Cari Blog Ini

Ibnu Katsir

NASAB DAN KELAHIRAN


Ulama kita kali ini adalah Abul Fida' Imadudin Ismail bin Syaikh Abi Hafsh Syihabudin Umar Ibnu Katsir Ibnu Dhau' bin Katsir bin Zar' Al-Qurasyi Al-Bashri Ad-Dimasyqi. Beliau lebih dikenal dengan nama Ibnu Katsir rahimahullah. Beliau dilahirkan pada tahun 701 H di sebuah desa bernama Majdal yang merupakan bagian wilayah Bushra di Damaskus Suriah.

Dahulu ayah beliau adalah seorang khatib. Sang Ayah meninggal ketika Ibnu Katsir masih berusia empat tahun. Akhirnya beliau diasuh oleh saudaranya yang bernama Syaikh Abdul Wahab. Sehingga ia tercatat sebagai guru pertama Ibnu Katsir dalam mendalami ilmu agama.

Kemudian Ibnu Katsir pindah ke Damaskus pada tahun 706 H ketika usia beliau masih 5 tahun. Beliau menimba ilmu kepada Syaikh Burhanudin Ibrahim bin Abdurrahman Al-Fazari yang terkenal dengan nama Ibnul Firkah. Ia adalah seorang ulama yang bermadzhab Syafi'i. Masih di tempat yang sama, beliau juga berguru kepada Isa bin Al-Muth'im, Muhammad bin Zarad, Ahmad bin Abi Thalib Al-Mu'ammar, Ibnu Asakir, Ibnu Asy-Syirazi, Ishaq bin Al-Amidi yang merupakan ulama Dzahiriyah.

Selain itu, Ibnu Katsir juga fokus belajar kepada Al-Mizzi penulis kitab Tahdzibul Kamal. Beliau mampu mengambil banyak faidah darinya dan bahkan menikahi putrinya. Guru Ibnu Katsir yang tidak kalah tenar adalah Ibnu Taimiyah yang juga banyak memberikan faidah dan manfaat kepada beliau. Demikian halnya Adz-Dzahabi penulis kitab Siyarul A'lam An-Nubala. Selain itu, masih banyak guru-guru beliau yang tidak bisa disebutkan semua dalam tulisan ringkas ini.

PUJIAN ULAMA TERHADAP BELIAU


Adz-Dzahabi memberikan sederet gelar kepada beliau dalam kitab Al-Mu'jam Al-Mukhtash, “Al-Imam, Al-Mufti, Ahli Hadis yang sangat mumpuni, pakar fiqh, ahli tafsir, dan pemilik berbagai karya yang bermanfaat.” Al-Hafidz Ibnu Hajar mengatakan dalam Ad-Durar Al-Kaminah, “Ibnu Katsir telah menghasilkan berbagai karya tulis sepanjang hidupnya. Sehingga kaum muslimin bisa tetap mengambil manfaat sepeninggalnya.” As-Suyuthi menyatakan, “Beliau adalah sandaran dalam ilmu hadis untuk mengetahui mana hadis yang shahih atau yang lemah.”

Jamaludin Ibnu Tagri mengatakan, “Beliau sangat cemerlang dalam ilmu fiqh, tafsir, dan hadis. Beliau menulis, mengajar, dan meriwayatkan hadis. Di samping itu, beliau juga memiliki penelitian yang sangat luas dalam ilmu hadis, tafsir, fiqh, bahasa Arab, dan cabang ilmu yang lainnya. Adapun di antara murid beliau yang terkenal adalah Ibnu Hijji yang mengatakan tentang gurunya, “Di antara ulama yang pernah kami jumpai, beliau adalah orang yang hafal matan-matan hadis. Orang yang paling mengetahui tentang cacat hadis, perawinya, hadis yang shahih, dan hadis yang lemah. Bahkan para ulama yang selevel beliau, termasuk guru-guru beliau telah mengakui hal ini. Tidaklah aku bermajlis bersama beliau melainkan aku pasti mendapat faidah darinya.”

