Cari Blog Ini

At-Tuhfatul Wushabiyyah - Yang Menjazmkan Fi'il Mudhari' (2)

وَأَمَّا الۡقِسۡمُ الثَّانِي: وَهُوَ مَا يَجۡزِمُ فِعۡلَيۡنِ فَهُوَ عَلَى أَرۡبَعَةِ أَنۡوَاعٍ:
الۡأَوَّلُ: حَرۡفٌ بِاتِّفَاقٍ، وَهُوَ (إِنۡ). وَالثَّانِي: حَرۡفٌ عَلَى الۡأَصَحِّ وَهُوَ (إِذۡمَا). وَالثَّالِثُ: اسۡمٌ عَلَى الۡأَصَحِّ وَهُوَ (مَهۡمَا). وَالرَّابِعُ: اسۡمٌ بِاتِّفَاقٍ وَهُوَ الۡبَاقِي.
وَيُسَمَّى أَوَّلُ الۡفِعۡلَيۡنِ (فِعۡلَ الشَّرۡطِ) وَثَانِيهِمَا (جَوَابَ الشَّرۡطِ وَجَزَاءَهُ).
Adapun bagian kedua adalah yang menjazmkan dua fi'il, yaitu ada empat jenis: 
  1. Huruf menurut kesepakatan ahli nahwu, yaitu: إِنۡ 
  2. Huruf menurut pendapat yang sahih, yaitu: إِذۡمَا 
  3. Isim menurut pendapat yang sahih, yaitu: مَهۡمَا 
  4. Isim menurut kesepakatan ahli nahwu, yaitu sisanya. 
Fi'il pertama dinamai fi'il syarat dan fi'il kedua dinamai jawab syarth wa jaza`uh (jawab syarat dan balasannya).
فَأَوَّلُ هَٰذِهِ الۡأَدَوَاتِ (إِنۡ) بِكَسۡرِ الۡهَمۡزَةِ وَسُكُونِ النُّونِ -وَهِيَ أُمُّ الۡبَابِ- نَحۡوُ: (إِنۡ تَصۡبِرۡ تُؤۡجَرۡ) وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿وَإِن تُطِيعُوهُ تَهۡتَدُوا﴾ [النور: ٥٤] فَـ(إِنۡ) حَرۡفُ شَرۡطٍ جَازِمٍ يَجۡزِمُ فِعۡلَيۡنِ الۡأَوَّلُ فِعۡلُ الشَّرۡطِ وَالثَّانِي جَوَابُهُ وَجَزَاؤُهُ. وَكُلٌّ مِنۡ (تَصۡبِرۡ وَتُطِيعُوهُ) فِعۡلُ الشَّرۡطِ مَجۡزُومٌ بِـ(إِنۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ فِي (تَصۡبِرۡ) وَحَذۡفُ النُّونِ فِي (تُطِيعُوهُ) نِيَابَةً عَنِ السُّكُونِ؛ لِأَنَّهُ مِنَ الۡأَفۡعَالِ الۡخَمۡسَةِ. وَكُلٌّ مِنۡ (تُؤۡجَرۡ وَتَهۡتَدُوا) جَوَابُ الشَّرۡطِ وَجَزَاؤُهُ مَجۡزُومٌ بِـ(إِنۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ فِي (تُؤۡجَرۡ) وَحَذۡفُ النُّونِ فِي (تَهۡتَدُوا) نِيَابَةً عَنِ السُّكُونِ؛ لِأَنَّهُ مِنۡ الۡأَفۡعَالِ الۡخَمۡسَةِ.
