Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 1150

٣ - بَابُ مَا جَاءَ لَا تُحَرِّمُ الۡمَصَّةُ وَلَا الۡمَصَّتَانِ 
3. Bab riwayat tentang satu dan dua isapan tidak menyebabkan hubungan mahram 

١١٥٠ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ الۡأَعۡلَى الصَّنۡعَانِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا الۡمُعۡتَمِرُ بۡنُ سُلَيۡمَانَ، قَالَ: سَمِعۡتُ أَيُّوبَ يُحَدِّثُ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي مُلَيۡكَةَ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الزُّبَيۡرِ، عَنۡ عَائِشَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، قَالَ: (لَا تُحَرِّمُ الۡمَصَّةُ وَلَا الۡمَصَّتَانِ). 
1150. [Sahih] Muhammad bin ‘Abdul A’la Ash-Shan’ani telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Al-Mu’tamir bin Sulaiman menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Aku mendengar Ayyub menceritakan dari ‘Abdullah bin Abu Mulaikah, dari ‘Abdullah bin Az-Zubair, dari ‘Aisyah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Satu atau dua isapan tidak menyebabkan hubungan mahram.” 
وَفِي الۡبَابِ عَنۡ أُمِّ الۡفَضۡلِ، وَأَبِي هُرَيۡرَةَ، وَالزُّبَيۡرِ بۡنِ الۡعَوَّامِ، وَابۡنِ الزُّبَيۡرِ. وَرَوَى غَيۡرُ وَاحِدٍ هَٰذَا الۡحَدِيثَ عَنۡ هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الزُّبَيۡرِ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، قَالَ: (لَا تُحَرِّمُ الۡمَصَّةُ وَلَا الۡمَصَّتَانِ). 
Dalam bab ini ada riwayat dari Ummu Al-Fadhl, Abu Hurairah, Az-Zubair bin Al-‘Awwam, dan Ibnu Az-Zubair. Lebih dari satu orang meriwayatkan hadis ini dari Hisyam bin ‘Urwah, dari ayahnya, dari ‘Abdullah bin Az-Zubair, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Satu atau dua isapan tidaklah menyebabkan hubungan mahram.” 
وَرَوَى مُحَمَّدُ بۡنُ دِينَارٍ، عَنۡ هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الزُّبَيۡرِ، عَنِ الزُّبَيۡرِ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. وَزَادَ فِيهِ مُحَمَّدُ بۡنُ دِينَارٍ الۡبَصۡرِيُّ: عَنِ الزُّبَيۡرِ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ وَهُوَ غَيۡرُ مَحۡفُوظٍ. وَالصَّحِيحُ عِنۡدَ أَهۡلِ الۡحَدِيثِ حَدِيثُ ابۡنِ أَبِي مُلَيۡكَةَ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الزُّبَيۡرِ، عَنۡ عَائِشَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. 
Muhammad bin Dinar meriwayatkan dari Hisyam bin ‘Urwah, dari ayahnya, dari ‘Abdullah bin Az-Zubair, dari Az-Zubair, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Muhammad bin Dinar Al-Bashri menambahkan padanya: Dari Az-Zubair, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam; namun riwayat ini tidak mahfuzh dan yang sahih menurut ahli hadis adalah hadis Ibnu Abu Mulaikah dari ‘Abdullah bin Az-Zubair, dari ‘Aisyah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
حَدِيثُ عَائِشَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَسَأَلۡتُ مُحَمَّدًا عَنۡ هَٰذَا فَقَالَ: الصَّحِيحُ عَنِ ابۡنِ الزُّبَيۡرِ عَنۡ عَائِشَةَ، وَحَدِيثُ مُحَمَّدِ بۡنِ دِينَارٍ وَزَادَ فِيهِ عَنِ الزُّبَيۡرِ. وَإِنَّمَا هُوَ هِشَامُ بۡنُ عُرۡوَةَ عَنۡ أَبِيهِ، عَنِ الزُّبَيۡرِ. وَالۡعَمَلُ عَلَى هَٰذَا عِنۡدَ بَعۡضِ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ وَغَيۡرِهِمۡ. 
Hadis ‘Aisyah adalah hadis hasan sahih. Aku bertanya kepada Muhammad tentang hadis ini, lalu beliau berkata: Yang sahih adalah dari Ibnu Az-Zubair dari ‘Aisyah dan hadis Muhammad bin Dinar. Beliau menambahkan padanya dari Az-Zubair. Jalur riwayat hadis itu adalah Hisyam bin ‘Urwah dari ayahnya, dari Az-Zubair. Sebagian ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan selain mereka beramal di atas dasar hadis ini. 
