Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 4048

٤٠٤٨ - أَخۡبَرَنَا حَسَّانُ بۡنُ حَسَّانَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ طَلۡحَةَ: حَدَّثَنَا حُمَيۡدٌ، عَنۡ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنَّ عَمَّهُ غَابَ عَنۡ بَدۡرٍ، فَقَالَ: غِبۡتُ عَنۡ أَوَّلِ قِتَالِ النَّبِيِّ ﷺ، لَئِنۡ أَشۡهَدَنِي اللهُ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ لَيَرَيَنَّ اللهُ مَا أُجِدُّ، فَلَقِيَ يَوۡمَ أُحُدٍ، فَهُزِمَ النَّاسُ، فَقَالَ: اللّٰهُمَّ إِنِّي أَعۡتَذِرُ إِلَيۡكَ مِمَّا صَنَعَ هَؤُلَاءِ، يَعۡنِي الۡمُسۡلِمِينَ، وَأَبۡرَأُ إِلَيۡكَ مِمَّا جَاءَ بِهِ الۡمُشۡرِكُونَ، فَتَقَدَّمَ بِسَيۡفِهِ فَلَقِيَ سَعۡدَ بۡنَ مُعَاذٍ، فَقَالَ: أَيۡنَ يَا سَعۡدُ، إِنِّي أَجِدُ رِيحَ الۡجَنَّةِ دُونَ أُحُدٍ، فَمَضَى فَقُتِلَ، فَمَا عُرِفَ حَتَّى عَرَفَتۡهُ أُخۡتُهُ بِشَامَةٍ، أَوۡ بِبَنَانِهِ، وَبِهِ بِضۡعٌ وَثَمَانُونَ: مِنۡ طَعۡنَةٍ وَضَرۡبَةٍ وَرَمۡيَةٍ بِسَهۡمٍ. [طرفه في: ٢٨٠٥].

4048. Hassan bin Hassan telah mengabarkan kepada kami: Muhammad bin Thalhah menceritakan kepada kami: Humaid menceritakan kepada kami dari Anas—radhiyallahu ‘anhu—:

Bahwa pamannya absen dalam perang Badr, lalu dia berkata, “Aku absen di perang pertama Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Jika Allah mengikutkan aku (dalam perang) bersama Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, niscaya Allah akan melihat apa yang aku upayakan.”

Beliau menjumpai hari perang Uhud dan kaum muslimin dalam keadaan kocar-kacir. Beliau berkata, “Ya Allah, aku meminta uzur kepada-Mu dari apa yang mereka lakukan.” Yakni muslimin. “Dan aku berlepas diri kepada-Mu dari apa yang dilakukan oleh kaum musyrikin.”

Kemudian beliau maju membawa pedangnya dan berjumpa dengan Sa’d bin Mu’adz. Beliau berkata, “Ke mana, wahai Sa’d? Sungguh aku mencium wangi janah di dekat Uhud.”

Beliau berlalu (menuju medan perang) lalu dibunuh. Tidak ada yang mengenali jasad beliau hingga saudara perempuannya yang mengenalinya dari tahi lalat atau jari-jarinya. Pada jasadnya ada delapan puluh sekian tusukan tombak, sabetan pedang, atau tancapan anak panah.”