Perangkat yang pertama adalah إِنۡ dengan mengkasrah hamzah dan mensukun nun. Dan ini adalah pokok pembahasan. Contoh: إِنۡ تَصۡبِرۡ تُؤۡجَرۡ (Jika engkau sabar, engkau akan diberi pahala) dan firman Allah ta'ala: وَإِنۡ تُطِيعُوهُ تَهۡتَدُوا (QS. An-Nur: 54). Di sini إِنۡ adalah huruf syarat jazim, yang menjazmkan dua fi'il. Fi'il pertama adalah fi'il syarat dan yang kedua adalah jawaban dan balasannya. Setiap dari تَصۡبِرۡ dan تُطِيعُوهُ adalah fi'il syarat yang dijazm dengan إِنۡ dan tanda jazmnya adalah sukun pada تَصۡبِرۡ dan menghilangkan nun pada تُطِيعُوهُ sebagai ganti dari sukun karena ia termasuk af'alul khamsah. Setiap dari تُؤۡجَرۡ dan تَهۡتَدُوا adalah jawab syarth wa jaza`uh yang dijazm dengan إِنۡ dan tanda jazmnya adalah sukun pada تُؤۡجَرۡ dan menghilangkan nun pada تَهۡتَدُوا sebagai ganti dari sukun karena ia termasuk af'alul khamsah.
الثَّانِي: (مَا) نَحۡوُ: (مَا تَقۡرَأۡ تَسۡتَفِدۡ مِنۡهُ) وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿وَمَا تَفۡعَلُوا مِنۡ خَيۡرٍ يَعۡلَمۡهُ اللهُ﴾ [البقرة: ١٩٧] فَـ(مَا) اسۡمُ شَرۡطٍ جَازِمٍ تَجۡزِمُ فِعۡلَيۡنِ، وَكُلٌّ مِنۡ (تَقۡرَأۡ وَتَفۡعَلُوا) فِعۡلُ الشَّرۡطِ مَجۡزُومٌ بِـ(مَا) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ فِي (تَقۡرَأۡ) وَحَذۡفُ النُّونِ فِي (تَفۡعَلُوا) وَكُلٌّ مِنۡ (تَسۡتَفِدۡ وَيَعۡلَمۡهُ) جَوَابُ الشَّرۡطِ وَجَزَاؤُهُ مَجۡزُومٌ بِـ(مَا) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ.
Kedua: مَا, contoh: مَا تَقۡرَأۡ تَسۡتَفِدۡ مِنۡهُ (Apa yang engkau baca, engkau akan mengambil faidah darinya) dan firman Allah ta'ala: وَمَا تَفۡعَلُوا مِنۡ خَيۡرٍ يَعۡلَمۡهُ اللهُ (QS. Al-Baqarah: 197). Jadi مَا adalah isim syarat jazim yang menjazmkan dua fi'il. Setiap dari تَقۡرَأۡ dan تَفۡعَلُوا adalah fi'il syarat yang dijazm dengan مَا dan tanda jazmnya adalah sukun pada تَقۡرَأۡ dan menghilangkan nun pada تَفۡعَلُوا. Setiap dari تَسۡتَفِدۡ dan يَعۡلَمۡهُ adalah jawab syarth wa jaza`uh yang dijazm dengan مَا dan tanda jazmnya adalah sukun.
الثَّالِثُ: (مَنۡ) -بِفَتۡحِ الۡمِيمِ- نَحۡوُ: (مَنۡ تَجۡتَهِدۡ يَنۡجَحۡ) وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿مَن يَعۡمَلۡ سُوٓءًا يُجۡزَ بِهِۦ﴾ [النساء: ١٢٣] فَــ(مَنۡ) اسۡمُ شَرۡطٍ جَازِمٍ تَجۡزِمُ فِعۡلَيۡنِ، وَكُلٌّ مِنۡ (يَجۡتَهِدۡ وَيَعۡمَلۡ) فِعۡلُ الشَّرۡطِ مَجۡزُومٌ بِـ(مَنۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ، وَكُلٌّ مِنۡ (يَنۡجَحۡ وَيُجۡزَ) جَوَابُ الشَّرۡطِ وَجَزَاؤُهُ مَجۡزُومٌ بِـ(مَنۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ فِي (يَنۡجَحۡ) وَحَذۡفُ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ وَهُوَ الۡأَلِفُ فِي (يُجۡزَ) نِيَابَةً عَنِ السُّكُونِ؛ لِأَنَّهُ مُعۡتَلُّ الۡآخِرِ.
