Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 97

٣٢ - بَابُ تَعۡلِيمِ الرَّجُلِ أَمَتَهُ وَأَهۡلَهُ
32. Bab pengajaran seorang pria kepada budak wanitanya dan keluarganya


٩٧ - أَخۡبَرَنَا مُحَمَّدٌ، هُوَ ابۡنُ سَلَامٍ، حَدَّثَنَا الۡمُحَارِبِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا صَالِحُ بۡنُ حَيَّانَ قَالَ: قَالَ عَامِرٌ الشَّعۡبِيُّ: حَدَّثَنِي أَبُو بُرۡدَةَ، عَنۡ أَبِيهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (ثَلَاثَةٌ لَهُمۡ أَجۡرَانِ: رَجُلٌ مِنۡ أَهۡلِ الۡكِتَابِ آمَنَ بِنَبِيِّهِ، وَآمَنَ بِمُحَمَّدٍ ﷺ، وَالۡعَبۡدُ الۡمَمۡلُوكُ إِذَا أَدَّى حَقَّ اللهِ وَحَقَّ مَوَالِيهِ، وَرَجُلٌ كَانَتۡ عِنۡدَهُ أَمَةٌ، فَأَدَّبَهَا فَأَحۡسَنَ تَأۡدِيبَهَا، وَعَلَّمَهَا فَأَحۡسَنَ تَعۡلِيمَهَا، ثُمَّ أَعۡتَقَهَا فَتَزَوَّجَهَا، فَلَهُ أَجۡرَانِ). 

ثُمَّ قَالَ عَامِرٌ: أَعۡطَيۡنَاكَهَا بِغَيۡرِ شَىۡءٍ، قَدۡ كَانَ يُرۡكَبُ فِيمَا دُونَهَا إِلَى الۡمَدِينَةِ. 

[الحديث ٩٧ – أطرافه في: ٢٥٤٤، ٢٥٤٧، ٢٥٥١، ٣٠١١، ٣٤٤٦، ٥٠٨٣]. 

97. Muhammad bin Salam telah mengabarkan kepada kami: Al-Muharibi menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Shalih bin Hayyan menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Amir Asy-Sya’bi berkata: Abu Burdah menceritakan kepadaku dari ayahnya. Beliau mengatakan: Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Tiga jenis orang yang bagi mereka dua pahala: (1) Seseorang dari ahli kitab yang beriman dengan nabinya dan beriman dengan Nabi Muhammad—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, (2) Hamba sahaya apabila menunaikan hak Allah dan hak majikannya, (3) Seorang pria yang memiliki budak wanita, lalu dia mendidiknya dengan baik dan mengajarinya dengan baik, kemudian dia bebaskan lalu dia nikahi. Maka baginya ada dua pahala.” 

Kemudian ‘Amir berkata: Kami memberikan perkataan ini kepadamu tanpa imbalan apapun. Dahulu ada yang sampai safar ke Madinah untuk perkataan yang tingkatnya di bawah ini.