Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 2880

١ – بَابُ اقۡتِرَابِ الۡفِتَنِ، وَفَتۡحِ رَدۡمِ يَأۡجُوجَ وَمَأۡجُوجُ
1. Bab dekatnya ujian-ujian dan terbukanya tembok Yakjuj dan Makjuj

١ – (٢٨٨٠) – حَدَّثَنَا عَمۡرٌو النَّاقِدُ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ بۡنُ عُيَيۡنَةَ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ عُرۡوَةَ، عَنۡ زَيۡنَبَ بِنۡتِ أُمِّ سَلَمَةَ، عَنۡ أُمِّ حَبِيبَةَ، عَنۡ زَيۡنَبَ بِنۡتِ جَحۡشٍ؛ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ اسۡتَيۡقَظَ مِنۡ نَوۡمِهِ وَهُوَ يَقُولُ: (لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللهُ. وَيۡلٌ لِلۡعَرَبِ مِنۡ شَرٍّ قَدِ اقۡتَرَبَ. فُتِحَ الۡيَوۡمَ مِنۡ رَدۡمِ يَأۡجُوجَ وَمَأۡجُوجَ مِثۡلُ هَٰذِهِ). وَعَقَدَ سُفۡيَانُ بِيَدِهِ عَشَرَةً.
قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَنَهۡلِكُ وَفِينَا الصَّالِحُونَ؟ قَالَ: (نَعَمۡ، إِذَا كَثُرَ الۡخَبَثُ).
[البخاري: كتاب أحاديث الأنبياء، باب قصة يأجوج ومأجوج، رقم: ٣٣٤٦].
1. (2880). ‘Amr An-Naqid telah menceritakan kepada kami: Sufyan bin ‘Uyainah menceritakan kepada kami, dari Az-Zuhri, dari ‘Urwah, dari Zainab bintu Ummu Salamah, dari Ummu Habibah, dari Zainab bintu Jahsy; Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah terbangun dari tidur malamnya lalu beliau bersabda, “Tidak ada sesembahan yang benar kecuali Allah. Celaka bagi orang-orang Arab karena kejelekan yang telah dekat. Pada hari ini tembok Yakjuj dan Makjuj telah terbuka semisal ini.” Sufyan memberi isyarat dengan tangannya angka sepuluh.
Aku mengatakan: Wahai Rasulullah, apakah kami akan binasa dalam keadaan di antara kami ada orang-orang saleh? Beliau bersabda, “Ya, apabila kejahatan sudah banyak.”
(...) – حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ وَسَعِيدُ بۡنُ عَمۡرٍو الۡأَشۡعَثِيُّ وَزُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ وَابۡنُ أَبِي عُمَرَ. قَالُو: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، بِهَٰذَا الۡإِسۡنَادِ.
وَزَادُوا فِي الۡإِسۡنَادِ عَنۡ سُفۡيَانَ، فَقَالُوا: عَنۡ زَيۡنَبَ بِنۡتِ أُمِّ سَلَمَةَ، عَنۡ حَبِيبَةَ، عَنۡ أُمِّ حَبِيبَةَ، عَنۡ زَيۡنَبَ بِنۡتِ جَحۡشٍ.
Abu Bakr bin Abu Syaibah, S’aid bin ‘Amr Al-Asy’atsi, Zuhair bin Harb, dan Ibnu Abu ‘Umar telah menceritakan kepada kami. Mereka mengatakan: Sufyan menceritakan kepada kami, dari Az-Zuhri, dengan sanad ini.
Mereka menambahkan di dalam sanad dari Sufyan. Mereka mengatakan: Dari Zainab bintu Ummu Salamah, dari Habibah, dari Ummu Habibah, dari Zainab bintu Jahsy.
٢ – (...) – حَدَّثَنِي حَرۡمَلَةُ بۡنُ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ: أَخۡبَرَنِي يُونُسُ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ: أَخۡبَرَنِي عُرۡوَةُ بۡنُ الزُّبَيۡرِ، أَنَّ زَيۡنَبَ بِنۡتَ أَبِي سَلَمَةَ أَخۡبَرَتۡهُ، أَنَّ أُمَّ حَبِيبَةَ بِنۡتَ أَبِي سُفۡيَانَ أَخۡبَرَتۡهَا، أَنَّ زَيۡنَبَ بِنۡتَ جَحۡشٍ، زَوۡجَ النَّبِيِّ ﷺ قَالَتۡ: خَرَجَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يَوۡمًا فَزِعًا، مُحۡمَرًّا وَجۡهُهُ، يَقُولُ: (لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ. وَيۡلٌ لِلۡعَرَبِ مِنۡ شَرٍّ قَدِ اقۡتَرَبَ. فُتِحَ الۡيَوۡمَ مِنۡ رَدۡمِ يَأۡجُوجَ وَمَأۡجُوجَ مِثۡلُ هَٰذِهِ)، وَحَلَّقَ بِإِصۡبَعِهِ الۡإِبۡهَامِ، وَالَّتِي تَلِيهَا.
قَالَتۡ: فَقُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَنَهۡلِكُ وَفِينَا الصَّالِحُونَ؟ قَالَ: (نَعَمۡ، إِذَا كَثُرَ الۡخَبَثُ).
2. Harmalah bin Yahya telah menceritakan kepada kami: Ibnu Wahb mengabarkan kepada kami: Yunus mengabarkan kepadaku, dari Ibnu Syihab: ‘Urwah ibnuz Zubair mengabarkan kepadaku, dari Zainab bintu Abu Salamah mengabarkan kepadanya, bahwa Ummu Habibah bintu Abu Sufyan mengabarkan kepadanya, bahwa Zainab bintu Jahsy, istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah keluar pada suatu hari dalam keadaan terkejut, wajah beliau memerah, beliau bersabda, “Tidak ada sesembahan yang benar kecuali Allah. Celaka bagi orang-orang Arab karena keburukan yang telah dekat. Pada hari ini tembok Yakjuj dan Makjuj telah terbuka semisal ini.” Beliau melingkarkan jarinya, yaitu ibu jari dan jari berikutnya.
Zainab mengatakan: Aku berkata: Wahai Rasulullah, apakah kami akan binasa dalam keadaan di tengah-tengah kami ada orang-orang saleh? Beliau bersabda, “Ya, apabila kejahatan sudah banyak.”
(...) – وَحَدَّثَنِي عَبۡدُ الۡمَلِكِ بۡنُ شُعَيۡبِ بۡنِ اللَّيۡثِ: حَدَّثَنِي أَبِي، عَنۡ جَدِّي: حَدَّثَنِي عُقَيۡلُ بۡنُ خَالِدٍ. (ح) وَحَدَّثَنَا عَمۡرٌو النَّاقِدُ: حَدَّثَنَا يَعۡقُوبُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ بۡنِ سَعۡدٍ: حَدَّثَنَا أَبِي، عَنۡ صَالِحٍ. كِلَاهُمَا عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ. بِمِثۡلِ حَدِيثِ يُونُسَ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ بِإِسۡنَادِهِ.
‘Abdul Malik bin Syu’aib ibnul Laits telah menceritakan kepada ku: Ayahku menceritakan kepadaku, dari kakekku: ‘Uqail bin Khalid menceritakan kepadaku. (Dalam riwayat lain) ‘Amr An-Naqid telah menceritakan kepada kami: Ya’qub bin Ibrahim bin Sa’d menceritakan kepada kami: Ayahku menceritakan kepada kami, dari Shalih. Masing-masing keduanya dari Ibnu Syihab. Semisal hadis Yunus, dari Az-Zuhri dengan sanadnya.