Ketiga: مَنۡ dengan memfathah huruf mim, contoh: مَنۡ تَجۡتَهِدۡ يَنۡجَحۡ (Siapa yang bersungguh-sungguh, dia akan berhasil) dan firman Allah ta'ala: مَن يَعۡمَلۡ سُوٓءًا يُجۡزَ بِهِۦ (QS. An-Nisa`: 123). Jadi مَنۡ adalah isim syarat jazim yang menjazmkan dua fi'il. Setiap dari يَجۡتَهِدۡ dan يَعۡمَلۡ adalah fi'il syarat yang dijazm dengan مَنۡ dan tanda jazmnya adalah sukun. Setiap dari يَنۡجَحۡ dan يُجۡزَ adalah jawab syarth wa jaza`uh dengan مَنۡ dan tanda jazmnya adalah sukun pada يَنۡجَحۡ dan menghilangkan huruf 'illah yaitu alif pada يُجۡزَ sebagai ganti dari sukun karena ia adalah fi'il mu'tal akhir.
الرَّابِعُ: (مَهۡمَا) نَحۡوُ: (مَهۡمَا تُبۡطِنۡ يَظۡهَرۡ عَلَيۡكَ) فَـ(مَهۡمَا) اسۡمُ شَرۡطٍ جَازِمٍ تَجۡزِمُ فِعۡلَيۡنِ وَ(تُبۡطِنۡ) فِعۡلُ الشَّرۡطِ مَجۡزُومٌ بِـ(مَهۡمَا) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ. وَ(يَظۡهَرۡ) جَوَابُ الشَّرۡطِ وَجَزَاؤُهُ مَجۡزُومٌ بِـ(مَهۡمَا) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ.
Keempat: مَهۡمَا contoh: مَهۡمَا تُبۡطِنۡ يَظۡهَرۡ عَلَيۡكَ (Bagaimanapun engkau sembunyikan, akan tampak atasmu). Jadi, مَهۡمَا isim syarat jazim yang menjazmkan dua fi'il. تُبۡطِنۡ adalah fi'il syarat yang dijazm dengan مَهۡمَا dan tanda jazmnya adalah sukun. Dan يَظۡهَرۡ adalah jawab syarth wa jaza`uh yang dijazm dengan مَهۡمَا dan tanda jazmnya adalah sukun.
الۡخَامِسُ: (إِذۡمَا) نَحۡوُ: (إِذۡمَا تَجۡلِسۡ أَجۡلِسۡ) فَـ(إِذۡمَا) حَرۡفُ شَرۡطٍ جَازِمٍ تَجۡزِمُ فِعۡلَيۡنِ، وَ(تَجۡلِسۡ) فِعۡلُ الشَّرۡطِ مَجۡزُومٌ بِـ(إِذۡمَا) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ. وَ(أَجۡلِسۡ) جَوَابُ الشَّرۡطِ وَجَزَاؤُهُ مَجۡزُومٌ بِـ(إِذۡمَا) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ.
Kelima: إِذۡمَا contoh: إِذۡمَا تَجۡلِسۡ أَجۡلِسۡ (Jika engkau duduk, aku duduk). Jadi إِذۡمَا adalah huruf syarat jazim yang menjazmkan dua fi'il. تَجۡلِسۡ adalah fi'il syarat yang dijazm dengan إِذۡمَا dan tanda jazmnya adalah sukun. Dan أَجۡلِسۡ adalah jawab syarth wa jaza`uh yang dijazm dengan إِذۡمَا dan tanda jazmnya adalah sukun.
