Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4157 dan 4158

٤١٥٧، ٤١٥٨ - حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ عُرۡوَةَ، عَنۡ مَرۡوَانَ وَالۡمِسۡوَرِ بۡنِ مَخۡرَمَةَ قَالَا: خَرَجَ النَّبِيُّ ﷺ عَامَ الۡحُدَيۡبِيَةِ فِي بِضۡعَ عَشۡرَةَ مِائَةً مِنۡ أَصۡحَابِهِ، فَلَمَّا كَانَ بِذِي الۡحُلَيۡفَةِ قَلَّدَ الۡهَدۡيَ وَأَشۡعَرَ وَأَحۡرَمَ مِنۡهَا، لَا أُحۡصِي كَمۡ سَمِعۡتُهُ مِنۡ سُفۡيَانَ، حَتَّى سَمِعۡتُهُ يَقُولُ: لَا أَحۡفَظُ مِنَ الزُّهۡرِيِّ الۡإِشۡعَارَ وَالتَّقۡلِيدَ، فَلَا أَدۡرِي، يَعۡنِي مَوۡضِعَ الۡإِشۡعَارِ وَالتَّقۡلِيدِ، أَوِ الۡحَدِيثَ كُلَّهُ. [طرفه في: ١٦٩٤].
4157, 4158. ‘Ali bin ‘Abdullah telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami, dari Az-Zuhri, dari ‘Urwah, dari Marwan dan Al-Miswar bin Makhramah, keduanya berkata: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada tahun Hudaibiyah bersama seratus sekian belas sahabat beliau. Ketika beliau tiba di Dzul Hulaifah, beliau mengalungi hewan hadyu (hewan kurban haji), menyayat (punuknya sebagai tanda), dan memulai ihram dari sana. Aku (‘Ali) tidak bisa menghitung berapa kali aku mendengar hadis tersebut dari Sufyan, hingga aku mendengar beliau berkata: Aku tidak menghafal dari Az-Zuhri tentang masalah menyayat dan mengalungi, sehingga aku tidak tahu tempat dilakukannya penyayatan dan pengalungan atau seluruh hadis tersebut.