Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1715

٥ - بَابُ النَّهۡيِ عَنۡ كَثۡرَةِ الۡمَسَائِلِ مِنۡ غَيۡرِ حَاجَةٍ، وَالنَّهۡيِ عَنۡ مَنۡعٍ وَهَاتِ؛ وَهُوَ الِامۡتِنَاعُ مِنۡ أَدَاءِ حَقٍّ لَزِمَهُ أَوۡ طَلَبِ مَا لَا يَسۡتَحِقُّهُ 
5. Bab larangan dari banyak pertanyaan/permintaan tanpa hajat dan larangan dari man‘ dan hāt, yaitu tidak mau menunaikan kewajiban dirinya atau menuntut sesuatu yang bukan haknya 


١٠ - (١٧١٥) - حَدَّثَنِي زُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ: حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنۡ سُهَيۡلٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ. قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِنَّ اللهَ يَرۡضَىٰ لَكُمۡ ثَلَاثًا وَيَكۡرَهُ لَكُمۡ ثَلَاثًا، فَيَرۡضَىٰ لَكُمۡ أَنۡ تَعۡبُدُوهُ وَلَا تُشۡرِكُوا بِهِ شَيۡئًا، وَأَنۡ تَعۡتَصِمُوا بِحَبۡلِ اللهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا. وَيَكۡرَهُ لَكُمۡ قِيلَ وَقَالَ، وَكَثۡرَةَ السُّؤَالِ، وَإِضَاعَةِ الۡمَالِ). 

10. (1715). Zuhair bin Harb telah menceritakan kepadaku: Jarir menceritakan kepada kami dari Suhail, dari ayahnya, dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah meridai tiga perkara untuk kalian dan membenci tiga perkara untuk kalian. Allah meridai untuk kalian agar kalian menyembah-Nya, tidak menyekutukan sesuatupun dengan-Nya, dan agar kalian semua berpegang teguh dengan tali Allah dan jangan kalian berpecah belah. Allah membenci untuk kalian: qīla wa qāla (katanya dan katanya/larut dalam pembicaraan yang tidak ada faedahnya), banyak bertanya/meminta (tanpa hajat), dan menyia-nyiakan harta.” 

١١ - (...) - وَحَدَّثَنَا شَيۡبَانُ بۡنُ فَرُّوخَ: أَخۡبَرَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنۡ سُهَيۡلٍ، بِهَٰذَا الۡإِسۡنَادِ... مِثۡلَهُ. غَيۡرَ أَنَّهُ قَالَ: (وَيَسۡخَطُ لَكُمۡ ثَلَاثًا). وَلَمۡ يَذۡكُرۡ: (وَلَا تَفَرَّقُوا). 

11. Syaiban bin Farrukh telah menceritakan kepada kami: Abu ‘Awanah mengabarkan kepada kami dari Suhail melalui sanad ini… semisal hadis tersebut. Hanya saja beliau bersabda, “Dan Allah memurkai tiga perkara untuk kalian.” Dan beliau tidak menyebutkan, “Dan jangan kalian berpecah belah.”