السَّادِسُ: (أَيٌّ) -بِتَشۡدِيدِ الۡيَاءِ- نَحۡوُ: (أَيَّ يَوۡمٍ تَصُمۡ أَصُمۡ مَعَكَ) وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿أَيًّا مَا تَدۡعُوا فَلَهُ الۡأَسۡمَآءُ الۡحُسۡنَىٰ﴾ [الإسراء: ١١٠] فَـ(أَيٌّ) فِي الۡمِثَالِ الۡأَوَّلِ: اسۡمُ شَرۡطٍ جَازِمٍ تَجۡزِمُ فِعۡلَيۡنِ. وَهُوَ مُضَافٌ وَ(يَوۡمٍ) مُضَافٌ إِلَيۡهِ. وَ(تَصُمۡ) فِعۡلُ الشَّرۡطِ مَجۡزُومٌ بِـ(أَيَّ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ. وَ(أَصُمۡ) جَوَابُ الشَّرۡطِ وَجَزَاؤُهُ مَجۡزُومٌ بِـ(أَيَّ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ. وَ(أَيًّا) فِي الۡآيَةِ الۡكَرِيمَةِ اسۡمُ شَرۡطٍ جَازِمٍ تَجۡزِمُ فِعۡلَيۡنِ. وَ(مَا) زَائِدَةٌ مِنۡ حَيۡثُ الۡإِعۡرَابِ. وَيُقَالُ لَهَا فِي الۡقُرۡآنِ: (صِلَةٌ وَتَوۡكِيدٌ) تَأَدُّبًا وَ(تَدۡعُوا) فِعۡلُ الشَّرۡطِ مَجۡزُومٌ بِـ(أَيًّا) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ النُّونِ نِيَابَةً عَنِ السُّكُونِ؛ لِأَنَّهُ مِنَ الۡأَفۡعَالِ الۡخَمۡسَةِ. وَجُمۡلَةُ (فَلَهُ الۡأَسۡمَاءُ الۡحُسۡنَى) فِي مَحَلِّ جَزۡمٍ جَوَابُ الشَّرۡطِ وَجَزَاؤُهُ.
Keenam: أَيٌّ dengan mentasydid huruf ya`, contoh: أَيَّ يَوۡمٍ تَصُمۡ أَصُمۡ مَعَكَ (Hari yang mana saja engkau puasa, aku akan berpuasa menyertaimu) dan firman Allah ta'ala: أَيًّا مَا تَدۡعُوا فَلَهُ الۡأَسۡمَآءُ الۡحُسۡنَىٰ (QS. Al-Isra`: 110). Di sini أَيٌّ dalam contoh pertama: isim syarat jazim yang menjazmkan dua fi'il dan ia diidhafahkan dan يَوۡمٍ adalah mudhaf ilaih. Dan تَصُمۡ adalah fi'il syarat yang dijazm dengan أَيَّ dan tanda jazmnya adalah sukun. أَصُمۡ adalah jawab syarth wa jaza`uh yang dijazm dengan أَيَّ dan tanda jazmnya adalah sukun. Dan أَيًّا di ayat yang mulia adalah isim syarat jazim yang menjazmkan dua fi'il. مَا adalah tambahan dan disebut pula dalam Al-Qur`an sebagai shilah dan taukid dalam rangka adab. Dan تَدۡعُوا adalah fi'il syarat yang dijazm dengan أَيًّا dan tanda jazmnya adalah menghilangkan nun sebagai ganti dari sukun karena ia termasuk af'alul khamsah. Dan kalimat فَلَهُ الۡأَسۡمَاءُ الۡحُسۡنَى pada kedudukan jazm adalah jawab syarth wa jaza`uh.
تَنۡبِيهٌ: عُلِمَ مِمَّا تَقَدَّمَ أَنَّ (أَيَّا) الشَّرۡطِيَّةَ تَارَةً تُسۡتَعۡمَلُ مُضَافَةً كَمَا فِي الۡمِثَالِ الۡمُتَقَدِّمِ -وَهَٰذَا هُوَ الۡأَكۡثَرُ- وَتَارَةً غَيۡرَ مُضَافَةٍ كَمَا فِي الۡآيَةِ. وَعُلِمَ أَيۡضًا أَنَّ أَدَاةَ الشَّرۡطِ تَارَةً تَجۡزِمُ فِعۡلَيۡنِ كَمَا فِي هَٰذَا الۡمِثَالِ وَغَيۡرِهِ مِنَ الۡأَمۡثِلَةِ الۡمُتَقَدِّمَةِ -وَهَٰذَا هُوَ الۡأَكۡثَرُ- وَتَارَةً تَجۡزِمُ فِعۡلًا وَاحِدًا وَجُمۡلَةً مَقۡرُونَةً بِالۡفَاءِ، كَمَا فِي الۡآيَةِ الۡكَرِيمَةِ وَنَحۡوِهَا.
Perhatian: Diketahui pada pembahasan yang telah lewat bahwa أَيَّا syarthiyyah sesekali digunakan sebagai mudhaf seperti pada contoh pertama dan ini lebih sering dan sesekali tidak diidhafahkan sebagaimana dalam ayat. Dan diketahui pula bahwa perangkat bahasa syarat sesekali menjazmkan dua fi'il sebagaimana pada contoh ini dan lainnya pada contoh-contoh terdahulu dan ini lebih sering. Dan sesekali menjazmkan satu fi'il dan kalimat yang disertai huruf fa` sebagaimana di ayat yang mulia ini dan semisalnya.
