Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 774

٦٠ - بَابُ كَرَاهِيَةِ الۡحِجَامَةِ لِلصَّائِمِ 
60. Bab dibencinya bekam bagi orang yang berpuasa 


٧٧٤ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ يَحۡيَى، وَمُحَمَّدُ بۡنُ رَافِعٍ النَّيۡسَابُورِيُّ وَمَحۡمُودُ بۡنُ غَيۡلَانَ وَيَحۡيَى بۡنُ مُوسَى قَالُوا: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ، عَنۡ مَعۡمَرٍ، عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ قَارِظٍ، عَنِ السَّائِبِ بۡنِ يَزِيدَ، عَنۡ رَافِعِ بۡنِ خَدِيجٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، قَالَ: (أَفۡطَرَ الۡحَاجِمُ وَالۡمَحۡجُومُ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ عَلِيٍّ، وَسَعۡدٍ، وَشَدَّادِ بۡنِ أَوۡسٍ، وَثَوۡبَانَ، وَأُسَامَةَ بۡنِ زَيۡدٍ، وَعَائِشَةَ، وَمَعۡقِلِ بۡنِ سِنَانٍ، وَيُقَالُ: ابۡنُ يَسَارٍ، وَأَبِي هُرَيۡرَةَ، وَابۡنِ عَبَّاسٍ، وَأَبِي مُوسَى، وَبِلَالٍ. وَحَدِيثُ رَافِعِ بۡنِ خَدِيجٍ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. 

774. [Sahih] Muhammad bin Yahya, Muhammad bin Rafi’ An-Naisaburi, Mahmud bin Ghailan, dan Yahya bin Musa telah menceritakan kepada kami. Mereka berkata: ‘Abdurrazzaq menceritakan kepada kami dari Ma’mar, dari Yahya bin Abu Katsir, dari ‘Ibrahim bin ‘Abdullah bin Qarizh, dari As-Sa`ib bin Yazid, dari Rafi’ bin Khadij, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Orang yang membekam dan yang dibekam telah batal puasanya.” Di dalam bab ini ada riwayat dari ‘Ali, Sa’d, Syaddad bin Aus, Tsauban, Usamah bin Zaid, ‘Aisyah, Ma’qil bin Sinan—ada yang berkata: bin Yasar—, Abu Hurairah, Ibnu ‘Abbas, Abu Musa, dan Bilal. Hadis Rafi’ bin Khadij adalah hadis hasan sahih. 

