Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 98

٣٣ - بَابُ عِظَةِ الۡإِمَامِ النِّسَاءَ وَتَعۡلِيمِهِنَّ
33. Bab nasehat pemimpin kepada para wanita dan pengajaran kepada mereka


٩٨ - حَدَّثَنَا سُلَيۡمَانُ بۡنُ حَرۡبٍ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ أَيُّوبَ قَالَ: سَمِعۡتُ عَطَاءً قَالَ: سَمِعۡتُ ابۡنَ عَبَّاسٍ قَالَ: أَشۡهَدُ عَلَى النَّبِيِّ ﷺ - أَوۡ قَالَ عَطَاءٌ: أَشۡهَدُ عَلَى ابۡنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ - خَرَجَ وَمَعَهُ بِلَالٌ، فَظَنَّ أَنَّهُ لَمۡ يُسۡمِعۡ، فَوَعَظَهُنَّ وَأَمَرَهُنَّ بِالصَّدَقَةِ، فَجَعَلَتِ الۡمَرۡأَةُ تُلۡقِي الۡقُرۡطَ وَالۡخَاتِمَ، وَبِلَالٌ يَأۡخُذُ فِي طَرَفِ ثَوۡبِهِ.

وَقَالَ إِسۡمَاعِيلُ: عَنۡ أَيُّوبَ، عَنۡ عَطَاءٍ، وَقَالَ عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ: أَشۡهَدُ عَلَى النَّبِيِّ ﷺ.

[الحديث ٩٨ – أطرافه في: ٨٦٣، ٩٦٢، ٩٦٤، ٩٧٥، ٩٧٧، ٩٧٩، ٩٨٩، ١٤٣١، ١٤٤٩، ٤٨٩٥، ٥٢٤٩، ٥٨٨٠، ٥٨٨١].

98. Sulaiman bin Harb telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Syu’bah menceritakan kepada kami dari Ayyub. Beliau berkata: Aku mendengar ‘Atha` berkata: Aku mendengar Ibnu ‘Abbas mengatakan: Aku menyaksikan Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Atau ‘Atha` berkata: Aku bersaksi terhadap Ibnu ‘Abbas bahwa Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—keluar bersama Bilal. Beliau menyangka bahwa suara beliau tidak bisa didengar (para wanita). Maka beliau menasihati para wanita dan memerintahkan mereka bersedekah. Lalu para wanita melemparkan anting-anting dan cincin, sementara Bilal mengambilnya ke dalam sisi pakaiannya. 

Isma’il berkata: Dari Ayyub, dari ‘Atha`. Beliau berkata dari Ibnu ‘Abbas: Aku menyaksikan Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—.