Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4486

١٢ - بَابُ ﴿سَيَقُولُ السُّفَهَاءُ مِنَ النَّاسِ مَا وَلَّاهُمۡ عَنۡ قِبۡلَتِهِمُ الَّتِي كَانُوا عَلَيۡهَا قُلۡ لِلهِ الۡمَشۡرِقُ وَالۡمَغۡرِبُ يَهۡدِي مَنۡ يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسۡتَقِيمٍ﴾ ۝١٤٢
12. Bab “Orang-orang yang kurang akalnya di antara manusia akan berkata: Apakah yang memalingkan mereka (umat Islam) dari kiblatnya (Baitulmakdis) yang dahulu mereka telah berkiblat kepadanya? Katakanlah: Kepunyaan Allah-lah timur dan barat; Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya ke jalan yang lurus.” (QS. Al-Baqarah: 142)


٤٤٨٦ - حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيۡمٍ: سَمِعَ زُهَيۡرًا، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنِ الۡبَرَاءِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ صَلَّى إِلَى بَيۡتِ الۡمَقۡدِسِ سِتَّةَ عَشَرَ شَهۡرًا، أَوۡ سَبۡعَةَ عَشَرَ شَهۡرًا، وَكَانَ يُعۡجِبُهُ أَنۡ تَكُونَ قِبۡلَتُهُ قِبَلَ الۡبَيۡتِ، وَإِنَّهُ صَلَّى، أَوۡ صَلَّاهَا، صَلَاةَ الۡعَصۡرِ وَصَلَّى مَعَهُ قَوۡمٌ، فَخَرَجَ رَجُلٌ مِمَّنۡ كَانَ صَلَّى مَعَهُ فَمَرَّ عَلَى أَهۡلِ الۡمَسۡجِدِ وَهُمۡ رَاكِعُونَ، قَالَ: أَشۡهَدُ بِاللهِ لَقَدۡ صَلَّيۡتُ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ قِبَلَ مَكَّةَ، فَدَارُوا كَمَا هُمۡ قِبَلَ الۡبَيۡتِ، وَكَانَ الَّذِي مَاتَ عَلَى الۡقِبۡلَةِ قَبۡلَ أَنۡ تُحَوَّلَ قِبَلَ الۡبَيۡتِ رِجَالٌ قُتِلُوا، لَمۡ نَدۡرِ مَا نَقُولُ فِيهِمۡ، فَأَنۡزَلَ اللهُ: ﴿وَمَا كَانَ اللهُ لِيُضِيعَ إِيمَانَكُمۡ إِنَّ اللهَ بِالنَّاسِ لَرَءُوفٌ رَحِيمٌ﴾ [١٤٣]. [طرفه في: ٤٠]. 

4486. Abu Nu’aim telah menceritakan kepada kami: Beliau mendengar Zuhair dari Abu Ishaq, dari Al-Bara` radhiyallahu ‘anhu

Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam salat menghadap Baitulmakdis selama enam belas bulan atau tujuh belas bulan. Beliau sebenarnya senang apabila kiblatnya menghadap ke Baitullah. Dan beliau (awal kali) salat (menghadap Baitullah) adalah salat Asar bersama suatu kaum. Salah seorang lelaki di antara yang ikut salat bersama beliau, keluar pergi. Dia melewati suatu jemaah salat di masjid yang sedang dalam keadaan rukuk. Dia berkata, “Aku bersaksi dengan Allah, sungguh aku telah salat bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menghadap Makkah.” Maka, mereka pun berputar ke arah Baitullah. 

Dahulu ada yang meninggal ketika kiblat belum dipindah mengarah ke Baitullah. Yaitu ada beberapa orang yang terbunuh. Kami tidak mengetahui apa yang kami katakan tentang mereka. Lalu Allah menurunkan ayat yang artinya, “Tidaklah Allah menyia-nyiakan iman kalian. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha pengasih dan Maha penyayang kepada manusia.” (QS. Al-Baqarah: 143).