Cari Blog Ini

Taisirul 'Allam - Hadits ke-33

الۡحَدِيثُ الثَّالِثُ وَالثَّلَاثُونَ

عَنۡ عَائِشَةَ قَالَتۡ: كُنۡتُ أَغۡسِلُ الۡجَنَابَةَ مِنۡ ثَوۡبِ رَسُولِ اللهِ ﷺ فَيَخۡرُجُ إِلَى الصَّلَاةِ وَإِنَّ بُقَعَ الۡمَاءِ فِي ثَوۡبِهِ[1]. وَفِي لَفۡظِ مُسۡلِمٍ (لَقَدۡ كُنۡتُ أَفۡرُكُهُ مِنۡ ثَوۡبِ رَسُولِ اللهِ ﷺ فَرۡكًا فَيُصَلِّي فِيهِ)[2].
Dari ‘Aisyah, beliau berkata: Aku pernah mencuci pakaian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang terkena mani. Kemudian beliau keluar untuk shalat dan sungguh bekas air masih ada di pakaian beliau. Di dalam lafazh riwayat Muslim: Sungguh aku pernah benar-benar mengerik mani dari pakaian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau shalat dengan memakai pakaian tersebut.
الۡمَعۡنَى الۡإِجۡمَالِيُّ:
تَذۡكُرُ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا: أَنَّهُ كَانَ يُصِيبُ ثَوۡبَ رَسُولِ اللهِ ﷺ الۡمَنِيُّ مِنَ الۡجَنَابَةِ.
فَتَارَةً يَكُونُ رَطۡبًا فَتَغۡسِلُهُ مِنَ الثَّوۡبِ بِالۡمَاءِ، فَيَخۡرُجُ إِلَى الصَّلَاةِ، وَالۡمَاءُ لَمۡ يَجِفَّ مِنَ الثَّوۡبِ.
وَتَارَةً أُخۡرَى، يَكُونُ الۡمَنِيُّ يَابِسًا، وَحِينَئِذٍ تَفۡرُكُهُ مِنۡ ثَوۡبِهِ فَرۡكًا، فَيُصَلِّي فِيهِ.
Makna secara umum:
‘Aisyah radhiyallahu ‘anha menyebutkan bahwa mani pernah mengenai pakaian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam karena junub. Sekali waktu mani masih basah, maka beliau mencuci pakaian dengan air. Kemudian Rasulullah keluar untuk shalat dalam keadaan air belum kering dari pakaian beliau. Dan sekali waktu yang lain, mani sudah kering. Pada keadaan ini, ‘Aisyah mengeriknya dari pakaian Rasulullah, lalu beliau shalat dengan memakainya.
اخۡتِلَافُ الۡعُلَمَاءِ:
اۡخَتَلَفَ الۡعُلَمَاءُ فِي نَجَاسَةِ الۡمَنِيِّ.
فَذَهَبَتۡ الۡحَنَفِيَّةُ، وَالۡمَالِكِيَّةُ إِلَى نَجَاسَتِهِ. مُسۡتَدِلِّينَ بِأَحَادِيثَ غَسۡلِهِ مِنۡ ثَوۡبِ رَسُولِ اللهِ ﷺ، وَمِنۡهَا هٰذَا الۡحَدِيثُ الَّذِي مَعَنَا.
وَذَهَبَ الشَّافِعِيُّ، وَأَحۡمَدُ، وَأَهۡلُ الۡحَدِيثِ، وَابۡنُ حَزۡمٍ، وَشَيۡخُ الۡإِسۡلَامِ (ابۡنُ تَيۡمِيَّةَ) وَغَيۡرُهُمۡ مِنَ الۡمُحَقِّقِينَ، إِلَى طَهَارَتِهِ، مُسۡتَدِلِّينَ بِأَدِلَّةٍ كَثِيرَةٍ مِنۡهَا مَا يَأۡتِي:
١ – صِحَّةُ أَحَادِيثَ فَرۡكِ عَائِشَةَ الۡمَنِيَّ مِنۡ ثَوۡبِ رَسُولِ اللهِ ﷺ إِذَا كَانَ يَابِسًا، بِظُفۡرِهَا، فَلَوۡ كَانَ نَجَسًا، لَمَّا كَفَى إِلَّا الۡمَاءُ، كَسَائِرِ النَّجَاسَاتِ.
٢ – أَنَّ الۡمَنِيَّ هُوَ أَصۡلُ الۡإِنۡسَانِ وَمَعۡدِنُهُ، فَلَا يَنۡبَغِي أَنۡ يَكُونَ أَصۡلُهُ نَجَسًا خَبِيثًا، اللهُ كَرَّمَهُ وَطَهَّرَهُ.
