Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2391, 2392, dan 2393

٢٣٩١ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا يَحۡيَى بۡنُ دُرُسۡتَ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو إِسۡمَاعِيلَ قَالَ: حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ أَبِي كَثِيرٍ أَنَّ أَبَا سَلَمَةَ حَدَّثَهُ أَنَّ عَبۡدَ اللهِ، قَالَ: دَخَلَ رَسُولُ اللهِ ﷺ حُجۡرَتِي فَقَالَ: (أَلَمۡ أُخۡبَرۡ أَنَّكَ تَقُومُ اللَّيۡلَ وَتَصُومُ النَّهَارَ؟)، قَالَ: بَلَى، قَالَ: (فَلَا تَفۡعَلَنَّ؛ نَمۡ، وَقُمۡ، وَصُمۡ، وَأَفۡطِرۡ؛ فَإِنَّ لِعَيۡنِكَ عَلَيۡكَ حَقًّا، وَإِنَّ لِجَسَدِكَ عَلَيۡكَ حَقًّا، وَإِنَّ لِزَوۡجَتِكَ عَلَيۡكَ حَقًّا، وَإِنَّ لِضَيۡفِكَ عَلَيۡكَ حَقًّا، وَإِنَّ لِصَدِيقِكَ عَلَيۡكَ حَقًّا، وَإِنَّهُ عَسَى أَنۡ يَطُولَ بِكَ عُمُرٌ، وَإِنَّهُ حَسۡبُكَ أَنۡ تَصُومَ مِنۡ كُلِّ شَهۡرٍ ثَلَاثًا؛ فَذٰلِكَ صِيَامُ الدَّهۡرِ كُلِّهِ، وَالۡحَسَنَةُ بِعَشۡرِ أَمۡثَالِهَا)، قُلۡتُ: إِنِّي أَجِدُ قُوَّةً؟! فَشَدَّدۡتُ، فَشُدِّدَ عَلَيَّ، قَالَ: (صُمۡ مِنۡ كُلِّ جُمُعَةٍ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ)، قُلۡتُ: إِنِّي أُطِيقُ أَكۡثَرَ مِنۡ ذٰلِكَ! فَشَدَّدۡتُ، فَشُدِّدَ عَلَيَّ! قَالَ: (صُمۡ صَوۡمَ نَبِيِّ اللهِ دَاوُدَ -عَلَيۡهِ السَّلَامُ-)، قُلۡتُ: وَمَا كَانَ صَوۡمُ دَاوُدَ؟ قَالَ: (نِصۡفُ الدَّهۡرِ). [(صحيح أبي داود)(٢٠٩٨)، م].
2391. Yahya bin Durust telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Abu Isma’il menceritakan kepada kami, beliau berkata: Yahya bin Abu Katsir menceritakan kepada kami bahwa Abu Salamah menceritakan keapdanya, bahwa ‘Abdullah mengatakan:
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk ke dalam kamarku seraya bertanya, “Apa benar kabar bahwa engkau salat semalam suntuk dan selalu berpuasa di siang hari?”
‘Abdullah menjawab, “Benar.”
Nabi bersabda, “Jangan sekali-kali engkau lakukan itu! Tidur malamlah dan salatlah! Berpuasalah dan kadang jangan berpuasa! Karena matamu memiliki hak atasmu, jasadmu memiliki hak atasmu, istrimu memiliki hak atasmu, tamumu memiliki hak atasmu, dan temanmu memiliki hak atasmu. Dan barangkali umurmu panjang. Cukup bagimu untuk berpuasa tiga hari dari setiap bulan. Itulah puasa sepanjang tahun. Dan kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat.”
Aku berkata, “Sungguh aku memiliki kekuatan.” Aku bersikeras, beliau pun bersikeras terhadapku.
Beliau bersabda, “Puasalah tiga hari dari setiap pekan.”
Aku mengatakan, “Sungguh aku mampu lebih sering daripada itu.” Aku kembali bersikeras dan beliau pun bersikeras terhadapku.
Beliau bersabda, “Berpuasalah dengan puasa Nabi Allah Dawud ‘alaihis salam.”
Aku bertanya, “Bagaimanakan puasa Dawud?”
Beliau bersabda, “Separuh tahun.”
