٦٨٠١ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مُحَمَّدٍ الۡجُعۡفِيُّ: حَدَّثَنَا هِشَامُ بۡنُ يُوسُفَ: أَخۡبَرَنَا مَعۡمَرٌ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ أَبِي إِدۡرِيسَ، عَنۡ عُبَادَةَ بۡنِ الصَّامِتِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: بَايَعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ فِي رَهۡطٍ، فَقَالَ: (أُبَايِعُكُمۡ عَلَى أَنۡ لَا تُشۡرِكُوا بِاللهِ شَيۡئًا، وَلَا تَسۡرِقُوا، وَلَا تَقۡتُلُوا أَوۡلَادَكُمۡ، وَلَا تَأۡتُوا بِبُهۡتَانٍ تَفۡتَرُونَهُ بَيۡنَ أَيۡدِيكُمۡ وَأَرۡجُلِكُمۡ، وَلَا تَعۡصُونِي فِي مَعۡرُوفٍ، فَمَنۡ وَفَى مِنۡكُمۡ فَأَجۡرُهُ عَلَى اللهِ، وَمَنۡ أَصَابَ مِنۡ ذٰلِكَ شَيۡئًا فَأُخِذَ بِهِ فِي الدُّنۡيَا فَهُوَ كَفَّارَةٌ لَهُ وَطَهُورٌ، وَمَنۡ سَتَرَهُ اللهُ، فَذٰلِكَ إِلَى اللهِ: إِنۡ شَاءَ عَذَّبَهُ، وَإِنۡ شَاءَ غَفَرَ لَهُ). قَالَ أَبُو عَبۡدِ اللهِ: إِذَا تَابَ السَّارِقُ بَعۡدَ مَا قُطِعَ يَدُهُ قُبِلَتۡ شَهَادَتُهُ، وَكُلُّ مَحۡدُودٍ كَذٰلِكَ إِذَا تَابَ قُبِلَتۡ شَهَادَتُهُ. [طرفه في: ١٨].
6801. ‘Abdullah bin Muhammad Al-Ju’fi telah menceritakan kepada kami: Hisyam bin Yusuf menceritakan kepada kami: Ma’mar mengabarkan kepada kami dari Az-Zuhri, dari Abu Idris, dari ‘Ubadah bin Ash-Shamit radhiyallahu ‘anhu. Beliau berkata: Aku membaiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersama sejumlah orang. Beliau bersabda, “Aku mengajak kalian untuk berbaiat agar kalian jangan menyekutukan sesuatu pun dengan Allah, jangan mencuri, jangan membunuh anak-anak kalian, jangan berbuat suatu kedustaan yang kalian ada-adakan oleh diri kalian sendiri, jangan bermaksiat kepadaku dalam perkara yang makruf. Maka, siapa saja di antara kalian yang memenuhi janji tersebut, maka pahalanya atas tanggungan Allah. Dan siapa saja yang melanggar sebagian janji itu, maka dia dihukum di dunia dan itu merupakan kafarat dan penyuci baginya. Dan siapa saja yang Allah tutupi, maka yang demikian itu diserahkan kepada Allah. Jika Allah mau, Allah akan mengazabnya, dan jika Allah mau, Allah akan mengampuninya.”
Abu ‘Abdullah berkata: Jika pencuri sudah bertobat setelah tangannya dipotong, maka persaksiannya diterima. Demikian pula, setiap orang yang telah diberikan hukuman hudud, apabila dia telah bertobat, maka persaksiannya diterima.