Cari Blog Ini

At-Tuhfatul Wushabiyyah - Pembagian I'rab

أَقۡسَامُ الۡإِعۡرَابِ

قَالَ: وَأَقۡسَامُهُ أَرۡبَعَةٌ: رَفۡعٌ، وَنَصۡبٌ، وَخَفۡضٌ، وَجَزۡمٌ. فَلِلۡأَسۡمَاءِ مِنۡ ذَلِكَ الرَّفۡعُ، وَالنَّصۡبُ، وَالۡخَفۡضُ، وَلَا جَزۡمَ فِيهَا. وَلِلۡأَفۡعَالِ مِنۡ ذَلِكَ الرَّفۡعُ، وَالنَّصۡبُ، وَالۡجَزۡمُ، وَلَا خَفۡضَ فِيهَا.
Pembagian i'rab ada empat: rafa', nashab, khafdh, dan jazm. Dari keempat i'rab tersebut, isim-isim memiliki i'rab: rafa', nashab, dan khafdh. Tidak ada jazm pada isim. Sedangkan fi'il-fi'il memiliki i'rab: rafa', nashab, dan jazm. Tidak ada khafdh pada fi'il.
أَقُولُ: أَقۡسَامُ الۡإِعۡرَابِ الَّتِي تَقَعُ فِي الۡاسۡمِ وَالۡفِعۡلِ جَمِيعًا أَرۡبَعَةٌ، لَا خَامِسَ لَهَا بِاتِّفَاقِ النُّحَاةِ.
Pembagian i'rab yang terdapat pada isim dan fi'il semuanya ada empat, tidak ada kelimanya, menurut kesepakatan ahli nahwu.
الۡأَوَّلُ: الرَّفۡعُ: وَهُوَ لُغَةً الۡعُلُوُّ وَالۡارۡتِفَاعُ. وَاصۡطِلَاحًا: تَغۡيِيرٌ مَخۡصُوصٌ عَلَامَتُهُ الضَّمَّةُ وَمَا نَابَ عَنۡهَا. وَسَيَأۡتِي ذِكۡرُ مَا يَنُوبُ عَنۡهَا قَرِيبًا إِنۡ شَاءَ اللهُ تَعَالَى.
وَيَكُونُ الرَّفۡعُ فِي الۡاسۡمِ وَالۡفِعۡلِ الۡمُضَارِعِ نَحۡوُ: (يُذَاكِرُ الۡمُجۡتَهِدُ دُرُوسَهُ) وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿يَمۡحَقُ اللهُ الرِّبَوٰا﴾ [البقرة: ٢٧٦] فَكُلٌّ مِنۡ (يُذَاكِرُ وَيَمۡحَقُ) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَرۡفُوعٌ؛ لِتَجَرُّدِهِ عَنِ النَّاصِبِ وَالۡجَازِمِ، وَعَلَامَةُ رَفۡعِهِ الضَّمَّةُ الظَّاهِرَةُ عَلَى آخِرِهِ، وَكُلٌّ مِنۡ (الۡمُجۡتَهِدُ) وَلَفۡظِ الۡجَلَالَةِ (اللهُ) فَاعِلٌ مَرۡفُوعٌ وَعَلَامَةُ رَفۡعِهِ الضَّمَّةُ الظَّاهِرَةُ عَلَى آخِرِهِ.
1. Rafa'. Secara bahasa artinya adalah tinggi dan naik. Secara istilah adalah perubahan yang khusus, tandanya adalah dhammah dan yang menggantikannya. Insya Allah akan datang penyebutan pengganti dhammah sebentar lagi.
Rafa' bisa ada di isim dan fi'il mudhari', contoh: يُذَاكِرُ الۡمُجۡتَهِدُ دُرُوسَهُ dan firman Allah ta'ala: يَمۡحَقُ اللهُ الرِّبَوٰا (QS. Al-Baqarah: 276). Setiap dari يُذَاكِرُ dan يَمۡحَقُ adalah fi'il mudhari' marfu' karena tidak ada yang menashabkan dan menjazmkan. Tanda rafa'nya adalah dhammah yang tampak di akhir kata. Dan setiap dari الۡمُجۡتَهِدُ dan lafazh jalalah اللهُ adalah fa'il marfu' dan tanda rafa'nya adalah dhammah yang tampak di akhir kata.
الثَّانِي: النَّصۡبُ وَهُوَ لُغَةً: الۡاسۡتِقَامَةُ. وَاصۡطِلَاحًا: تَغۡيِيرٌ مَخۡصُوصٌ عَلَامَتُهُ الۡفَتۡحَةُ وَمَا نَابَ عَنۡهَا، وَيَكُونُ أَيۡضًا فِي الۡاسۡمِ وَالۡفِعۡلِ الۡمُضَارِعِ نَحۡوُ: (لَنۡ أُهۡمِلَ الۡوَاجِبَ) وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿لَنۡ نُعۡجِزَ اللهَ﴾ [الجن: ١٢] فَكُلٌّ مِنۡ (أُهۡمِلَ وَنُعۡجِزَ) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَنۡصُوبٌ بِـ(لَنۡ) وَعَلَامَةُ نَصۡبِهِ الۡفَتۡحَةُ الظَّاهِرَةُ عَلَى آخِرِهِ، وَكُلٌّ مِنۡ (الۡوَاجِبَ) وَلَفۡظِ الۡجَلَالَةِ (اللهَ) مَفۡعُولٌ بِهِ مَنۡصُوبٌ وَعَلَامَةُ نَصۡبِهِ الۡفَتۡحَةُ الظَّاهِرَةُ عَلَى آخِرِهِ.
