Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1053

١٠ – بَابُ صَلَاةِ النِّسَاءِ مَعَ الرِّجَالِ فِي الۡكُسُوفِ
10. Bab salatnya para wanita bersama para lelaki ketika gerhana

١٠٥٣ – حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ يُوسُفَ قَالَ: أَخۡبَرَنَا مَالِكٌ، عَنۡ هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ، عَنِ امۡرَأَتِهِ فَاطِمَةَ بِنۡتِ الۡمُنۡذِرِ، عَنۡ أَسۡمَاءَ بِنۡتِ أَبِي بَكۡرٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا أَنَّهَا قَالَتۡ: أَتَيۡتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا، زَوۡجَ النَّبِيِّ ﷺ، حِينَ خَسَفَتِ الشَّمۡسُ، فَإِذَا النَّاسُ قِيَامٌ يُصَلُّونَ، وَإِذَا هِيَ قَائِمَةٌ تُصَلِّي، فَقُلۡتُ: مَا لِلنَّاسِ؟ فَأَشَارَتۡ بِيَدِهَا إِلَى السَّمَاءِ، وَقَالَتۡ: سُبۡحَانَ اللهِ. فَقُلۡتُ: آيَةٌ؟ فَأَشَارَتۡ: أَيۡ نَعَمۡ، قَالَتۡ: فَقُمۡتُ حَتَّى تَجَلَّانِي الۡغَشۡيُ، فَجَعَلۡتُ أَصُبُّ فَوۡقَ رَأۡسِي الۡمَاءَ، فَلَمَّا انۡصَرَفَ رَسُولُ اللهِ ﷺ حَمِدَ اللهَ وَأَثۡنَى عَلَيۡهِ، ثُمَّ قَالَ: (مَا مِنۡ شَيۡءٍ كُنۡتُ لَمۡ أَرَهُ إِلَّا قَدۡ رَأَيۡتُهُ فِي مَقَامِي هَذَا، حَتَّى الۡجَنَّةَ وَالنَّارَ، وَلَقَدۡ أُوحِيَ إِلَيَّ أَنَّكُمۡ تُفۡتَنُونَ فِي الۡقُبُورِ مِثۡلَ أَوۡ قَرِيبًا مِنۡ فِتۡنَةِ الدَّجَّالِ – لَا أَدۡرِي أَيَّتَهُمَا قَالَتۡ أَسۡمَاءُ – يُؤۡتَى أَحَدُكُمۡ فَيُقَالُ لَهُ: مَا عِلۡمُكَ بِهٰذَا الرَّجُلِ؟ فَأَمَّا الۡمُؤۡمِنُ – أَوِ الۡمُوقِنُ لَا أَدۡرِي أَيَّ ذٰلِكَ قَالَتۡ أَسۡمَاءُ. فَيَقُولُ: مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللهِ ﷺ، جَاءَنَا بِالۡبَيِّنَاتِ وَالۡهُدَى، فَأَجَبۡنَا وَآمَنَّا وَاتَّبَعۡنَا، فَيُقَالُ لَهُ: نَمۡ صَالِحًا، فَقَدۡ عَلِمۡنَا إِنۡ كُنۡتَ لَمُوقِنًا، وَأَمَّا الۡمُنَافِقُ – أَوِ الۡمُرۡتَابُ – لَا أَدۡرِي أَيَّتَهُمَا قَالَتۡ أَسۡمَاءُ – فَيَقُولُ: لَا أَدۡرِي، سَمِعۡتُ النَّاسَ يَقُولُونَ شَيۡئًا فَقُلۡتُهُ). [طرفه في: ٨٦].
1053. ‘Abdullah bin Yusuf telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Malik mengabarkan kepada kami, dari Hisyam bin ‘Urwah, dari istrinya, yaitu Fathimah bintul Mundzir, dari Asma` bintu Abu Bakr radhiyallahu ‘anhuma, bahwa dia berkata: Aku mendatangi ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ketika terjadi gerhana matahari, ternyata orang-orang sedang berdiri salat dan ‘Aisyah pun juga berdiri sedang salat. Aku bertanya: Kenapa orang-orang ini? ‘Aisyah memberi isyarat dengan tangannya ke langit dan mengatakan: Subhanallah. Aku bertanya: Apakah ini sebuah tanda? ‘Aisyah memberi isyarat membenarkan. Asma` berkata: Aku pun ikut berdiri salat sampai merasa sesaat kehilangan kesadaran, lalu aku pun menuangkan air ke atas kepalaku. Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai salat, beliau memuji Allah dan menyanjungNya. Kemudian beliau bersabda, “Tidak ada sesuatu pun yang belum aku lihat sebelumnya kecuali aku telah melihatnya di tempat berdiriku ini, sampai pun surga dan neraka. Dan sungguh telah diwahyukan kepadaku bahwa kalian akan diuji di kubur semisal atau mirip dengan ujian Dajjal – Aku tidak tahu mana di antara keduanya yang dikatakan oleh Asma` - salah seorang kalian akan didatangkan (di kuburnya) lalu ditanya: Apa pengetahuanmu terhadap orang ini? Adapun seorang mukmin atau orang yang yakin - Aku tidak tahu yang mana yang diucapkan oleh Asma` - akan mengatakan: Muhammad adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau datang kepada kami membawa bukti dan petunjuk, lalu kami pun memenuhi panggilan beliau, beriman, dan mengikutinya. Lalu dikatakan kepadanya: Tidurlah dengan tenang, sungguh kami telah mengetahui bahwa engkau orang yang yakin. Adapun seorang munafik atau orang yang ragu – aku tidak tahu mana di antara keduanya yang dikatakan oleh Asma` -, ia akan mengatakan: Aku tidak tahu, aku mendengar manusia mengatakan sesuatu, lalu aku pun ikut mengatakannya.”