Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 771

٢٠١ - (٧٧١) - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ أَبِي بَكۡرٍ الۡمُقَدَّمِيُّ: حَدَّثَنَا يُوسُفُ الۡمَاجِشُونُ: حَدَّثَنِي أَبِي عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ الۡأَعۡرَجِ، عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي رَافِعٍ، عَنۡ عَلِيِّ بۡنِ أَبِي طَالِبٍ، عَنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ؛ أَنَّهُ كَانَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ قَالَ: (وَجَّهۡتُ وَجۡهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَالۡأَرۡضَ حَنِيفًا، وَمَا أَنَا مِنَ الۡمُشۡرِكِينَ، إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحۡيَايَ وَمَمَاتِي لِلهِ رَبِّ الۡعَالَمِينَ، لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذٰلِكَ أُمِرۡتُ وَأَنَا مِنَ الۡمُسۡلِمِينَ. اللّٰهُمَّ أَنۡتَ الۡمَلِكُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنۡتَ، أَنۡتَ رَبِّي وَأَنَا عَبۡدُكَ. ظَلَمۡتُ نَفۡسِي وَاعۡتَرَفۡتُ بِذَنۡبِي فَاغۡفِرۡ لِي ذُنُوبِي جَمِيعًا. إِنَّهُ لَا يَغۡفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنۡتَ. وَاهۡدِنِي لِأَحۡسَنِ الۡأَخۡلَاقِ. لَا يَهۡدِي لِأَحۡسَنِهَا إِلَّا أَنۡتَ. وَاصۡرِفۡ عَنِّي سَيِّئَهَا. لَا يَصۡرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنۡتَ. لَبَّيۡكَ وَسَعۡدَيۡكَ، وَالۡخَيۡرُ كُلُّهُ فِي يَدَيۡكَ، وَالشَّرُّ لَيۡسَ إِلَيۡكَ، أَنَا بِكَ وَإِلَيۡكَ، تَبَارَكۡتَ وَتَعَالَيۡتَ، أَسۡتَغۡفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيۡكَ). 
201. (771). Muhammad bin Abu Bakr Al-Muqaddami telah menceritakan kepada kami: Yusuf Al-Majisyun menceritakan kepada kami: Ayahku menceritakan kepadaku dari ‘Abdurrahman Al-A’raj, dari ‘Ubaidullah bin Abu Rafi’, dari ‘Ali bin Abu Thalib, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam; Bahwa beliau ketika berdiri untuk salat, beliau mengucapkan, “Aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit-langit dan bumi, dalam keadaan hanif (mengarah kepada kebenaran) dan aku bukan termasuk orang-orang musyrik. Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidup, dan matiku untuk Allah Rabb semesta alam. Dia tidak memiliki sekutu. Dengan itulah aku diperintah dan aku termasuk orang-orang muslim. Ya Allah, Engkau adalah raja. Tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Engkau. Engkau adalah Rabb-ku dan aku adalah hamba-Mu. Aku telah menzalimi diriku dan aku mengakui dosaku, maka ampunilah dosa-dosaku semuanya. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Tunjukilah aku kepada akhlak yang paling baik. Tidak ada yang dapat menunjuki kepada akhlak yang paling baik kecuali Engkau. Dan hindarkan aku dari akhlak yang jelek. Tidak ada yang dapat menghindarkan aku dari kejelekan akhlak kecuali Engkau. Aku akan terus melakukan ketaatan kepada-Mu dan mengikuti perintah-Mu. Kebaikan seluruhnya berada di kedua tangan-Mu dan kejelekan tidak disandarkan kepada-Mu. Aku meminta pertolongan kepada-Mu dan berlindung kepada-Mu. Mahasuci dan Mahatinggi Engkau. Aku meminta ampun kepada-Mu dan bertobat kepada-Mu.” 
وَإِذَا رَكَعَ قَالَ: (اللّٰهُمَّ لَكَ رَكَعۡتُ، وَبِكَ آمَنۡتُ، وَلَكَ أَسۡلَمۡتُ، خَشَعَ لَكَ سَمۡعِي وَبَصَرِي، وَمُخِّي وَعَظۡمِي وَعَصَبِي). وَإِذَا رَفَعَ قَالَ: (اللّٰهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الۡحَمۡدُ مِلۡءَ السَّمَاوَاتِ وَمِلۡءَ الۡأَرۡضِ وَمِلۡءَ مَا بَيۡنَهُمَا وَمِلۡءَ مَا شِئۡتَ مِنۡ شَيۡءٍ بَعۡدُ). وَإِذَا سَجَدَ قَالَ: (اللّٰهُمَّ لَكَ سَجَدۡتُ، وَبِكَ آمَنۡتُ، وَلَكَ أَسۡلَمۡتُ، سَجَدَ وَجۡهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ، وَشَقَّ سَمۡعَهُ وَبَصَرَهُ. تَبَارَكَ اللهُ أَحۡسَنُ الۡخَالِقِينَ) ثُمَّ يَكُونُ مِنۡ آخِرِ مَا يَقُولُ بَيۡنَ التَّشَهُّدِ وَالتَّسۡلِيمِ: (اللّٰهُمَّ اغۡفِرۡ لِي مَا قَدَّمۡتُ وَمَا أَخَّرۡتُ، وَمَا أَسۡرَرۡتُ وَمَا أَعۡلَنۡتُ، وَمَا أَسۡرَفۡتُ، وَمَا أَنۡتَ أَعۡلَمُ بِهِ مِنِّي. أَنۡتَ الۡمُقَدِّمُ وَأَنۡتَ الۡمُؤَخِّرُ. لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنۡتَ). 