2. Nashab secara bahasa artinya istiqamah. Secara istilah artinya perubahan yang khusus, tandanya adalah fathah dan yang menggantikannya. Nashab bisa ada di isim dan fi'il mudhari' pula. Contoh: لَنۡ أُهۡمِلَ الۡوَاجِبَ dan firman Allah ta'ala: لَنۡ نُعۡجِزَ اللهَ (QS. Al-Jinn: 12). Setiap dari أُهۡمِلَ dan نُعۡجِزَ adalah fi'il mudhari' manshub dengan لَنۡ, tanda nashabnya adalah fathah yang tampak di akhir kata. Dan setiap dari الۡوَاجِبَ dan lafazh jalalah اللهَ adalah maf'ul bih manshub, tanda nashabnya adalah tahah yang tampak di akhir kata.
الثَّالِثُ: الۡخَفۡضُ: وَهُوَ لُغَةً ضِدُّ الۡارۡتِفَاعِ وَهُوَ التَّسَفُّلُ. وَاصۡطِلَاحًا: تَغۡيِيرٌ مَخۡصُوصٌ عَلَامَتُهُ الۡكَسۡرَةُ وَمَا نَابَ عَنۡهَا، وَلَا يَكُونُ إِلَّا فِي الۡاسۡمِ نَحۡوُ: (مَرَرۡتُ بِزَيۡدٍ) وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿ءَامِنُوا بِاللهِ﴾ [الحديد: ٧] فَكُلٌّ مِنۡ (زَيۡدٍ) وَلَفۡظِ الۡجَلَالَةِ (اللهِ) مَخۡفُوضٌ بِالۡبَاءِ وَعَلَامَةُ خَفۡضِهِ الۡكَسۡرَةُ الظَّاهِرَةُ عَلَى آخِرِهِ.
3. Khafdh. Secara bahasa artinya adalah lawan dari naik, yaitu merendah. Secara istilah artinya perubahan yang khusus, tandanya adalah kasrah dan yang menggantikannya. Khafdh hanya ada pada isim, contoh: مَرَرۡتُ بِزَيۡدٍ dan firman Allah ta'ala: ءَامِنُوا بِاللهِ (QS. Al-Hadid: 7). Setiap dari زَيۡدٍ dan lafazh jalalah اللهِ adalah dikhafdh dengan huruf ba` dan tanda khafdhnya adalah kasrah yang tampak di akhir kata.
الرَّابِعُ: الۡجَزۡمُ وَهُوَ لُغَةً الۡقَطۡعُ. وَاصۡطِلَاحًا: تَغۡيِيرٌ مَخۡصُوصٌ عَلَامَتُهُ السُّكُونُ وَمَا نَابَ عَنۡهُ، وَلَا يَكُونُ إِلَّا فِي الۡفِعۡلِ نَحۡوُ: (لَا تَشۡتَغِلۡ بِغَيۡرِ النَّافِعِ) وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿لَا تُشۡرِكۡ بِاللهِ﴾ [لقمان: ١٣] فَكُلٌّ مِنۡ (تَشۡتَغِلۡ وَتُشۡرِكۡ) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَا) النَّاهِيَةِ وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ الظَّاهِرُ عَلَى آخِرِهِ.
4. Jazm, secara bahasa artinya pemotongan. Secara istilah artinya adalah perubahan yang khusus, tandanya adalah sukun dan yang menggantikannya. Jazm hanya ada pada fi'il, contoh: لَا تَشۡتَغِلۡ بِغَيۡرِ النَّافِعِ dan firman Allah ta'ala: لَا تُشۡرِكۡ بِاللهِ (QS. Luqman: 13). Setiap dari تَشۡتَغِلۡ dan تُشۡرِكۡ adalah fi'il mudhari' majzum dengan لَا nahiyah (larangan) dan tanda jazmnya adalah sukun yang tampak di akhir kata.
وَعُلِمَ مِمَّا تَقَدَّمَ أَنَّ هَٰذِهِ الۡأَقۡسَامَ الۡأَرۡبَعَةَ تَرۡجِعُ فِي الۡحَقِيقَةِ إِلَى قِسۡمَيۡنِ:
قِسۡمٍ: مُشۡتَرِكٌ بَيۡنَ الۡأَسۡمَاءِ وَالۡأَفۡعَالِ وَهُوَ الرَّفۡعُ وَالنَّصۡبُ.
وَقِسۡمٍ: مُخۡتَصٌّ بِأَحَدِهِمَا وَهُوَ الۡخَفۡضُ فِي الۡأَسۡمَاءِ وَالۡجَزۡمُ فِي الۡأَفۡعَالِ.
Diketahui dari penjelasan yang telah berlalu, bahwa empat pembagian ini hakikatnya kembali pada dua bagian:
  1. Berserikat antara isim dan fi'il yaitu rafa' dan nashab. 
  2. Khusus untuk salah satunya, yaitu khafdh pada isim dan jazm pada fi'il.

Lihat pula: