Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 788

٦٩ - بَابُ مَا جَاءَ فِي كَرَاهِيَةِ مُبَالَغَةِ الاِسۡتِنۡشَاقِ لِلصَّائِمِ 
69. Bab riwayat tentang dibencinya berlebihan menghirup air ke hidung bagi orang yang berpuasa 


٧٨٨ – (صحيح) حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡوَهَّابِ بۡنُ عَبۡدِ الۡحَكَمِ الۡوَرَّاقُ وَأَبُو عَمَّارٍ الۡحُسَيۡنُ بۡنُ حُرَيۡثٍ، قَالَا: حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ سُلَيۡمٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ كَثِيرٍ، قَالَ: سَمِعۡتُ عَاصِمَ بۡنَ لَقِيطِ بۡنِ صَبِرَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، قَالَ: قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَخۡبِرۡنِي عَنِ الۡوُضُوءِ، قَالَ: (أَسۡبِغِ الۡوُضُوءَ وَخَلِّلۡ بَيۡنَ الۡأَصَابِعِ، وَبَالِغۡ فِي الاِسۡتِنۡشَاقِ، إِلَّا أَنۡ تَكُونَ صَائِمًا). هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَقَدۡ كَرِهَ أَهۡلُ الۡعِلۡمِ السُّعُوطَ لِلصَّائِمِ. وَرَأَوۡا أَنَّ ذٰلِكَ يُفۡطِرُهُ. وَفِي الۡحَدِيثِ مَا يُقَوِّي قَوۡلَهُمۡ. [(ابن ماجه)(٤٠٧)]. 

788. [Sahih] ‘Abdul Wahhab bin ‘Abdul Hakam Al-Wara` dan Abu ‘Ammar Al-Husain bin Huraits telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Yahya bin Sulaim menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Isma’il bin Katsir menceritakan kepadaku. Beliau berkata: Aku mendengar ‘Ashim bin Laqith bin Shabirah dari ayahnya. Beliau berkata: 

Aku berkata, “Wahai Rasulullah, kabarkan kepadaku tentang wudu.” 

Beliau bersabda, “Sempurnakanlah wudu, sampaikan air di sela-sela jari-jemari, dan bersungguh-sungguhlah dalam menghirup air ke hidung kecuali jika engkau berpuasa.” 

Ini adalah hadis hasan sahih. Para ulama membenci sa’uth (obat yang dimasukkan ke hidung) bagi orang yang berpuasa dan mereka berpandangan bahwa hal itu membatalkan puasanya. Di dalam hadis ini ada yang mendukung pendapat mereka.