Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 1425

٣ - بَابُ مَا جَاءَ فِي السَّتۡرِ عَلَى الۡمُسۡلِمِ 
3. Bab riwayat tentang menutupi aib seorang muslim 


١٤٢٥ – (صحيح) حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ أَبِي صَالِحٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (مَنۡ نَفَّسَ عَنۡ مُؤۡمِنٍ كُرۡبَةً مِنۡ كُرَبِ الدُّنۡيَا نَفَّسَ اللهُ عَنۡهُ كُرۡبَةً مِنۡ كُرَبِ الۡآخِرَةِ، وَمَنۡ سَتَرَ عَلَى مُسۡلِمٍ سَتَرَهُ اللهُ فِي الدُّنۡيَا وَالۡآخِرَةِ، وَاللهُ فِي عَوۡنِ الۡعَبۡدِ مَا كَانَ الۡعَبۡدُ فِي عَوۡنِ أَخِيهِ). 

1425. [Sahih] Qutaibah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu ‘Awanah menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang meringankan satu kesusahan dari sekian kesusahan dunia dari seorang mukmin, niscaya Allah akan ringankan darinya satu kesusahan dari sekian kesusahan akhirat. Dan siapa saja yang menutupi aib seorang muslim, niscaya Allah akan tutupi aibnya di dunia dan akhirat. Dan Allah senantiasa menolong hamba selama hamba itu menolong saudaranya.” 

وَفِي الۡبَابِ عَنۡ عُقۡبَةَ بۡنِ عَامِرٍ، وَابۡنِ عُمَرَ. حَدِيثُ أَبِي هُرَيۡرَةَ هَٰكَذَا رَوَى غَيۡرُ وَاحِدٍ عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ أَبِي صَالِحٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ نَحۡوَ رِوَايَةِ أَبِي عَوَانَةَ، وَرَوَى أَسۡبَاطُ بۡنُ مُحَمَّدٍ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، قَالَ: حُدِّثۡتُ، عَنۡ أَبِي صَالِحٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ نَحۡوَهُ وَكَأَنَّ هَٰذَا أَصَحُّ مِنَ الۡحَدِيثِ الأَوَّلِ. [(ابن ماجه)(٢٢٥): م]. 

Dalam bab ini ada riwayat dari ‘Uqbah bin ‘Amir dan Ibnu ‘Umar. Hadis Abu Hurairah seperti ini diriwayatkan lebih dari satu orang dari Al-A’masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam seperti riwayat Abu ‘Awanah. Asbath bin Muhammad juga meriwayatkan dari Al-A’masy. Beliau berkata: Aku diceritai dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam semisal hadis tersebut dan seakan-akan hadis ini lebih sahih daripada hadis pertama. 

١٤٢٥ (م) - حَدَّثَنَا بِذٰلِكَ عُبَيۡدُ بۡنُ أَسۡبَاطِ بۡنِ مُحَمَّدٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي أَبِي، عَنِ الۡأَعۡمَشِ بِهَٰذَا الۡحَدِيثِ. 

‘Ubaid bin Asbath bin Muhammad telah menceritakan hadis itu kepada kami. Beliau berkata: Ayahku menceritakan hadis ini kepadaku dari Al-A’masy.