Cari Blog Ini

Wahai Abu Bakar, Kami Sudah Penuhi Janji itu

Profil ulama kita kali ini mengetengahkan biografi seorang penghulu ilmu hadis dan fikih di masanya. Beliau adalah Muhammad bin Al-Husain bin Abdillah Abu Bakar Al-Ajurri Al-Baghdadi Al-Makki rahimahullah. Beliau adalah Syaikhnya Al-Haram Al-Makki, Imam, suri teladan yang baik, seorang yang zuhud, imam di masanya dalam hadis dan ilmu fikih. Sangat banyak predikat dan gelar kehormatan yang disandangkan kepada beliau. Semua itu mencerminkan keistimewaan yang telah Allah Ta’ala anugerahkan kepada beliau. Al-Ajurri dilahirkan pada tahun 280 H di kota Baghdad, tepatnya berasal dari sebuah tempat di kota itu yang bernama Darbal Ajur.

PERTUMBUHAN ILMIAH AL-HAFIZH AL-AJURRI RAHIMAHULLAH


Pada awalnya, beliau tumbuh di Baghdad dan menimba ilmu dari para ulama di kota tersebut. Namun semangat beliau yang tinggi untuk menuntut ilmu agama mendorongnya untuk berpindah ke Mekah pada tahun 299 H. Waktu itu usia beliau masih sembilan belas tahun. Namun, beliau telah mendengar hadis di Masjidil Haram dari Al-Mufadhdhal bin Muhammad Al-Jundi dan yang lainnya. Selanjutnya beliau mengajarkan hadis di Baghdad dalam berbagai forum dan kesempatan. Namun akhirnya kembali berpindah ke Mekah pada tahun 330 H dan memutuskan untuk tinggal di sana.

Di kota kelahiran Nabi ini, beliau bertemu dengan sekelompok ulama besar di masanya. Beliau tinggal di kota suci itu selama 30 tahun. Al-Ajurri sendiri berkisah bahwa faktor pendorong kepindahannya ke Mekah adalah karena tersebarnya berbagai bid’ah di Baghdad. Beliau menuturkan bahwa bid’ah telah merajalela di Baghdad, bahkan bid’ah pun dilakukan dalam bacaan Al-Quran dan azan.

GURU-GURU BELIAU


Beliau pernah menimba ilmu dari sekian banyak ulama besar dan ternama. Bahkan guru beliau mencapai seratus orang atau lebih. Di antara guru beliau adalah sebagai berikut:
Ibrahim bin Abdillah bin Muslim Al-Bashri Al-Kajji. Beliau adalah seorang imam dan guru besar di masanya.
  1. Abul Abbas Ahmad bin Sahl bin Al-Faizuran. Beliau adalah Syaikhul Qurra (guru besar pembaca Al-Qur’an) di Baghdad.
  2. Abu Abdillah Ahmad bin Al-Hasan Al-Baghdadi. Seorang pakar hadis dari Baghdad.
  3. Abu Bakr Ja’far bin Muhammad Al-Firyani.
  4. Abul Abbas Ahmad bin Zanjuwaih Al-Qathan. Seorang ahli hadis yang mutqin (kokoh hafalannya) lagi tsiqah (terpercaya keagamaannya).
  5. Abu Bakr As-Sijistani, dan masih banyak yang lainnya.

MURID-MURID BELIAU


Sebagai ulama besar, Al-Ajurri rahimahullah memiliki murid-murid yang sangat banyak. Para ulama sering mengunjungi beliau terutama ketika tinggal di kota Mekah. Disebutkan dalam sebuah referensi bahwa jumlah murid beliau mencapai sembilan puluh tiga orang atau lebih. Di antaranya adalah sebagai berikut:
  1. Ibrahim bin Ismail Abu Ja’far Al-Alawi Al-Makki Qadhi Haramain (hakim Mekah dan Madinah).
  2. Ahmad bin Abdilah Abu Nuaim Al-Ashfahani penulis kitab Hilyatul Auliya.
  3. Ahmad bin Muhammad Abu Bakr Al-Bazzar. Beliau meriwayatkan kitab Asy-Syari’ah dari Al-Ajurri.
  4. Hamzah bin Musa Abu Muhammad Al-Isybili.
  5. Abdul Hamid bin Muhammad Abu Bakr Az-Zuhairi. Beliau termasuk keturunan Sa’d bin Abi Waqqash radhiyallahu ‘anhu.
  6. Abdurrahman bin Umar Abu Muhammad At-Tuwaijibi Al-Mishri. Beliau adalah seorang imam, ahli fikih dan pakar hadis yang terkenal dengan sebutan Ibnu Nuhas.
  7. Muhammad bin Ali bin Athiyah Abu Thalib Al-Haritsi penulis kitab ‘Qutul Qulub’.

