۡنُ هَارُونَ، عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ سَعِيدٍ، عَنۡ عَمۡرَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ؛ قَالَتۡ: خَرَجۡنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ لِخَمۡسٍ بَقِينَ مِنۡ ذِي الۡقَعۡدَةِ لَا نُرَى إِلَّا الۡحَجَّ، حَتَّى إِذَا قَدِمۡنَا وَدَنَوۡنَا، أَمَرَ رَسُولُ اللهِ ﷺ مَنۡ لَمۡ يَكُنۡ مَعَهُ هَدۡيٌ أَنۡ يَحِلَّ، فَحَلَّ النَّاسُ كُلُّهُمۡ، إِلَّا مَنۡ كَانَ مَعَهُ هَدۡيٌ، فَلَمَّا كَانَ يَوۡمُ النَّحۡرِ دُخِلَ عَلَيۡنَا بِلَحۡمِ بَقَرٍ، فَقِيلَ: ذَبَحَ رَسُولُ اللهِ ﷺ عَنۡ أَزۡوَاجِهِ. [(الإرواء)(١١٥٦)، (صحيح أبي داود)(١٥٣٦)، (الحج الكبير): ق]. 
2981. [Sahih] Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Yazid bin Harun menceritakan kepada kami dari Yahya bin Sa’id, dari ‘Amrah, dari ‘Aisyah; Beliau mengatakan: Kami pernah keluar bepergian bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika sisa lima hari bulan Zulkaidah. Kami hanya bermaksud untuk haji. Sampai ketika kami tiba dan dekat, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan siapa saja yang tidak membawa hadyu (hewan kurban haji) agar tahalul. Maka, semua orang tahalul kecuali orang yang membawa serta hadyu. Ketika pada hari nahar, ada daging sapi yang dimasukkan ke tempat kami. Ada yang berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menyembelih atas nama para istrinya.