Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 6639

٦٦٣٩ - حَدَّثَنَا أَبُو الۡيَمَانِ: أَخۡبَرَنَا شُعَيۡبٌ: حَدَّثَنَا أَبُو الزِّنَادِ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ الۡأَعۡرَجِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (قَالَ سُلَيۡمَانُ: لَأَطُوفَنَّ اللَّيۡلَةَ عَلَى تِسۡعِينَ امۡرَأَةً، كُلُّهُنَّ تَأۡتِي بِفَارِسٍ يُجَاهِدُ فِي سَبِيلِ اللهِ، فَقَالَ لَهُ صَاحِبُهُ: إِنۡ شَاءَ اللهُ، فَلَمۡ يَقُلۡ: إِنۡ شَاءَ اللهُ، فَطَافَ عَلَيۡهِنَّ جَمِيعًا، فَلَمۡ يَحۡمِلۡ مِنۡهُنَّ إِلَّا امۡرَأَةٌ وَاحِدَةٌ، جَاءَتۡ بِشِقِّ رَجُلٍ، وَايۡمُ الَّذِي نَفۡسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ، لَوۡ قَالَ: إِنۡ شَاءَ اللهُ، لَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللهِ فُرۡسَانًا أَجۡمَعُونَ). [طرفه في: ٢٨١٩].

6639. Abu Al-Yaman telah menceritakan kepada kami: Syu’aib mengabarkan kepada kami: Abu Az-Zinad menceritakan kepada kami dari ‘Abdurrahman Al-A’raj, dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda,

Sulaiman berkata, “Aku malam ini pasti akan berkeliling ke sembilan puluh istri, lalu mereka semuanya akan melahirkan penunggang kuda yang berjihad di jalan Allah.”

Sahabatnya berkata kepadanya, “Katakan: insya Allah!”

Namun beliau tidak mengucapkan insya Allah. Lalu beliau berkeliling ke mereka semua. Tidak ada di antara mereka yang hamil kecuali seorang wanita yang melahirkan separuh bayi laki-laki. Demi Allah yang jiwa Muhammad ada di tangan-Nya, andai beliau mengucapkan insya Allah, niscaya anak-anaknya semua akan berjihad di jalan Allah dengan menunggang kuda.