وَقَالَتۡ عَائِشَةُ: أُنۡزِلَ فِي الۡقُرۡآنِ ﴿عَشۡرُ رَضَعَاتٍ مَعۡلُومَاتٍ﴾، فَنُسِخَ مِنۡ ذٰلِكَ خَمۡسٌ وَصَارَ إِلَى ﴿خَمۡسِ رَضَعَاتٍ مَعۡلُومَاتٍ﴾، فَتُوُفِّيَ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَالۡأَمۡرُ عَلَى ذٰلِكَ. [(ابن ماجه)(١٩٤١): م]. 
‘Aisyah mengatakan: Diturunkan di dalam Alquran ayat (yang artinya), “Sepuluh susuan yang diketahui.” Lalu lima susuan dihapus sehingga menjadi, “Lima susuan yang diketahui.” Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat dalam keadaan hukum perkara itu masih tetap begitu. 
١١٥٠ (م) – (صحيح) حَدَّثَنَا بِذٰلِكَ إِسۡحَاقُ بۡنُ مُوسَى الۡأَنۡصَارِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا مَعۡنٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا مَالِكٌ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي بَكۡرٍ، عَنۡ عَمۡرَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ بِهَٰذَا. وَبِهَٰذَا كَانَتۡ عَائِشَةُ تُفۡتِي وَبَعۡضُ أَزۡوَاجِ النَّبِيِّ ﷺ. وَهُوَ قَوۡلُ الشَّافِعِيِّ، وَإِسۡحَاقَ. وقَالَ أَحۡمَدُ بِحَدِيثِ النَّبِيِّ ﷺ: (لَا تُحَرِّمُ الۡمَصَّةُ وَلَا الۡمَصَّتَانِ) وَقَالَ إِنۡ ذَهَبَ ذَاهِبٌ إِلَى قَوۡلِ عَائِشَةَ فِي خَمۡسِ رَضَعَاتٍ فَهُوَ مَذۡهَبٌ قَوِيٌّ، وَجَبُنَ عَنۡهُ أَنۡ يَقُولَ فِيهِ شَيۡئًا. 
1150. Ishaq bin Musa Al-Anshari telah menceritakan hadis itu kepada kami. Beliau berkata: Ma’n menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Malik menceritakan kepada kami dari ‘Abdullah bin Abu Bakr, dari ‘Amrah, dari ‘Aisyah hadis ini. Dengan hadis inilah, dahulu ‘Aisyah dan sebagian istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi fatwa. Ini adalah pendapat Asy-Syafi’i dan Ishaq. Ahmad berkata tentang hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Satu atau dua isapan tidak menyebabkan hubungan mahram,” beliau berkata: Jika ada yang berpendapat dengan ucapan ‘Aisyah tentang lima susuan, maka itu adalah mazhab yang kuat. Beliau segan untuk memberikan pendapat dalam masalah ini. 
وقَالَ بَعۡضُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ وَغَيۡرِهِمۡ: يُحَرِّمُ قَلِيلُ الرَّضَاعِ وَكَثِيرُهُ إِذَا وَصَلَ إِلَى الۡجَوۡفِ. وَهُوَ قَوۡلُ سُفۡيَانَ الثَّوۡرِيِّ، وَمَالِكِ بۡنِ أَنَسٍ، وَالأَوۡزَاعِيِّ، وَعَبۡدِ اللهِ بۡنِ الۡمُبَارَكِ، وَوَكِيعٍ، وَأَهۡلِ الۡكُوفَةِ. 
Sebagian ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan selain mereka berpendapat: Sedikit atau banyak susuan dapat menyebabkan hubungan mahram apabila susuan tersebut sudah sampai ke perut. Ini adalah pendapat Sufyan Ats-Tsauri, Malik bin Anas, Al-Auza’i, ‘Abdullah bin Al-Mubarak, Waki’, dan ulama Kufah. 
عَبۡدُ اللهِ بۡنُ أَبِي مُلَيۡكَةَ هُوَ عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عُبَيۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي مُلَيۡكَةَ، وَيُكۡنَى أَبَا مُحَمَّدٍ، وَكَانَ عَبۡدُ اللهِ قَدۡ اسۡتَقۡضَاهُ عَلَى الطَّائِفِ. 
‘Abdullah bin Abu Mulaikah adalah ‘Abdullah bin ‘Ubaidullah bin Abu Mulaikah, dipanggil dengan kunyah Abu Muhammad. Dahulu ‘Abdullah (bin Az-Zubair) pernah menjadikan beliau sebagai kadi di Tha`if. 
وَقَالَ ابۡنُ جُرَيۡجٍ عَنِ ابۡنِ أَبِي مُلَيۡكَةَ، قَالَ: أَدۡرَكۡتُ ثَلَاثِينَ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ. [(ابن ماجه)(١٩٤٢)]. 
Ibnu Juraij berkata dari Ibnu Abu Mulaikah. Beliau berkata: Aku menjumpai tiga puluh sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.