وَذُكِرَ عَنۡ أَحۡمَدَ بۡنِ حَنۡبَلٍ أَنَّهُ قَالَ: أَصَحُّ شَيۡءٍ فِي هَٰذَا الۡبَابِ حَدِيثُ رَافِعِ بۡنِ خَدِيجٍ. وَذُكِرَ عَنۡ عَلِيِّ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ أَنَّهُ قَالَ: أَصَحُّ شَيۡءٍ فِي هَٰذَا الۡبَابِ حَدِيثُ ثَوۡبَانَ وَشَدَّادِ بۡنِ أَوۡسٍ، لِأَنَّ يَحۡيَى بۡنَ أَبِي كَثِيرٍ رَوَى عَنۡ أَبِي قِلَابَةَ الۡحَدِيثَيۡنِ جَمِيعًا: حَدِيثَ ثَوۡبَانَ وَحَدِيثَ شَدَّادِ بۡنِ أَوۡسٍ. وَقَدۡ كَرِهَ قَوۡمٌ مِنۡ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ وَغَيۡرِهِمۡ الۡحِجَامَةَ لِلصَّائِمِ، حَتَّى أَنَّ بَعۡضَ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ احۡتَجَمَ بِاللَّيۡلِ، مِنۡهُمۡ: أَبُو مُوسَى الۡأَشۡعَرِيُّ، وَابۡنُ عُمَرَ. وَبِهَٰذَا يَقُولُ ابۡنُ الۡمُبَارَكِ. سَمِعۡتُ إِسۡحَاقَ بۡنَ مَنۡصُورٍ يَقُولُ: قَالَ عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ مَهۡدِيٍّ: مَنِ احۡتَجَمَ وَهُوَ صَائِمٌ، فَعَلَيۡهِ الۡقَضَاءُ. قَالَ إِسۡحَاقُ بۡنُ مَنۡصُورٍ: وَهَٰكَذَا قَالَ أَحۡمَدُ، وَإِسۡحَاقُ. حَدَّثَنَا الزَّعۡفَرَانِيُّ، قَالَ: وَقَالَ الشَّافِعِيُّ: قَدۡ رُوِيَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ: أَنَّهُ احۡتَجَمَ وَهُوَ صَائِمٌ، وَرُوِيَ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ أَنَّهُ قَالَ: (أَفۡطَرَ الۡحَاجِمُ وَالۡمَحۡجُومُ) وَلَا أَعۡلَمُ وَاحِدًا مِنۡ هَٰذَيۡنِ الۡحَدِيثَيۡنِ ثَابِتًا. وَلَوۡ تَوَقَّى رَجُلٌ الۡحِجَامَةَ وَهُوَ صَائِمٌ، كَانَ أَحَبَّ إِلَيَّ، وَلَوۡ احۡتَجَمَ صَائِمٌ لَمۡ أَرَ ذٰلِكَ أَنۡ يُفۡطِرَهُ. هَٰكَذَا كَانَ قَوۡلُ الشَّافِعِيِّ بِبَغۡدَادَ، وَأَمَّا بِمِصۡرَ، فَمَالَ إِلَى الرُّخۡصَةِ وَلَمۡ يَرَ بِالۡحِجَامَةِ لِلصَّائِمِ بَأۡسًا، وَاحۡتَجَّ بِأَنَّ النَّبِيَّ ﷺ احۡتَجَمَ فِي حَجَّةِ الۡوَدَاعِ وَهُوَ مُحۡرِمٌ صَائِمٌ. [(ابن ماجه)(١٦٧٩-١٦٨١)]. 

Disebutkan dari Ahmad bin Hanbal bahwa beliau berkata: Riwayat yang paling sahih di dalam bab ini adalah hadis Rafi’ bin Khadij. Disebutkan dari ‘Ali bin ‘Abdullah bahwa beliau berkata: Riwayat yang paling sahih di dalam bab ini adalah hadis Tsauban dan Syaddad bin Aus karena Yahya bin Abu Katsir meriwayatkan dari Abu Qilabah dua hadis sekaligus: hadis Tsauban dan hadis Syaddad bin Aus. Beberapa ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan selain mereka membenci bekam bagi orang yang berpuasa, sampai sebagian sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbekam di malam hari. Di antara mereka adalah Abu Musa Al-Asy’ari dan Ibnu ‘Umar. Yang berpendapat dengan ini adalah Ibnu Al-Mubarak. Aku mendengar Ishaq bin Manshur berkata: ‘Abdurrahman bin Mahdi berkata: Siapa saja yang berbekam dalam keadaan puasa, maka dia wajib kada. Ishaq bin Manshur berkata: Seperti inilah pendapat Ahmad dan Ishaq. 

Az-Za’farani menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Asy-Syafi’i berkata: Telah diriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau berbekam dalam keadaan puasa. Juga diriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda, “Orang yang membekam dan yang dibekam telah batal puasanya.” Aku tidak mengetahui kepastian salah satu dari dua hadis ini. Andai ada seseorang menghindari bekam ketika dia puasa, maka sikap itu lebih aku sukai. Namun, andai ada orang yang berpuasa berbekam, aku tidak menganggap hal itu membatalkannya. Seperti inilah dulunya pendapat Asy-Syafi’i di Baghdad. Adapun di Mesir, beliau condong kepada rukhsah dan beliau berpandangan tidak mengapa bekam bagi orang yang berpuasa. Beliau beralasan dengan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbekam ketika haji wadak ketika beliau sedang ihram dan berpuasa.