٢٣٩٢ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا الرَّبِيعُ بۡنُ سُلَيۡمَانَ قَالَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ قَالَ: أَخۡبَرَنِي يُونُسُ عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ قَالَ: أَخۡبَرَنِي سَعِيدُ بۡنُ الۡمُسَيَّبِ وَأَبُو سَلَمَةَ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ أَنَّ عَبۡدَ اللهِ بۡنَ عَمۡرِو بۡنِ الۡعَاصِ، قَالَ: ذُكِرَ لِرَسُولِ اللهِ ﷺ أَنَّهُ يَقُولُ: لَأَقُومَنَّ اللَّيۡلَ، وَلَأَصُومَنَّ النَّهَارَ مَا عِشۡتُ! فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (أَنۡتَ الَّذِي تَقُولُ ذٰلِكَ؟)، فَقُلۡتُ لَهُ: قَدۡ قُلۡتُهُ يَا رَسُولَ اللهِ! فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (فَإِنَّكَ لَا تَسۡتَطِيعُ ذٰلِكَ، فَصُمۡ، وَأَفۡطِرۡ، وَنَمۡ، وَقُمۡ، وَصُمۡ مِنَ الشَّهۡرِ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ؛ فَإِنَّ الۡحَسَنَةَ بِعَشۡرِ أَمۡثَالِهَا؛ وَذٰلِكَ مِثۡلُ صِيَامِ الدَّهۡرِ)، قُلۡتُ: فَإِنِّي أُطِيقُ أَفۡضَلَ مِنۡ ذٰلِكَ! قَالَ: (صُمۡ يَوۡمًا وَأَفۡطِرۡ يَوۡمَيۡنِ)، فَقُلۡتُ: إِنِّي أُطِيقُ أَفۡضَلَ مِنۡ ذٰلِكَ يَا رَسُولَ اللهِ! قَالَ: (فَصُمۡ يَوۡمًا، وَأَفۡطِرۡ يَوۡمًا؛ وَذٰلِكَ صِيَامُ دَاوُدَ؛ وَهُوَ أَعۡدَلُ الصِّيَامِ)، قُلۡتُ: فَإِنِّي أُطِيقُ أَفۡضَلَ مِنۡ ذٰلِكَ! قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا أَفۡضَلَ مِنۡ ذٰلِكَ). قَالَ عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عَمۡرٍو: لَأَنۡ أَكُونَ قَبِلۡتُ الثَّلَاثَةَ الۡأَيَّامَ الَّتِي قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ؛ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنۡ أَهۡلِي وَمَالِي!! [(صحيح أبي داود) أيضًا، ق].
2392. Ar-Rabi’ bin Sulaiman telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Ibnu Wahb menceritakan kepada kami, beliau berkata: Yunus mengabarkan kepadaku dari Ibnu Syihab, beliau berkata: Sa’id bin Al-Musayyab dan Abu Salamah bin ‘Abdurrahman mengabarkan kepadaku bahwa ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al-‘Ash mengatakan: Disebutkan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa ‘Abdullah bin ‘Amr mengatakan: Aku benar-benar akan salat semalam suntuk dan aku benar-benar akan puasa di siang hari sepanjang hidupku.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apakah engkau yang mengatakan hal itu?”
Aku berkata kepada beliau, “Aku telah mengatakannya, wahai Rasulullah.”
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Engkau tidak akan mampu melakukan itu. Puasalah dan juga tidak berpuasalah. Tidur malam dan salat malamlah. Berpuasalah tiga hari dari setiap bulan karena satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat, sehingga itu seperti puasa satu tahun.”
Aku berkata, “Sesungguhnya aku mampu lebih baik daripada itu.”
Beliau bersabda, “Puasalah satu hari dan tidak berpuasalah dua hari.”
Aku berkata, “Sungguh aku mampu lebih baik daripada itu, wahai Rasulullah.”
Beliau bersabda, “Puasalah satu hari dan tidak berpuasalah satu hari. Itu adalah puasa Dawud dan itu puasa yang paling adil.”
Aku berkata, “Sungguh aku mampu lebih baik daripada itu.”
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada puasa yang lebih baik daripada itu.”
‘Abdullah bin ‘Amr mengatakan, “Sungguh aku dahulu menerima puasa tiga hari (dalam sebulan) yang telah disabdakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih aku cintai daripada keluarga dan hartaku.”