السَّابِعُ: (مَتَى) نَحۡوُ: (مَتَى تُسَافِرۡ أُسَافِرۡ) فَـ(مَتَى) اسۡمُ شَرۡطٍ جَازِمٍ تَجۡزِمُ فِعۡلَيۡنِ وَ(تُسَافِرۡ) فِعۡلُ الشَّرۡطِ مَجۡزُومٌ بِـ(مَتَى) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ. وَ(أُسَافِرۡ) جَوَابُ الشَّرۡطِ وَجَزَاؤُهُ مَجۡزُومٌ بِـ(مَتَى) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ.
Ketujuh: مَتَى contoh: مَتَى تُسَافِرۡ أُسَافِرۡ (Kapan engkau bersafar, aku bersafar). Di sini مَتَى isim syarat jazim yang menjazmkan dua fi'il dan تُسَافِرۡ adalah fi'il syarat yang dijazm dengan مَتَى dan tanda jazmnya adalah sukun. Dan أُسَافِرۡ jawab syarth wa jaza`uh yang dijazm dengan مَتَى dan tanda jazmnya adalah sukun.
الثَّامِنُ: (أَيَّانَ) -بِفَتۡحِ الۡهَمۡزَةِ وَتَشۡدِيدِ الۡيَاءِ- نَحۡوُ: (أَيَّانَ تَأۡتِنِي أُكۡرِمۡكَ) فَـ(أَيَّانَ) اسۡمُ شَرۡطٍ جَازِمٍ تَجۡزِمُ فِعۡلَيۡنِ. وَ(تَأۡتِ) فِعۡلُ الشَّرۡطِ مَجۡزُومٌ بِـ(أَيَّانَ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ وَهُوَ الۡيَاءُ، نِيَابَةً عَنِ السُّكُونِ؛ لِأَنَّهُ مُعۡتَلُّ الۡآخِرِ. وَ(أُكۡرِمۡ) جَوَابُ الشَّرۡطِ وَجَزَاؤُهُ مَجۡزُومٌ بِـ(أَيَّانَ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ.
Kedelapan: أَيَّانَ dengan memfathah huruf hamzah dan mentasydid ya`, contoh: أَيَّانَ تَأۡتِنِي أُكۡرِمۡكَ (Kapan pun engkau datang kepadaku, aku akan memuliakanmu). Di sini أَيَّانَ adalah isim syarat jazim yang menjazmkan dua fi'il. تَأۡتِ adalah fi'il syarat yang dijazm dengan أَيَّانَ dan tanda jazmnya adalah dibuangnya huruf 'illah yaitu ya`, sebagai ganti dari sukun karena ia adalah fi'il mu'tal akhir. Dan أُكۡرِمۡ adalah jawab syarth wa jaza`uh yang dijazm dengan أَيَّانَ dan tanda jazmnya adalah sukun.
التَّاسِعُ: (أَيۡنَ) نَحۡوُ: (أَيۡنَ تَسۡكُنۡ أَسۡكُنۡ) وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿أَيۡنَمَا تَكُونُوا يُدۡرِككُّمُ الۡمَوۡتُ﴾ [النساء: ٧٨] فَـ(أَيۡنَ) اسۡمُ شَرۡطٍ جَازِمٍ تَجۡزِمُ فِعۡلَيۡنِ. وَ(مَا) صِلَةٌ وَتَوۡكِيدٌ وَكُلٌّ مِنۡ (تَسۡكُنۡ وَتَكُونُوا) فِعۡلُ الشَّرۡطِ مَجۡزُومٌ بِـ(أَيۡنَ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ فِي (تَسۡكُنۡ) وَحَذۡفُ النُّونِ فِي (تَكُونُوا) نِيَابَةً عَنِ السُّكُونِ؛ لِأَنَّهُ مِنَ الۡأَفۡعَالِ الۡخَمۡسَةِ. وَكُلٌّ مِنۡ (أَسۡكُنۡ وَيُدۡرِكۡ) جَوَابُ الشَّرۡطِ وَجَزَاؤُهُ مَجۡزُومٌ بِـ(أَيۡنَ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ.
Kesembilan: أَيۡنَ, contoh: أَيۡنَ تَسۡكُنۡ أَسۡكُنۡ (Di mana pun engkau tinggal, aku akan tinggal) dan firman Allah ta'ala: أَيۡنَمَا تَكُونُوا يُدۡرِككُّمُ الۡمَوۡتُ (QS. An-Nisa`: 78). Di sini أَيۡنَ adalah isim syarat jazim yang menjazmkan dua fi'il. مَا adalah shilah dan taukid. Setiap dari تَسۡكُنۡ dan تَكُونُوا adalah fi'il syarat yang dijazm dengan أَيۡنَ dan tanda jazmnya adalah sukun pada تَسۡكُنۡ dan dibuangnya huruf nun pada تَكُونُوا sebagai ganti dari sukun karena ia termasuk af'alul khamsah. Dan setiap dari أَسۡكُنۡ dan يُدۡرِكۡ adalah jawab syarth wa jaza`uh yang dijazm dengan أَيۡنَ dan tanda jazmnya adalah sukun.
الۡعَاشِرُ: (أَنَّى) -بِفَتۡحِ الۡهَمۡزَةِ وَتَشۡدِيدِ النُّونِ- نَحۡوُ: (أَنَّى تَذۡهَبۡ تُكۡرَمۡ) فَـ(أَنَّى) اسۡمُ شَرۡطٍ جَازِمٍ تَجۡزِمُ فِعۡلَيۡنِ. وَ(تَذۡهَبۡ) فِعۡلُ الشَّرۡطِ مَجۡزُومٌ بِـ(أَنَّى) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ. وَ(تُكۡرَمۡ) جَوَابُ الشَّرۡطِ وَجَزَاؤُهُ مَجۡزُومٌ بِـ(أَنَّى) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ.
Kesepuluh: أَنَّى dengan memfathah huruf hamzah dan mentasydid nun, contoh: أَنَّى تَذۡهَبۡ تُكۡرَمۡ (Ke mana pun engkau pergi, engkau dimuliakan). Di sini أَنَّى adalah isim syarat jazim yang menjazmkan dua fi'il. تَذۡهَبۡ adalah fi'il syarat yang dijazm dengan أَنَّى dan tanda jazmnya adalah sukun. Dan تُكۡرَمۡ adalah jawab syarth wa jaza`uh yang dijazm dengan أَنَّى dan tanda jazmnya adalah sukun.
الۡحَادِيَ عَشَرَ: (حَيۡثُمَا) نَحۡوُ: (حَيۡثُمَا يَنۡزِلِ الۡعَالِمُ يَنۡفَعۡ) فَـ(حَيۡثُمَا) اسۡمُ شَرۡطٍ جَازِمٍ تَجۡزِمُ فِعۡلَيۡنِ. وَ(يَنۡزِلۡ) فِعۡلُ الشَّرۡطِ مَجۡزُومٌ بِـ(حَيۡثُمَا) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ وَحُرِكَ بِالۡكَسۡرِ؛ لِالۡتِقَاءِ السَّاكِنَيۡنِ. وَ(يَنۡفَعۡ) جَوَابُ الشَّرۡطِ وَجَزَاؤُهُ مَجۡزُومٌ بِـ(حَيۡثُمَا) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ.
Kesebelas: حَيۡثُمَا, contoh: حَيۡثُمَا يَنۡزِلِ الۡعَالِمُ يَنۡفَعۡ (Ke mana saja seorang alim itu singgah, ia akan bermanfaat). Di sini حَيۡثُمَا adalah isim syarat jazim yang menjazmkan dua fi'il. يَنۡزِلۡ adalah fi'il syarat yang dijazm dengan حَيۡثُمَا dan tanda jazmnya adalah sukun. Diharakati kasrah karena pertemuan dua sukun. Dan يَنۡفَعۡ adalah jawab syarth wa jaza`uh yang dijazm dengan حَيۡثُمَا dan tanda jazmnya adalah sukun.
