Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 7541

٥١ - بَابُ مَا يَجُوزُ مِنۡ تَفۡسِيرِ التَّوۡرَاةِ وَغَيۡرِهَا مِنۡ كُتُبِ اللهِ، بِالۡعَرَبِيَّةِ وَغَيۡرِهَا
51. Bab hal-hal yang dibolehkan dari menafsirkan Taurat dan kitab-kitab Allah yang lain ke bahasa Arab dan bahasa lainnya

لِقَوۡلِ اللهِ تَعَالَى: ﴿فَأۡتُوا بِالتَّوۡرَاةِ فَاتۡلُوهَا إِنۡ كُنۡتُمۡ صَادِقِينَ﴾ [آل عمران: ٩٣].
Berdasarkan firman Allah taala (yang artinya), “Katakanlah: Bawalah Taurat itu, lalu bacalah dia jika kalian orang-orang yang benar.” (QS. Ali ‘Imran: 93).
٧٥٤١ - وَقَالَ ابۡنُ عَبَّاسٍ: أَخۡبَرَنِي أَبُو سُفۡيَانَ بۡنُ حَرۡبٍ: أَنَّ هِرَقۡلَ دَعَا تَرۡجُمَانَهُ، ثُمَّ دَعَا بِكِتَابِ النَّبِيِّ ﷺ فَقَرَأَهُ: بِسۡمِ اللهِ الرَّحۡمَٰنِ الرَّحِيمِ، مِنۡ مُحَمَّدٍ عَبۡدِ اللهِ وَرَسُولِهِ، إِلَى هِرَقۡلَ وَ: ﴿يَا أَهۡلَ الۡكِتَابِ تَعَالَوۡا إِلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيۡنَنَا وَبَيۡنَكُمۡ﴾ [آل عمران: ٦٤] الۡآيَةَ. [طرفه في: ٧].
7541. Ibnu ‘Abbas berkata: Abu Sufyan bin Harb mengabarkan kepadaku: Bahwa Hiraql (Heraklius) memanggil penerjemahnya kemudian dia meminta tulisan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam didatangkan, lalu dia membacanya: Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dari Muhammad hamba Allah dan Rasul-Nya kepada Hiraql. Dan “Wahai ahli kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat yang tidak ada perselisihan antara kami dan kalian.” (QS. Ali ‘Imran: 64).