٢٣٩٣ – (منكر بزيادة الموعِدِ) أَخۡبَرَنِي أَحۡمَدُ بۡنُ بَكَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ وَهُوَ ابۡنُ سَلَمَةَ عَنِ ابۡنِ إِسۡحَاقَ عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ إِبۡرَاهِيمَ عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ، قَالَ: دَخَلۡتُ عَلَى عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو، قُلۡتُ: أَيۡ عَمِّ! حَدِّثۡنِي عَمَّا قَالَ لَكَ رَسُولُ اللهِ ﷺ؟ قَالَ: يَا ابۡنَ أَخِي! إِنِّي قَدۡ كُنۡتُ أَجۡمَعۡتُ عَلَى أَنۡ أَجۡتَهِدَ اجۡتِهَادًا شَدِيدًا، حَتَّى قُلۡتُ: لَأَصُومَنَّ الدَّهۡرَ، وَلَأَقۡرَأَنَّ الۡقُرۡآنَ فِي كُلِّ يَوۡمٍ وَلَيۡلَةٍ، فَسَمِعَ بِذٰلِكَ رَسُولُ اللهِ ﷺ، فَأَتَانِي، حَتَّى دَخَلَ عَلَيَّ فِي دَارِي، فَقَالَ: (بَلَغَنِي أَنَّكَ قُلۡتَ: لَأَصُومَنَّ الدَّهۡرَ، وَلَأَقۡرَأَنَّ الۡقُرۡآنَ؟!)، فَقُلۡتُ: قَدۡ قُلۡتُ ذٰلِكَ يَا رَسُولَ اللهِ! قَالَ: (فَلَا تَفۡعَلۡ؛ صُمۡ مِنۡ كُلِّ شَهۡرٍ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ)، قُلۡتُ: إِنِّي أَقۡوَى عَلَى أَكۡثَرَ مِنۡ ذٰلِكَ! قَالَ: (فَصُمۡ مِنَ الۡجُمُعَةِ يَوۡمَيۡنِ، الۡاثۡنَيۡنِ وَالۡخَمِيسَ)، قُلۡتُ: فَإِنِّي أَقۡوَى عَلَى أَكۡثَرَ مِنۡ ذٰلِكِ! قَالَ: (فَصُمۡ صِيَامَ دَاوُدَ -عَلَيۡهِ السَّلَامُ-؛ فَإِنَّهُ أَعۡدَلُ الصِّيَامِ عِنۡدَ اللهِ؛ يَوۡمًا صَائِمًا، وَيَوۡمًا مُفۡطِرًا، وَإِنَّهُ كَانَ إِذَا وَعَدَ لَمۡ يُخۡلِفۡ، وَإِذَا لَاقَى لَمۡ يَفِرَّ). [وانظر حديث أبي المليح(٢٤٠٢)].
2393. Ahmad bin Bakkar telah mengabarkan kepadaku, beliau berkata: Muhammad bin Salamah menceritakan kepada kami dari Ibnu Ishaq, dari Muhammad bin Ibrahim, dari Abu Salamah bin ‘Abdurrahman, beliau berkata: Aku masuk menemui ‘Abdullah bin ‘Amr dan berkata: Wahai pamanku, ceritakan kepadaku tentang ucapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada engkau. Beliau mengatakan: Wahai putra saudaraku, sesungguhnya aku dahulu bertekad untuk melakukan ibadah dengan sangat bersungguh-sungguh, sampai aku berkata: Aku benar-benar akan berpuasa sepanjang tahun dan aku benar-benar akan mengkhatamkan Alquran dalam setiap sehari semalam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendengar hal itu, lalu mendatangiku. Sampai beliau masuk ke dalam rumahku. Beliau bersabda, “Sampai kabar kepadaku bahwa engkau mengatakan: Aku benar-benar akan berpuasa sepanjang tahun dan aku benar-benar akan mengkhatamkan Alquran (dalam setiap sehari semalam).”
Aku berkata, “Aku telah mengatakan hal itu wahai Rasulullah.”
Beliau bersabda, “Jangan engkau lakukan. Puasalah tiga hari dari setiap bulan.”
Aku berkata, “Sesungguhnya aku kuat untuk puasa lebih sering daripada itu.”
Beliau bersabda, “Puasalah setiap pekan dua hari. Yaitu hari Senin dan Kamis.”
Aku berkata, “Sesungguhnya aku kuat untuk puasa lebih sering daripada itu.”
Beliau bersabda, “Puasalah dengan puasa Dawud ‘alaihis salam karena itu puasa yang paling adil di sisi Allah. Satu hari puasa, satu hari tidak puasa. Dan beliau jika berjanji, tidak menyelisihi dan apabila bertemu musuh, tidak kabur.”