Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 951 dan 952

٣ – بَابُ سُنَّةِ الۡعِيدَيۡنِ لِأَهۡلِ الۡإِسۡلَامِ
3. Bab sunah dua hari raya bagi pemeluk agama Islam

٩٥١ – حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ قَالَ: أَخۡبَرَنِي زُبَيۡدٌ قَالَ: سَمِعۡتُ الشَّعۡبِيَّ، عَنِ الۡبَرَاءِ قَالَ: سَمِعۡتُ النَّبِيَّ ﷺ يَخۡطُبُ، فَقَالَ: (إِنَّ أَوَّلَ مَا نَبۡدَأُ مِنۡ يَوۡمِنَا هَٰذَا أَنۡ نُصَلِّيَ، ثُمَّ نَرۡجِعَ فَنَنۡحَرَ، فَمَنۡ فَعَلَ، فَقَدۡ أَصَابَ سُنَّتَنَا).
[الحديث ٩٥١ – أطرافه في: ٩٥٥، ٩٦٥، ٩٦٨، ٩٧٦، ٩٨٣، ٥٥٤٥، ٥٥٥٦، ٥٥٥٧، ٥٥٦٠، ٥٥٦٣، ٦٦٧٣].
951. Hajjaj telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Syu’bah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Zubaid mengabarkan kepadaku, beliau berkata: Aku mendengar Asy-Sya’bi, dari Al-Bara`, beliau mengatakan: Aku mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkhotbah, beliau bersabda, “Sesungguhnya awal perkara yang kita mulai di hari kita ini adalah kita salat, lalu pulang dan menyembelih. Sehingga, siapa saja yang melakukan itu, maka ia telah mencocoki sunah kami.”
٩٥٢ – حَدَّثَنَا عُبَيۡدُ بۡنُ إِسۡمَاعِيلَ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنۡ هِشَامٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: دَخَلَ أَبُو بَكۡرٍ، وَعِنۡدِي جَارِيَتَانِ مِنۡ جَوَارِي الۡأَنۡصَارِ، تُغَنِّيَانِ بِمَا تَقَاوَلَتِ الۡأَنۡصَارُ يَوۡمَ بُعَاثَ، قَالَتۡ: وَلَيۡسَتَا بِمُغَنِّيَتَيۡنِ، فَقَالَ أَبُو بَكۡرٍ: أَمَزَامِيرُ الشَّيۡطَانِ فِي بَيۡتِ رَسُولِ اللهِ ﷺ؟ وَذٰلِكَ فِي يَوۡمِ عِيدٍ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (يَا أَبَا بَكۡرٍ، إِنَّ لِكُلِّ قَوۡمٍ عِيدًا، وَهَٰذَا عِيدُنَا). [طرفه في: ٩٤٩].
952. ‘Ubaid bin Isma’il telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Abu Usamah menceritakan kepada kami, dari Hisyam, dari ayahnya, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan: Abu Bakr masuk dalam keadaan di dekatku ada dua anak perempuan kecil Ansar. Keduanya bernyanyi dengan sesuatu yang dibicarakan oleh orang-orang Ansar pada hari Bu’ats (hari terjadinya perang besar di masa jahiliah antara Aus dan Khazraj). ‘Aisyah mengatakan: Kedua anak tersebut bukanlah penyanyi. Abu Bakr mengatakan: Apakah seruling setan berada di dalam rumah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam? Peristiwa itu terjadi di hari raya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai Abu Bakr, setiap kaum memiliki hari raya. Dan hari ini adalah hari raya kita.”