Cari Blog Ini

Al-Ishabah - 281. Anas bin An-Nadhar

٢٨١ – أَنَسُ بۡنُ النَّضَرِ بۡنِ ضَمۡضَمٍ الۡأَنۡصَارِيُّ الۡخَزۡرَجِيُّ

281. Anas bin An-Nadhar bin Dhamdham Al-Anshari Al-Khazraji

عَمُّ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ، خَادِمِ النَّبِيِّ ﷺ، تَقَدَّمَ تَمَامُ نَسَبِهِ فِي تَرۡجَمَةِ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ.
Paman Anas bin Malik pelayan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kelengkapan nasab beliau telah berlalu di biografi Anas bin Malik.
وَرَوَى الۡبُخَارِيُّ مِنۡ طَرِيقِ حُمَيۡدٍ عَنۡ أَنَسٍ أَنَّ عَمَّهُ أَنَسَ بۡنَ النَّضَرِ غَابَ عَنۡ قِتَالِ بَدۡرٍ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، غِبۡتُ عَنۡ أَوَّلِ قِتَالٍ قَاتَلۡتَ فِيهِ الۡمُشۡرِكِينَ وَاللهِ لَئِنۡ أَشۡهَدَنِيَ اللهُ قِتَالَ الۡمُشۡرِكِينَ لَيَرَيَنَّ اللهُ مَا أَصۡنَعُ، فَلَمَّا كَانَ يَوۡمُ أُحُدٍ انۡكَشَفَتِ الۡمُسۡلِمُونَ، فَقَالَ: اللّٰهُمَّ إِنِّي أَعۡتَذِرُ إِلَيۡكَ مِمَّا صَنَعَ هٰؤُلَاءِ، يَعۡنِي الۡمُسۡلِمِينَ، وَأَبۡرَأُ إِلَيۡكَ مِمَّا جَاءَ بِهِ هٰؤُلَاءِ، يَعۡنِي الۡمُشۡرِكِينَ، ثُمَّ تَقَدَّمَ فَاسۡتَقۡبَلَهُ سَعۡدُ بۡنُ مُعَاذٍ فَقَالَ: أَيۡ سَعۡدُ هٰذِهِ الۡجَنَّةُ وَرَبِّ أَنَسٍ، إِنِّي أَجِدُ رِيحَهَا دُونَ أُحُدٍ، قَالَ سَعۡدٌ: فَمَا اسۡتَطَعۡتُ مَا صَنَعَ، فَقُتِلَ يَوۡمَئِذٍ، فَذَكَرَ الۡحَدِيثَ[1].
Al-Bukhari meriwayatkan dari Humaid dari Anas bahwa paman beliau Anas bin An-Nadhar tidak mengikuti perang Badr. Maka beliau berkata: Wahai Rasulullah, aku telah tidak mengikuti perang pertama yang engkau perangi kaum musyrikin padanya. Demi Allah, sungguh apabila Allah menakdirkan aku mengikuti perang terhadap orang-orang musyrik, niscaya Allah akan melihat apa yang akan saya perbuat. Ketika hari Uhud kaum muslimin kocar-kacir, beliau berkata: Ya Allah, sesungguhnya aku meminta uzur dari apa yang kaum muslimin lakukan dan aku berlepas diri kepadaMu dari apa yang orang-orang musyrik perbuat. Lalu beliau maju dan disambut oleh Sa’d bin Mu’adz. Anas berkata: Wahai Sa’d, ini adalah surga. Demi Rabbnya Anas, sungguh aku mencium aroma surga di dekat Uhud. Sa’d berkata: Aku tidak mampu melakukan seperti apa yang beliau lakukan dan beliau pun terbunuh pada hari itu, kemudian beliau menyebutkan hadits.
وَهُوَ عِنۡدَ الۡبُخَارِيِّ مِنۡ طَرِيقِ ثُمَامَةَ عَنۡ أَنَسٍ أَيۡضًا.
Dan hadits ini juga diriwayatkan Al-Bukhari dari jalan Tsumamah dari Anas.
وَأَخۡرَجَهُ ابۡنُ مَنۡدَةَ مِنۡ طَرِيقِ حَمَّادِ بۡنِ سَلَمَةَ، عَنۡ ثَابِتٍ عَنۡ أَنَسٍ. وَلَهُ ذِكۡرٌ يَأۡتِي فِي تَرۡجَمَةِ أُخۡتِهِ الرُّبَيِّعِ بِنۡتِ النَّضَرِ، إِنۡ شَاءَ اللهُ تَعَالَى.
Juga dikeluarkan oleh Ibnu Mandah dari jalan Hammad bin Salamah, dari Tsabit, dari Anas. Dan beliau juga disebutkan di dalam biografi saudarinya, yaitu Ar-Rubayyi’ bintu An-Nadhar, insya Allah.

[1] أَخۡرَجَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي (٦٤) كِتَابِ: الۡمَغَازِي، (١٧) بَابِ: غَزۡوَةِ أُحُدٍ، (الۡحَدِيث: ٤٠٤٨). وَذُكِرَ فِي (الۡجَامِعِ الۡكَبِيرِ الۡمَخۡطُوطِ)، (الۡحَدِيث: ٢/٢٦٣).