Cari Blog Ini

At-Tuhfatul Wushabiyyah - Bab Mengenal Tanda-tanda I'rab

بَابُ مَعۡرِفَةِ عَلَامَاتِ أَقۡسَامِ الۡإِعۡرَابِ

قَالَ: (بَابُ مَعۡرِفَةِ عَلَامَاتِ الۡإِعۡرَابِ) لِلرَّفۡعِ أَرۡبَعُ عَلَامَاتٍ: الضَّمَّةُ، وَالۡوَاوُ، وَالۡأَلِفُ، وَالنُّونُ.
Bab Mengenal Tanda-tanda I'rab. Rafa' memiliki empat tanda: dhammah, wawu, alif, dan nun.
أَقُولُ: تَقَدَّمَ أَنَّ أَقۡسَامَ الۡإِعۡرَابِ أَرۡبَعَةٌ، وَهِيَ الرَّفۡعُ وَالنَّصۡبُ وَالۡخَفۡضُ وَالۡجَزۡمُ، وَلِكُلِّ وَاحِدٍ مِنۡ هَٰذِهِ الۡأَرۡبَعَةِ مَوَاضِعُ تَخۡتَصُّ بِهَا وَعَلَامَاتٌ تَدُلُّ عَلَيۡهَا وَهِيَ أَرۡبَعَ عَشۡرَةَ عَلَامَةٌ: أَرۡبَعٌ لِلرَّفۡعِ، وَخَمۡسٌ لِلنَّصۡبِ، وَثَلَاثٌ لِلۡخَفۡضِ، وَاثۡنَتَانِ لِلۡجَزۡمِ.
Telah lewat penyebutan bahwa pembagian i'rab ada empat, yaitu rafa', nashab, khafdh, dan jazm. Dan setiap satu dari empat i'rab ini memilik tempat-tempat khusus dan tanda-tanda yang menunjukkan kepadanya. Dan tanda-tanda itu ada empat belas: empat tanda untuk rafa', lima untuk nashab, tiga untuk khafdh, dan dua untuk jazm.
وَسَيَذۡكُرُهَا الۡمُصَنِّفُ عَلَى هَٰذَا التَّرۡتِيبِ، وَبَدَأَ مِنۡهَا بِعَلَامَاتِ الرَّفۡعِ؛ لِقُوَّتِهِ وَشَرَفِهِ وَلِكَوۡنِهِ إِعۡرَابَ الۡعُمَدِ كَالۡفَاعِلِ وَغَيۡرِهِ، فَذُكِرَ أَنَّهَا أَرۡبَعُ عَلَامَاتٍ: وَاحِدَةٌ مِنۡهَا أَصۡلِيَةٌ وَهِيَ الضَّمَّةُ، وَثَلَاثُ نَائِبَةٌ عَنۡهَا -عِنۡدَ عَدَمِ وُجُودِهَا- وَهِيَ الۡوَاوُ وَالۡأَلِفُ وَالنُّونُ الثَّابِتَةُ، فَمَتَى وَجَدۡتَ فِي الۡكَلِمَةِ عَلَامَةً مِنۡ هَٰذِهِ الۡعَلَامَاتِ عَرَفۡتَ أَنَّهَا مَرۡفُوعَةٌ.
Penyusun akan menyebutkan sesuai urutan ini. Beliau memulai dengan tanda-tanda rafa' karena kekuatan dan kemuliaannya serta bahwa rafa' merupakan i'rabnya pokok kata seperti fa'il dan selainnya. Maka disebutkan bahwa rafa' ada empat tanda: satu di antaranya tanda asli yaitu dhammah dan yang tiga adalah penggantinya -ketika tidak ada dhammah- yaitu wawu, alif, dan tetapnya huruf nun. Jadi, kapan engkau dapati dalam sebuah kata ada satu tanda dari tanda-tanda ini, maka engkau tahu bahwa kata tersebut dirafa'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar