Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 2518

٢٥١٨ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو مُوسَى الۡأَنۡصَارِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ إِدۡرِيسَ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ بُرَيۡدِ بۡنِ أَبِي مَرۡيَمَ، عَنۡ أَبِي الۡحَوۡرَاءِ السَّعۡدِيِّ، قَالَ: قُلۡتُ لِلۡحَسَنِ بۡنِ عَلِيٍّ: مَا حَفِظۡتَ مِنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ؟ قَالَ: حَفِظۡتُ مِنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ: (دَعۡ مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لَا يَرِيبُكَ، فَإِنَّ الصِّدۡقَ طُمَأۡنِينَةٌ، وَإِنَّ الۡكَذِبَ رِيبَةٌ) وَفِي الۡحَدِيثِ قِصَّةٌ. وَأَبُو الۡحَوۡرَاءِ السَّعۡدِيُّ اسۡمُهُ: رَبِيعَةُ بۡنُ شَيۡبَانَ. وَهَٰذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ. [(الإرواء) (١٢ و ٢٠٧٤)، (الظلال) (١٧٩)، (الروض النضير) (١٥٢)].
2518. Abu Musa Al-Anshari telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: 'Abdullah bin Idris menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Syu'bah menceritakan kepada kami, dari Buraid bin Abu Maryam, dari Abul Haura` As-Sa'di, beliau mengatakan: Aku bertanya kepada Al-Hasan bin 'Ali: Apa yang engkau hafal dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam? Beliau menjawab: Aku menghafal dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, “Tinggalkan apa saja yang meragukanmu kepada apa saja yang tidak meragukanmu. Sesungguhnya kejujuran itu adalah ketenangan dan kedustaan adalah kebimbangan.” Dalam hadits ini ada sebuah kisah. Abul Haura` As-Sa'di namanya adalah Rabi'ah bin Syaiban. Ini adalah hadits yang sahih.
٢٥١٨ (م) – حَدَّثَنَا بُنۡدَارٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ بُرَيۡدٍ، فَذَكَرَ نَحۡوَهُ.
Bundar telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Muhammad bin Ja'far menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Syu'bah menceritakan kepada kami, dari Buraid, beliau menyebutkan semisal hadits tersebut.