Dan apabila beliau rukuk, beliau mengucapkan, “Ya Allah, hanya untuk-Mu aku rukuk. Aku beriman kepada-Mu. Aku berserah diri kepada-Mu. Pendengaranku, penglihatanku, otakku, tulangku, dan urat sarafku khusyuk kepada-Mu.” Dan ketika beliau bangkit dari rukuk, beliau mengucapkan, “Ya Allah, Rabb kami, hanya untuk-Mu pujian sepenuh langit-langit, sepenuh bumi, sepenuh apa yang ada di antara keduanya, dan sepenuh segala sesuatu yang Engkau inginkan selain itu.” Dan ketika sujud, beliau mengucapkan, “Ya Allah, hanya kepada-Mu aku sujud. Aku beriman kepada-Mu. Aku berserah diri kepada-Mu. Wajahku sujud kepada Yang telah menciptakan dan membentuknya dan Yang telah membuka pendengaran dan penglihatannya. Mahasuci Allah sebaik-baik pencipta.” Kemudian akhir ucapan beliau antara tasyahud dan salam adalah, “Ya Allah, ampunilah aku segala (dosa) yang telah aku lakukan dan yang akan datang, segala dosa yang aku sembunyikan dan yang aku lakukan terang-terangan, segala yang aku lakukan secara berlebihan, dan segala dosa yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan. Tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Engkau.” 
٢٠٢ - (...) - وَحَدَّثَنَاهُ زُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ مَهۡدِيٍّ. (ح) وَحَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ: أَخۡبَرَنَا أَبُو النَّضۡرِ. قَالَا: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡعَزِيزِ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي سَلَمَةَ، عَنۡ عَمِّهِ الۡمَاجِشُونِ بۡنِ أَبِي سَلَمَةَ، عَنِ الۡأَعۡرَجِ، بِهَٰذَا الۡإِسۡنَادِ. وَقَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ إِذَا اسۡتَفۡتَحَ الصَّلَاةَ كَبَّرَ ثُمَّ قَالَ: (وَجَّهۡتُ وَجۡهِي) وَقَالَ: (وَأَنَا أَوَّلُ الۡمُسۡلِمِينَ) وَقَالَ: وَإِذَا رَفَعَ رَأۡسَهُ مِنَ الرُّكُوعِ قَالَ: (سَمِعَ اللهُ لِمَنۡ حَمِدَهُ، رَبَّنَا وَلَكَ الۡحَمۡدُ) وَقَالَ: (وَصَوَّرَهُ فَأَحۡسَنَ صُوَرَهُ) وَقَالَ: وَإِذَا سَلَّمَ قَالَ: (اللّٰهُمَّ اغۡفِرۡ لِي مَا قَدَّمۡتُ) إِلَى آخِرِ الۡحَدِيثِ وَلَمۡ يَقُلۡ: بَيۡنَ التَّشَهُّدِ وَالتَّسۡلِيمِ. 
202. Zuhair bin Harb telah menceritakannya kepada kami: ‘Abdurrahman bin Mahdi menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Ishaq bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami: Abu An-Nadhr mengabarkan kepada kami. Keduanya berkata: ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Abu Salamah menceritakan kepada kami dari pamannya, yaitu Al-Majisyun bin Abu Salamah, dari Al-A’raj melalui sanad ini. Beliau berkata: Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika memulai salat, beliau bertakbir kemudian mengucapkan, “Aku hadapkan wajahku.” Beliau berkata, “Dan aku adalah orang pertama yang menyerahkan diri.” Beliau berkata: Ketika beliau mengangkat kepala dari rukuk, beliau mengucapkan, “Allah mendengar siapa saja yang memuji-Nya. Ya Rabb kami, hanya untuk-Mu segala pujian.” Beliau juga mengucapkan, “Dan Allah membentuk rupanya dan memperindah rupanya.” Beliau berkata: Ketika beliau salam, beliau mengucapkan, “Ya Allah, ampunilah aku dosa yang telah aku lakukan.” Sampai akhir hadis dan beliau tidak mengatakan: Antara tasyahud dan salam.