Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 1522

٢٣ – بَابٌ مِنَ الۡعَقِيقَةِ
23. Bab akikah

١٥٢٢ – (صحيح) حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ حُجۡرٍ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا عَلِيُّ بۡنُ مُسۡهِرٍ، عَنۡ إِسۡمَاعِيلَ بۡنِ مُسۡلِمٍ، عَنِ الۡحَسَنِ، عَنۡ سَمُرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (الۡغُلَامُ مُرۡتَهِنٌ بِعَقِيقَتِهِ، يُذۡبَحُ عَنۡهُ يَوۡمَ السَّابِعِ، وَيُسَمَّى، وَيُحۡلَقُ رَأۡسُهُ). [(ابن ماجه)(٣١٦٥)].
1522. ‘Ali bin Hujr telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: ‘Ali bin Mushir mengabarkan kepada kami, dari Isma’il bin Muslim, dari Al-Hasan, dari Samurah, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bayi itu tergadai dengan akikahnya yang disembelih pada hari ketujuh, diberi nama, dan dicukur rambutnya.”
١٥٢٢ (م) – حَدَّثَنَا الۡحَسَنُ بۡنُ عَلِيٍّ الۡخَلَّالُ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بۡنُ هَارُونَ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا سَعِيدُ بۡنُ أَبِي عَرُوبَةَ، عَنۡ قَتَادَةَ، عَنِ الۡحَسَنِ، عَنۡ سَمُرَةَ بۡنِ جُنۡدُبٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ نَحۡوَهُ. هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَالۡعَمَلُ عَلَى هَٰذَا عِنۡدَ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ؛ يَسۡتَحِبُّونَ أَنۡ يُذۡبَحَ عَنِ الۡغُلَامِ الۡعَقِيقَةُ يَوۡمَ السَّابِعِ، فَإِنۡ لَمۡ يَتَهَيَّأۡ يَوۡمَ السَّابِعِ فَيَوۡمَ الرَّابِعِ عَشَرَ، فَإِنۡ لَمۡ يَتَهَيَّأۡ عُقَّ عَنۡهُ يَوۡمَ حَادٍ وَعِشۡرِينَ، وَقَالُوا: لَا يُجۡزِىءُ فِي الۡعَقِيقَةِ مِنَ الشَّاةِ إِلَّا مَا يُجۡزِىءُ فِي الۡأُضۡحِيَّةِ.
Al-Hasan bin ‘Ali Al-Khallal telah menceritakan kepada kami, beliau megnatakan: Yazid bin Harun menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Sa’id bin Abu ‘Arubah mengabarkan kepada kami, dari Qatadah, dari Al-Hasan, dari Samurah bin Jundub, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam semisal hadis tersebut. Ini adalah hadis hasan sahih. Para ulama beramal di atas dasar hadis ini. Mereka menyukai agar hewan akikah dari si bayi disembelih pada hari ketujuh. Apabila belum disiapkan pada hari ketujuh, maka pada hari keempat belas. Apabila belum siap, maka diakikahi pada hari kedua puluh satu. Mereka mengatakan: Tidak sah kambing untuk akikah kecuali dengan kambing yang sah untuk binatang kurban.