MAZHAB FIKIH AL-AJURRI.


Beliau tidak mengilzamkan diri (mengharuskan) untuk memeluk salah satu mazhab tertentu. Namun beliau adalah seorang ahli fikih dan ijtihad, sebagaimana ahli hadis yang lainnya. Para ulama pun berbeda pendapat tentang mazhab fikih yang beliau ikuti. Namun, secara global beliau selalu berusaha mengikuti pendapat yang sesuai dengan Al-Quran dan As-Sunnah. Beliau jauh dari sikap fanatik dan taklid buta (mengikuti tanpa dalil) terhadap suatu mazhab.

AKIDAH AL-AJURRI.


Imam Al-Ajurri rahimahullah adalah seorang ulama yang berakidah ahlus sunnah wal jama’ah. Berbagai karya beliau menjadi bukti yang mendukung hal tersebut. Terutama kitabnya yang berjudul Asy-Syariah. Hal ini juga dipersaksikan oleh para ulama, di antaranya adalah Adz-Dzahabi dan yang lainnya.

KARYA TULIS AL-AJURRI.


Beliau termasuk ulama yang sangat aktif membuat karya tulis dalam berbagai cabang ilmu. Sebagaimana hal tersebut ditegaskan oleh Ibnu Katsir dalam kitabnya Al-Bidayah wan Nihayah. Di antara karya tulis beliau adalah sebagai berikut:
  1. Akhlaqu Hamalatil Qur’an.
  2. Akhlaqul Ulama.
  3. Al-Amru biluzumil jama’ah wa tarkil ibtida’.
  4. Tahrimu ityanin nisa fi adbarihinna.
  5. Tahrimun Nard wa Syathranji wal Malahi.
  6. At-Tashdiq bin Nadzar ilallahi Ta’ala fil Akhirah.
  7. Asy-Syariah.
  8. Al-Ghuraba.
Dan masih banyak karya tulis beliau lainnya yang sudah tercetak, berupa manuskrip, atau yang tidak diketahui keberadaannya.

PUJIAN PARA ULAMA TERHADAP AL-AJURRI.


Al-Khatib Al-Baghdadi mengatakan, “Al-Ajurri adalah seorang yang tsiqah (terpercaya), jujur, dan taat beragama.” Al-Ajurri adalah seorang imam, penasihat, wara’, saleh, dan ucapannya adalah pelita.” Al-Hafizh Muhammad bin Ahmad bin Abdul Hadi menyatakan, “Al-Ajurri adalah seorang imam, suri teladan yang baik, berilmu, mengamalkan ilmunya, dan komitmen terhadap sunnah.” Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah berkata, “Abu Bakr Al-Ajurri adalah seorang imam di zamannya dalam hadis dan ilmu fikih.” Dan masih banyak sanjungan para ulama kepada beliau. Apakah yang sezaman dengan beliau atau ulama setelahnya.

WAFATNYA AL-AJURRI.


Dikisahkan oleh Abu Suhail Mahmud bin Umar Al-Akbari bahwa Al-Ajurri rahimahullah sangat senang setibanya di kota Mekah. Kemudian beliau berdoa, “Ya Allah, berilah kehidupan kepadaku di negeri ini meskipun hanya setahun.” Tiba-tiba beliau mendengar sebuah bisikan yang mengatakan, “Wahai Abu Bakar, kenapa hanya setahun? Tiga puluh tahun!” Tatkala memasuki tahun ketiga puluh keberadaannya di kota Mekah, beliau pun mendengar bisikan lagi yang mengatakan, “Wahai Abu Bakar, kami sudah menunaikan janji itu.” Sungguh beliau pun meninggal pada tahun itu juga, pada hari Jum’at bulan Muharram tahun 360 H di Mekah. Allahu a’lam.

Sumber: Majalah Qudwah edisi 28 vol. 03 1436 H/ 2015 M, rubrik Biografi. Pemateri: Ustadz Abu Hafiy Abdullah.