الثَّانِيَ عَشَرَ: (كَيۡفَمَا) نَحۡوُ: (كَيۡفَمَا تَجۡلِسۡ أَجۡلِسۡ) فَـ(كَيۡفَمَا) اسۡمُ شَرۡطٍ جَازِمٍ تَجۡزِمُ فِعۡلَيۡنِ. وَ(تَجۡلِسۡ) فِعۡلُ الشَّرۡطِ مَجۡزُومٌ بِـ(كَيۡفَمَا) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ. وَ(أَجۡلِسۡ) جَوَابُ الشَّرۡطِ وَجَزَاؤُهُ مَجۡزُومٌ بِـ(كَيۡفَمَا) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ.
تَنۡبِيهٌ: الۡجَزۡمُ بِـ(كَيۡفَمَا) مَذۡهَبُ الۡكُوفِيِّينَ. وَمَنَعَهُ الۡبَصۡرِيُّونَ وَهُوَ الصَّحِيحُ؛ لِأَنَّهُ لَمۡ يُوجَدۡ لَهَا شَاهِدٌ مِنۡ كَلَامِ الۡعَرَبِ بَعۡدَ الۡفَحۡصِ الشَّدِيدِ، وَإِنَّمَا ذَكَرُوا لَهَا هَٰذَا الۡمِثَالَ بِطَرِيقِ الۡقِيَاسِ عَلَى غَيۡرِهَا مِنۡ أَدَوَاتِ الشَّرۡطِ.
Kedua belas: كَيۡفَمَا, contoh: كَيۡفَمَا تَجۡلِسۡ أَجۡلِسۡ (Bagaimana pun engkau duduk, aku duduk). Di sini كَيۡفَمَا adalah isim syarat jazim yang menjazmkan dua fi'il. تَجۡلِسۡ adalah fi'il syarat yang dijazm dengan كَيۡفَمَا dan tanda jazmnya adalah sukun. Dan أَجۡلِسۡ adalah jawab syarth wa jaza`uh yang dijazm dengan كَيۡفَمَا dan tanda jazmnya adalah sukun.
Peringatan: Jazm dengan كَيۡفَمَا adalah madzhab ulama nahwu Kufah. Adapun ulama Bashrah tidak memasukkannya karena tidak didapati satu pendukung pun dari ucapan orang 'Arab setelah penelitian yang cermat. Mereka hanyalah menyebutkan contoh ini dengan metode mengkiaskan kepada perangkat-perangkat syarat lainnya.
فَائِدَةٌ: إِذَا كَانَ الشَّرۡطُ وَالۡجَوَابُ فِعۡلًا مَبۡنِيًّا مَاضِيًا كَانَ أَوۡ مُضَارِعًا، كَانَ الۡجَزۡمُ لِمَحَلِّهِ.
Faidah: Jika syarat dan jawabnya berupa fi'il mabni baik madhi atau mudhari', maka jazmnya pada kedudukannya.
فَالۡأَوَّلُ نَحۡوُ: (إِنۡ نَجَحَ زَيۡدٌ فَرِحَ أَبُوهُ) فَـ(إِنۡ) حَرۡفُ شَرۡطٍ جَازِمٌ وَ(نَجَحَ) فِعۡلٌ مَاضٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ، فِي مَحَلِّ جَزۡمٍ فِعۡلُ الشَّرۡطِ، وَ(زَيۡدٌ) فَاعِلٌ، وَ(فَرِحَ) فِعۡلٌ مَاضٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ فِي مَحَلِّ جَزۡمٍ جَوَابُ الشَّرۡطِ وَجَزَاؤُهُ، وَ(أَبُو) فَاعِلٌ مَرۡفُوعٌ، وَعَلَامَةُ رَفۡعِهِ (الۡوَاوُ) وَهُوَ مُضَافٌ، وَ(الۡهَاءُ) مُضَافٌ إِلَيۡهِ.
Kasus pertama contohnya: إِنۡ نَجَحَ زَيۡدٌ فَرِحَ أَبُوهُ. Di sini إِنۡ adalah huruf syarat jazim. نَجَحَ fi'il madhi mabni atas tanda fathah pada kedudukan jazm sebagai fi'il syarat. زَيۡدٌ adalah fa'il. فَرِحَ adalah fi'il madhi mabni atas tanda fathah pada kedudukan jazm sebagai jawab syarth wa jaza`uh. أَبُو adalah fa'il yang dirafa' dan tanda rafa'nya adalah huruf wawu sekaligus ia mudhaf. Dan dhamir ha` adalah mudhaf ilaih.
