Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 1497

٥ – بَابُ مَا لَا يَجُوزُ مِنَ الۡأَضَاحِي
5. Bab sifat yang tidak boleh ada pada binatang kurban

١٤٩٧ – (صحيح) حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ حُجۡرٍ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا جَرِيرُ بۡنُ حَازِمٍ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ إِسۡحَاقَ، عَنۡ يَزِيدَ بۡنِ أَبِي حَبِيبٍ، عَنۡ سُلَيۡمَانَ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ، عَنۡ عُبَيۡدِ بۡنِ فَيۡرُوزَ، عَنِ الۡبَرَاءِ بۡنِ عَازِبٍ رَفَعَهُ، قَالَ: (لَا يُضَحَّى بِالۡأَرۡجَاءِ بَيِّنٌ ظَلۡعُهَا وَلَا بِالۡعَوۡرَاءِ بَيِّنٌ عَوۡرُهَا وَلَا بِالۡمَرِيضَةِ بَيِّنٌ مَرَضُهَا وَلَا بِالۡأَجۡفَاءِ الَّتِي لَا تُنۡقِي). [(ابن ماجه)(٣١٤٤)].
1497. ‘Ali bin Hujr telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Jarir bin Hazim mengabarkan kepada kami, dari Muhammad bin Ishaq, dari Yazid bin Abu Habib, dari Sulaiman bin ‘Abdurrahman, dari ‘Ubaid bin Fairuz, dari Al-Bara` bin ‘Azib, beliau memarfukkannya, beliau mengatakan, “Tidak dijadikan binatang kurban: yang jelas-jelas pincang, jelas-jelas buta, jelas-jelas sakit, dan kurus yang tidak bersumsum.”
١٤٩٧ (م). حَدَّثَنَا هَنَّادٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي زَائِدَةَ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ سُلَيۡمَانَ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ، عَنۡ عُبَيۡدِ بۡنِ فَيۡرُوزَ، عَنِ الۡبَرَاءِ بۡنِ عَازِبٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ نَحۡوَهُ بِمَعۡنَاهُ. هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ، لَا نَعۡرِفُهُ إِلَّا مِنۡ حَدِيثِ عُبَيۡدِ بۡنِ فَيۡرُوزَ، عَنِ الۡبَرَاءِ. وَالۡعَمَلُ عَلَى هَٰذَا الۡحَدِيثِ عِنۡدَ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ.
1497. Hannad telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Ibnu Abu Zaidah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Syu’bah mengabarkan kepada kami, dari Sulaiman bin ‘Abdurrahman, dari ‘Ubaid bin Fairuz, dari Al-Bara` bin ‘Azib, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam semisal dan semakna hadis tersebut. Ini adalah hadis hasan sahih. Kami tidak mengetahuinya kecuali dari hadis ‘Ubaid bin Fairuz dari Al-Bara`. Para ulama beramal di atas dasar hadis ini.