KARYA TULIS BELIAU


Ibnu Katsir begitu handal dalam menghasilkan karya-karya tulis yang sangat berfaidah. Berikut ini beberapa karya tulis beliau yang sangat terkenal:
  1. Tafsir Al-Qur`ani Al-Adzim. Inilah salah satu karya monumental beliau yang sangat bermanfaat bagi kaum muslimin hingga saat ini. Kitab ini merupakan salah satu kitab tafsir terbaik dalam sejarah Islam. Beliau memiliki metode spesial dalam menulis kitab ini yang disebut tafsir dengan riwayat. Beliau menafsir Al-Qur'an dengan Al-Qur'an dan inilah tafsir yang paling benar. Kemudian jika tidak ada, maka menafsirkan dengan hadis-hadis Nabi lengkap dengan sanadnya. Bahkan beliau juga memberikan komentar tentang status riwayatnya. Beliau juga sering menyebutkan atsar-atsar para sahabat atau tabi'in. Tentang kitab ini, As-Suyuthi mengatakan, “Tidak ada satupun kitab tafsir yang memiliki metode penulisan seperti ini.”
  2. Al-Bidayah wan Nihayah. Sebuah kitab sejarah yang sarat dengan kisah-kisah di berbagai zaman. Ibnu Katsir membawakan kisah-kisah para nabi dan umat-umat terdahulu yang terdapat dalam Al-Qur'an atau hadis-hadis yang shahih. Beliau jelaskan pula kisah-kisah gharib, munkar, dan kisah Israiliyat. Di samping itu, beliau cantumkan pula berbagai kisah tentang kejadian-kejadian besar, tanda-tanda hari kiamat, dan keadaan di kehidupan akhirat nanti. Mengenai kitab ini, Ibnu Taghri Bardi mengatakan, “Kitab ini berada dalam puncak keelokan.”
  3. At-Takmil fi Ma'rifati Ats-Tsiqat wa Adh-Dhu'afa wa Al-Majahil. Dalam kitab ini, Ibnu Katsir menghimpun dua kitab gurunya yaitu Al-Mizzi dan Adz-Dzahabi. Kedua kitab tersebut adalah Tahdzibul Kamal fi Asmair Rijal dan Mizanul I'tidal fi Naqdir Rijal. Bersamaan dengan itu beliau memberikan tambahan faidah tentang jarh dan ta'dil.
  4. Al-Hadyu was Sunan fi Ahaditsil Masanid was Sunan yang lebih dikenal dengan nama Jami' Al-Musnad. Kitab ini merupakan gabungan dari Musnad Al-Imam Ahmad, Al-Bazzar, Abu Ya'la, Ibnu Abi Syaibah, dan Kutubus Sittah.
  5. Thabaqatus Syafi'iyah dengan disertai Manaqib Asy-Syafi'i. Beliau sebenarnya telah mulai menulis Syarh Shahih Al-Bukhari, namun tidak sempat menyelesaikannya.
  6. Ikhtishar Ulumil Hadis. Sebuah kitab dalam bidang ilmu musthalah hadis yang dikatakan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar sebagai kitab yang sarat faidah.
  7. As-Sirah An-Nabawiyah. Mengenai kitab ini, beliau jelaskan dalam tafsir surat Al-Ahzab. Tatkala beliau menyebutkan kisah perang Khandaq. Adapun nama kitabnya adalah Al-Fushul fi Ikhtishari Sirathil Rasul.

WAFATNYA BELIAU


Ibnu Taghri Bardi berkata, “Ibnu Katsir rahimahullah meninggal pada hari kamis tanggal 26 Sya'ban 774 H dalam usia sekitar 74 tahun. Dikisahkan oleh Ibnu Hajar bahwa di akhir hayat beliau, beliau mengalami gangguan pada pandangannya, sehingga tidak bisa melihat.

Saat prosesi pemakaman jenazah begitu banyak kaum muslimin yang datang menghadiri. Atas wasiat beliau sendiri, maka jenazah dimakamkan di satu lokasi dengan sang guru, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Semoga Allah subhanahu wa ta'ala memberikan balasan yang terbaik atas jasa beliau terhadap Islam dan kaum muslimin. Allahu a'lam.

Sumber: Majalah Qudwah edisi 27 vol.03 1436 H/ 2015 M, rubrik Biografi. Pemateri: Ustadz Abu Hafiy Abdullah.