Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 773

٥٩ - بَابُ مَا جَاءَ فِي كَرَاهِيَةِ الصَّوۡمِ فِي أَيَّامِ التَّشۡرِيقِ 
59. Bab riwayat tentang dibencinya puasa di hari-hari tasyrik 


٧٧٣ – (صحيح) حَدَّثَنَا هَنَّادٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنۡ مُوسَى بۡنِ عَلِيٍّ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عُقۡبَةَ بۡنِ عَامِرٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (يَوۡمُ عَرَفَةَ وَيَوۡمُ النَّحۡرِ، وَأَيَّامُ التَّشۡرِيقِ عِيدُنَا، أَهۡلَ الۡإِسۡلَامِ، وَهِيَ أَيَّامُ أَكۡلٍ وَشُرۡبٍ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ عَلِيٍّ، وَسَعۡدٍ، وَأَبِي هُرَيۡرَةَ، وَجَابِرٍ، وَنُبَيۡشَةَ، وَبِشۡرِ بۡنِ سُحَيۡمٍ، وَعَبۡدِ اللهِ بۡنِ حُذَافَةَ، وَأَنَسٍ، وَحَمۡزَةَ بۡنِ عَمۡرٍو الۡأَسۡلَمِيِّ، وَكَعۡبِ بۡنِ مَالِكٍ، وَعَائِشَةَ، وَعَمۡرِو بۡنِ الۡعَاصِ، وَعَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو. وَحَدِيثُ عُقۡبَةَ بۡنِ عَامِرٍ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَالۡعَمَلُ عَلَى هَٰذَا عِنۡدَ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ؛ يَكۡرَهُونَ الصِّيَامَ أَيَّامَ التَّشۡرِيقِ، إِلَّا أَنَّ قَوۡمًا مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ وَغَيۡرِهِمۡ رَخَّصُوا لِلۡمُتَمَتِّعِ، إِذَا لَمۡ يَجِدۡ هَدۡيًا - وَلَمۡ يَصُمۡ فِي الۡعَشۡرِ - أَنۡ يَصُومَ أَيَّامَ التَّشۡرِيقِ. وَبِهِ يَقُولُ مَالِكُ بۡنُ أَنَسٍ، وَالشَّافِعِيُّ، وَأَحۡمَدُ، وَإِسۡحَاقُ. وَأَهۡلُ الۡعِرَاقِ يَقُولُونَ: مُوسَى بۡنُ عَلِيٍّ بۡنِ رَبَاحٍ، وَأَهۡلُ مِصۡرَ يَقُولُونَ: مُوسَى بۡنُ عُلَيٍّ. سَمِعۡتُ قُتَيۡبَةَ يَقُولُ: سَمِعۡتُ اللَّيۡثَ بۡنَ سَعۡدٍ يَقُولُ: قَالَ مُوسَى بۡنُ عَلِيٍّ: لَا أَجۡعَلُ أَحَدًا فِي حِلٍّ صَغَّرَ اسۡمَ أَبِي. [(صحيح أبي داود)(٢٠٩٠)، (الإرواء)(٤/١٣٠)]. 

773. [Sahih] Hannad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Waki’ menceritakan kepada kami dari Musa bin ‘Ali, dari ayahnya, dari ‘Uqbah bin ‘Amir. Beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hari Arafah, hari nahar, dan hari-hari tasyrik adalah hari raya kita wahai umat Islam. Itu adalah hari-hari makan dan minum.” 

Di dalam bab ini ada riwayat dari ‘Ali, Sa’d, Abu Hurairah, Jabir, Nubaisyah, Bisyr bin Suhaim, ‘Abdullah bin Hudzafah, Anas, Hamzah bin ‘Amr Al-Aslami, Ka’b bin Malik, ‘Aisyah, ‘Amr bin Al-‘Ash, dan ‘Abdullah bin ‘Amr. Hadis ‘Uqbah bin ‘Amir adalah hadis hasan sahih. Para ulama beramal sesuai hadis ini. Mereka membenci puasa di hari-hari tasyrik. Kecuali ada beberapa sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan selain mereka memberi rukhsah untuk orang yang haji tamatuk apabila tidak mendapatkan hewan hady dan belum berpuasa di sepuluh hari awal bulan Zulhijah, maka mereka boleh berpuasa di hari-hari tasyrik. Yang berpendapat dengannya adalah Malik bin Anas, Asy-Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq. Penduduk Irak mengatakan: Musa bin ‘Ali bin Rabah. Sedangkan penduduk Mesir mengatakan: Musa bin ‘Ulayy. Aku mendengar Qutaibah berkata: Aku mendengar Al-Laits bin Sa’d berkata: Musa bin ‘Ali berkata: Aku tidak membolehkan seorang pun menyebut nama ayahku dengan isim tashghir.