Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 112

١١٢ – حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيۡمٍ الۡفَضۡلُ بۡنُ دُكَيۡنٍ قَالَ: حَدَّثَنَا شَيۡبَانُ، عَنۡ يَحۡيَى، عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ: أَنَّ خُزَاعَةَ قَتَلُوا رَجُلًا مِنۡ بَنِي لَيۡثٍ – عَامَ فَتۡحِ مَكَّةَ – بِقَتِيلٍ مِنۡهُمۡ قَتَلُوهُ، فَأُخۡبِرَ بِذٰلِكَ النَّبِيُّ ﷺ، فَرَكِبَ رَاحِلَتَهُ فَخَطَبَ، فَقَالَ: (إِنَّ اللهَ حَبَسَ عَنۡ مَكَّةَ الۡقَتۡلَ، أَوِ الۡفِيلَ – شَكَّ أَبُو عَبۡدِ اللهِ – وَسَلَّطَ عَلَيۡهِمۡ رَسُولَ اللهِ ﷺ وَالۡمُؤۡمِنِينَ، أَلَا وَإِنَّهَا لَمۡ تَحِلَّ لِأَحَدٍ قَبۡلِي، وَلَمۡ تَحِلَّ لِأَحَدٍ بَعۡدِي، أَلَا وَإِنَّهَا حَلَّتۡ لِي سَاعَةً مِنۡ نَهَارٍ، أَلَا وَإِنَّهَا سَاعَتِي هَٰذِهِ حَرَامٌ، لَا يُخۡتَلَى شَوۡكُهَا، وَلَا يُعۡضَدُ شَجَرُهَا، وَلَا تُلۡتَقَطُ سَاقِطَتُهَا إِلَّا لِمُنۡشِدٍ، فَمَنۡ قُتِلَ لَهُ قَتِيلٌ فَهُوَ بِخَيۡرِ النَّظَرَيۡنِ: إِمَّا أَنۡ يُعۡقَلَ، وَإِمَّا أَنۡ يُقَادَ أَهۡلُ الۡقَتِيلِ)، فَجَاءَ رَجُلٌ مِنۡ أَهۡلِ الۡيَمَنِ، فَقَالَ: اكۡتُبۡ لِي يَا رَسُولَ اللهِ فَقَالَ: (اكۡتُبُوا لِأَبِي فُلَانٍ)، فَقَالَ رَجُلٌ مِنۡ قُرَيۡشٍ: إِلَّا الۡإِذۡخِرَ يَا رَسُولَ اللهِ، فَإِنَّا نَجۡعَلُهُ فِي بُيُوتِنَا وَقُبُورِنَا، فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (إِلَّا الۡإِذۡخِرَ، إِلَّا الۡإِذۡخِرَ).
قَالَ أَبُو عَبۡدِ اللهِ: يُقَالُ: يُقَادُ بِالۡقَافِ، فَقِيلَ لِأَبِي عَبۡدِ اللهِ: أَيُّ شَيۡءٍ كَتَبَ لَهُ؟ قَالَ: كَتَبَ لَهُ هٰذِهِ الۡخُطۡبَةَ. [الحديث ١١٢ – طرفاه في ٢٤٣٤، ٦٨٨٠].
112. Abu Nu’aim Al-Fadhl bin Dukain telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Syaiban menceritakan kepada kami, dari Yahya, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah: Bahwa Khuza’ah telah membunuh seseorang dari Bani Laits – pada tahun Fathu Makkah – sebagai balasan atas pembunuhan yang dahulu Bani Laits lakukan terhadap seorang dari Khuza’ah. Hal itu dikabarkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka beliau menunggang tunggangan beliau dan berkhotbah. Beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah telah mencegah pembunuhan atau gajah dari Makkah – Abu ‘Abdullah ragu – dan Allah telah menjadikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan kaum mukminin menguasai mereka. Ketahuilah bahwa Makkah ini tidak halal bagi seorang pun sebelumku dan tidak halal bagi seorang pun setelahku. Ketahuilah Makkah ini hanya dihalalkan untukku sesaat dari siang hari. Ketahuilah Makkah pada saat ini adalah suci, durinya tidak boleh dipatahkan, pepohonannya tidak boleh ditebang, barang tercecernya tidak boleh dipungut kecuali bagi yang mengumumkannya. Sehingga bila ada keluarganya yang dibunuh, maka ia memiliki dua pilihan: dibayar diatnya atau dibalas bunuh oleh keluarga korban. Seseorang lelaki dari penduduk Yaman datang seraya berkata: Tuliskanlah untukku wahai Rasulullah. Beliau bersabda, “Kalian tulislah untuk Abu Fulan.” Seseorang dari Quraisy mengatakan: Kecuali idzkhir wahai Rasulullah, karena kami menggunakannya pada rumah-rumah dan kuburan-kuburan kami. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kecuali idzkhir, kecuali idzkhir.”
Abu ‘Abdullah mengatakan: Ada yang mengatakan: yuqadu dengan huruf qaf. Ada yang berkata kepada Abu ‘Abdullah: Yang mana yang dituliskan untuknya? Beliau menjawab: Dituliskan untuknya khotbah ini.