Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4925

٤ – بَابٌ ﴿وَثِيَابَكَ فَطَهِّرۡ﴾ ۝٤
4. Bab “Dan pakaianmu bersihkanlah”

٤٩٢٥ – حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ بُكَيۡرٍ: حَدَّثَنَا اللَّيۡثُ، عَنۡ عُقَيۡلٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ. وَحَدَّثَنِي عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مُحَمَّدٍ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ: أَخۡبَرَنَا مَعۡمَرٌ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ: فَأَخۡبَرَنِي أَبُو سَلَمَةَ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ، عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: سَمِعۡتُ النَّبِيَّ ﷺ، وَهُوَ يُحَدِّثُ عَنۡ فَتۡرَةِ الۡوَحۡيِ، فَقَالَ فِي حَدِيثِهِ: (فَبَيۡنَا أَنَا أَمۡشِي، إِذۡ سَمِعۡتُ صَوۡتًا مِنَ السَّمَاءِ، فَرَفَعۡتُ رَأۡسِي، فَإِذَا الۡمَلَكُ الَّذِي جَاءَنِي بِحِرَاءٍ، جَالِسٌ عَلَى كُرۡسِيٍّ بَيۡنَ السَّمَاءِ وَالۡأَرۡضِ، فَجُئِثۡتُ مِنۡهُ رُعۡبًا، فَرَجَعۡتُ فَقُلۡتُ: زَمِّلُونِي زَمِّلُونِي، فَدَثَّرُونِي، فَأَنۡزَلَ اللهُ تَعَالَى: ﴿يَا أَيُّهَا الۡمُدَّثِّرُ﴾ إِلَى: ﴿وَالرِّجۡزَ فَاهۡجُرۡ﴾) [١-٥] قَبۡلَ أَنۡ تُفۡرَضَ الصَّلَاةُ، وَهِيَ الۡأَوۡثَانُ. [طرفه في: ٤].
4925. Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami: Al-Laits menceritakan kepada kami dari ‘Uqail, dari Ibnu Syihab. ‘Abdullah bin Muhammad telah menceritakan kepadaku: ‘Abdurrazzaq menceritakan kepada kami: Ma’mar mengabarkan kepada kami dari Az-Zuhri: Abu Salamah bin ‘Abdurrahman mengabarkan kepadaku dari Jabir bin ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhuma. Beliau mengatakan: Aku mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika beliau menceritakan tentang masa berhenti turunnya wahyu. Beliau bersabda di dalam hadisnya, “Ketika aku sedang berjalan, tiba-tiba aku mendengar suara dari langit. Aku menengadahkan kepalaku, ternyata ada malaikat yang telah mendatangi di gua Hira` sedang duduk di atas kursi di antara langit dan bumi. Aku sangat takut karenanya sehingga aku pulang seraya berkata: Selimuti aku, selimuti aku. Mereka pun menyelimutiku, lalu Allah taala menurunkan ayat (yang artinya), “Wahai orang yang berselimut,” sampai, “dan tinggalkanlah ar-rijz.” Sebelum salat diwajibkan. Ar-rijz adalah berhala-berhala.