٣ – لَمۡ يَأۡمُرِ النَّبِيُّ ﷺ بِغَسۡلِهِ وَالتَّحَرُّزِ مِنۡهُ، كَالۡبَوۡلِ.
٤ – أَجَابُوا عَنۡ أَحَادِيثِ غَسۡلِهِ، بِأَنَّ الۡغَسۡلَ لَا يَدُلُّ عَلَى النَّجَاسَةِ، كَمَا أَنَّ غَسۡلَ الۡمُخَاطِ وَنَحۡوِهِ، لَا يَدُلُّ عَلَى نَجَاسَتِهِ.
وَالنَّظَافَةُ مِنَ النَّجَاسَاتِ وَالۡمُسۡتَقۡذِرَاتِ، مَطۡلُوبَةٌ شَرۡعًا.
فَكَيۡفَ لَا يُقِرُّ غَسۡلَهُ ﷺ.
Perselisihan ulama:
Ulama berselisih tentang kenajisan mani. Pengikut Abu Hanifah dan Malik berpendapat mani itu najis. Mereka berdalil dengan hadits tentang mencuci mani dari pakaian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di antaranya hadits yang sedang kita bahas. Asy-Syafi’i, Ahmad, ahli hadits, Ibnu Hazm, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, dan selain mereka dari kalangan ulama muhaqqiqin berpendapat sucinya mani. Mereka berdalil dengan dalil yang banyak, di antaranya sebagai berikut:
  1. Shahihnya hadits-hadits tentang ‘Aisyah mengerik mani dari pakaian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika kering dengan kuku beliau. Sekiranya mani itu najis, tentu tidak cukup membersihkan kecuali menggunakan air, sebagaimana seluruh najis-najis.
  2. Bahwa mani adalah asal dan unsur pembentukan manusia. Sehingga tidak pantas bila asal manusia adalah sesuatu yang najis dan kotor, padahal Allah telah memuliakan dan mensucikannya.
  3. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memerintahkan untuk mencucinya dan berhati-hati darinya. Berbeda dengan tindakan beliau terhadap kencing.
  4. Mereka menjawab hadits tentang mencuci mani bahwa mencuci itu tidak mesti menunjukkan najis. Sebagaimana mencuci ingus atau semisalnya tidak menunjukkan kenajisannya. Dan kebersihan dari najis dan hal-hal yang kotor adalah perkara yang dituntut secara syar’i. Sehingga bagaimana bisa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak menetapkan untuk mencucinya.
مَا يُؤۡخَذُ مِنَ الۡحَدِيثِ:
١ – طَهَارَةُ الۡمَنِيِّ، وَعَدَمُ وُجُوبِ غَسۡلِهِ مِنَ الۡبَدَنِ وَالثِّيَابِ وَغَيۡرِهَا.
٢ – اسۡتِحۡبَابُ إِزَالَتِهِ عَنِ الثَّوۡبِ وَالۡبَدَنِ فَيُغۡسَلُ رَطۡبًا، وَيُفۡرَكُ يَابِسًا.
Faidah hadits:
  1. Sucinya mani dan tidak wajib mencucinya dari badan, pakaian, dan selainnya.
  2. Disukai menghilangkan mani dari pakaian dan badan dengan cara dicuci ketika masih basah dan dikerik ketika sudah kering.

[1] رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ (٢٢٩) فِي الۡوُضُوءِ. 
[2] رَوَاهُ مُسۡلِمٌ (٢٨٨) فِي الطَّهَارَةِ.