وَالثَّانِي نَحۡوُ: (إِنۡ تَجۡتَهِدَنَّ تَنۡجَحۡ) فَـ(إِنۡ) حَرۡفُ شَرۡطٍ جَازِمٍ، وَ(تَجۡتَهِدَ) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ؛ لِاتِّصَالِهِ بِنُونِ التَّوۡكِيدِ الثَّقِيلَةِ، فِي مَحَلِّ جَزۡمٍ فِعۡلُ الشَّرۡطِ، وَ(النُّونُ) نُونُ التَّوۡكِيدِ، حَرۡفٌ، لَا مَحَلَّ لَهُ مِنَ الۡإِعۡرَابِ، وَالۡفَاعِلُ ضَمِيرٌ مُسۡتَتِرٌ تَقۡدِيرُهُ: (أَنۡتَ) وَ(تَنۡجَحۡ) جَوَابُ الشَّرۡطِ وَجَزَاؤُهُ، وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ، وَفَاعِلُهُ ضَمِيرٌ مُسۡتَتِرٌ فِيهِ تَقۡدِيرُهُ: (أَنۡتَ).
Kasus kedua contohnya: إِنۡ تَجۡتَهِدَنَّ تَنۡجَحۡ. Di sini إِنۡ adalah huruf syarat jazim. تَجۡتَهِدَ adalah fi'il mudhari' mabni atas tanda fathah karena tersambung dengan nun taukid tsaqilah pada kedudukan jazm sebagai fi'il syarat. Huruf nun adalah nun taukid, huruf, tidak memiliki kedudukan dalam i'rab. Fa'ilnya dhamir mustatir taqdirnya أَنۡتَ. Dan تَنۡجَحۡ adalah jawab syarth wa jaza`uh dan tanda jazmnya adalah sukun. Fa'ilnya adalah dhamir mustatir, taqdirnya أَنۡتَ.
وَقَوۡلُ الۡمُصَنِّفِ: (وَإِذَا فِي الشِّعۡرِ خَاصَّةً)، أَيۡ: زِيَادَةً عَلَى الثَّمَانِيَةِ عَشَرَ، وَهِيَ لَا تَجۡزِمُ إِلَّا فِي الشَّعۡرِ دُونَ النَّثۡرِ، كَقَوۡلِ الشَّاعِرِ:
اسۡتَغۡنِ مَا أَغۡنَاكَ رَبُّكَ بِالۡغِنَى وَإِذَا تُصِبۡكَ خَصَاصَةٌ فَتَجَمَّلِ
فَـ(إِذَا) اسۡمُ شَرۡطٍ جَازِمٍ تَجۡزِمُ فِعۡلَيۡنِ. وَ(تُصِبۡ) فِعۡلُ الشَّرۡطِ مَجۡزُومٌ بِـ(إِذَا) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ. وَجُمۡلَةُ (فَتَجَمَّلِ) فِي مَحَلِّ جَزۡمٍ جَوَابُ الشَّرۡطِ وَجَزَاؤُهُ.
Ucapan penyusun: “Dan إِذَا khusus dalam syair” adalah sebagai tambahan atas delapan belas dan ia menjazmkan hanya di syair tidak dalam ucapan biasa. Seperti ucapan seorang penyair:
اسۡتَغۡنِ مَا أَغۡنَاكَ رَبُّكَ بِالۡغِنَى وَإِذَا تُصِبۡكَ خَصَاصَةٌ فَتَجَمَّلِ
Merasa cukuplah -selama Allah mencukupi engkau- dengan rasa cukup dan apabila engkau tertimpa kemelaratan, maka bersabarlah.
Di sini إِذَا adalah isim syarat jazim yang menjazmkan dua fi'il. تُصِبۡ adalah fi'il syarat yang dijazm dengan إِذَا dan tanda jazmnya adalah sukun. Dan kalimat فَتَجَمَّلِ pada kedudukan jazm sebagai jawab syarth wa jaza`uh.

Lihat pula: