Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 2641

٢٦٤١ – (حسن) حَدَّثَنَا مَحۡمُودُ بۡنُ غَيۡلَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ الۡحَفَرِيُّ، عَنۡ سُفۡيَانَ الثَّوۡرِيِّ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ بۡنِ زِيَادِ الۡإِفۡرِيقِيِّ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ يَزِيدَ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَيَأۡتِيَنَّ عَلَى أُمَّتِي مَا أَتَى عَلَى بَنِي إِسۡرَائِيلَ حَذۡوَ النَّعۡلِ بِالنَّعۡلِ، حَتَّى إِنۡ كَانَ مِنۡهُمۡ مَنۡ أَتَى أُمَّهُ عَلَانِيَةً لَكَانَ فِي أُمَّتِي مَنۡ يَصۡنَعُ ذٰلِكَ، وَإِنَّ بَنِي إِسۡرَائِيلَ تَفَرَّقَتۡ عَلَى ثِنۡتَيۡنِ وَسَبۡعِينَ مِلَّةً، وَتَفۡتَرِقُ أُمَّتِي عَلَى ثَلَاثٍ وَسَبۡعِينَ مِلَّةً، كُلُّهُمۡ فِي النَّارِ إِلَّا مِلَّةً وَاحِدَةً)، قَالُوا: وَمَنۡ هِيَ يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: (مَا أَنَا عَلَيۡهِ وَأَصۡحَابِي). هَٰذَا حَدِيثٌ مُفَسَّرٌ [حَسَنٌ] غَرِيبٌ لَا نَعۡرِفُهُ مِثۡلَ هَٰذَا إِلَّا مِنۡ هَٰذَا الۡوَجۡهِ. [(المشكاة)(١٧١)/التحقيق الثاني، (الصحيحة)(١٣٤٨)]. 

2641. [Hasan] Mahmud bin Ghailan telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Dawud Al-Hafari menceritakan kepada kami dari Sufyan Ats-Tsauri, dari ‘Abdurrahman bin Ziyad Al-Ifriqi, dari ‘Abdullah bin Yazid, dari ‘Abdullah bin ‘Amr. Beliau mengatakan: 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Niscaya umatku akan melakukan perbuatan yang dilakukan oleh bani Israil. Sama, tidak berbeda. Hingga jika di antara bani Israil ada orang yang ‘mendatangi’ ibunya secara terang-terangan, niscaya di umatku akan ada yang melakukan hal itu. Sesungguhnya bani Israil telah berpecah belah menjadi tujuh puluh dua ajaran dan umatku akan berpecah belah menjadi tujuh puluh tiga ajaran. Mereka semuanya di neraka kecuali satu ajaran.” 

Para sahabat bertanya, “Siapa itu, wahai Rasulullah?” 

Beliau menjawab, “Jalan yang ditempuh olehku dan para sahabatku.” 

Ini adalah hadis yang mufassar (sudah jelas) hasan garib. Kami tidak mengetahui hadis semisal ini kecuali dari jalur ini.