Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 4783

٢ - بَابٌ ‏﴿‏فَمِنۡهُمۡ مَنۡ قَضَى نَحۡبَهُ وَمِنۡهُمۡ مَنۡ يَنۡتَظِرُ وَمَا بَدَّلُوا تَبۡدِيلًا‏﴾‏ [٢٣]
2. Bab “Di antara mereka ada yang gugur dan di antara mereka ada yang menunggu-nunggu dan mereka tidak mengubah janjinya” (QS. Al-Ahzab: 23)


﴿نَحۡبَهُ﴾: عَهۡدَهُ. ﴿أَقۡطَارِهَا﴾ [١٤] جَوَانِبُهَا. ﴿الۡفِتۡنَةَ لَآتَوۡهَا﴾ [١٤] لَأَعۡطَوۡهَا.

Nahbahu artinya janjinya. Aqthārihā (QS. Al-Ahzab: 14) artinya sisi-sisinya. “al-fitnata la-ātauhā” (QS. Al-Ahzab: 14) artinya niscaya mereka menuruti permintaan (untuk murtad).

٤٧٨٣ - حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ الۡأَنۡصَارِيُّ قَالَ: حَدَّثَنِي أَبِي: عَنۡ ثُمَامَةَ، عَنۡ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: نُرَى هٰذِهِ الۡآيَةَ نَزَلَتۡ فِي أَنَسِ بۡنِ النَّضۡرِ: ﴿مِنَ الۡمُؤۡمِنِينَ رِجَالٌ صَدَقُوا مَا عَاهَدُوا اللهَ عَلَيۡهِ﴾ [٢٣]. [طرفه في: ٢٨٠٥].

4783. Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepadaku: Muhammad bin ‘Abdullah Al-Anshari menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ayahku menceritakan kepadaku dari Tsumamah, dari Anas bin Malik—radhiyallahu ‘anhu—. Beliau mengatakan: Kami mengira ayat berikut ini turun tentang Anas bin An-Nadhr, “Di antara orang-orang yang beriman itu ada orang-orang yang menepati janji kepada Allah.” (QS. Al-Ahzab: 23).