Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 694, 695, dan 696

١٠ - بَابُ مَا جَاءَ مَا يُسۡتَحَبُّ عَلَيۡهِ الۡإِفۡطَارُ 
10. Bab riwayat santapan yang disukai untuk buka puasa 


٦٩٤ – (ضعيف) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عُمَرَ بۡنِ عَلِيٍّ الۡمُقَدَّمِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا سَعِيدُ بۡنُ عَامِرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ عَبۡدِ الۡعَزِيزِ بۡنِ صُهَيۡبٍ، عَنۡ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (مَنۡ وَجَدَ تَمۡرًا فَلۡيُفۡطِرۡ عَلَيۡهِ، وَمَنۡ لَا، فَلۡيُفۡطِرۡ عَلَى مَاءٍ، فَإِنَّ الۡمَاءَ طَهُورٌ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ سَلۡمَانَ بۡنِ عَامِرٍ. حَدِيثُ أَنَسٍ لَا نَعۡلَمُ أَحَدًا رَوَاهُ عَنۡ شُعۡبَةَ مِثۡلَ هَٰذَا، غَيۡرَ سَعِيدِ بۡنِ عَامِرٍ. وَهُوَ حَدِيثٌ غَيۡرُ مَحۡفُوظٍ وَلَا نَعۡلَمُ لَهُ أَصۡلًا مِنۡ حَدِيثِ عَبۡدِ الۡعَزِيزِ بۡنِ صُهَيۡبٍ، عَنۡ أَنَسٍ. وَقَدۡ رَوَى أَصۡحَابُ شُعۡبَةَ هَٰذَا الۡحَدِيثَ، عَنۡ شُعۡبَةَ، عَنۡ عَاصِمٍ الۡأَحۡوَلِ، عَنۡ حَفۡصَةَ بِنۡتِ سِيرِينَ، عَنِ الرَّبَابِ، عَنۡ سَلۡمَانَ بۡنِ عَامِرٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، وَهُوَ أَصَحُّ مِنۡ حَدِيثِ سَعِيدِ بۡنِ عَامِرٍ. وَهَٰكَذَا رَوَوۡا، عَنۡ شُعۡبَةَ، عَنۡ عَاصِمٍ، عَنۡ حَفۡصَةَ بِنۡتِ سِيرِينَ، عَنۡ سَلۡمَانَ. وَلَمۡ يُذۡكَرۡ فِيهِ: شُعۡبَةُ عَنِ الرَّبَابِ. وَالصَّحِيحُ مَا رَوَاهُ سُفۡيَانُ الثَّوۡرِيُّ وَابۡنُ عُيَيۡنَةَ وَغَيۡرُ وَاحِدٍ: عَنۡ عَاصِمٍ الۡأَحَوَلِ، عَنۡ حَفۡصَةَ بِنۡتِ سِيرِينَ، عَنِ الرَّبَابِ، عَنۡ سَلۡمَانَ بۡنِ عَامِرٍ. وَابۡنُ عَوۡنٍ يَقُولُ: عَنۡ أُمِّ الرَّائِحِ بِنۡتِ صُلَيۡعٍ، عَنۡ سَلۡمَانَ بۡنِ عَامِرٍ. وَالرَّبَابُ هِيَ أُمُّ الرَّائِحِ. [(ابن ماجه)(١٦٩٩)]. 

694. [Daif] Muhammad bin ‘Umar bin ‘Ali Al-Muqaddami telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Sa’id bin ‘Amir menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Syu’bah menceritakan kepada kami dari ‘Abdul ‘Aziz bin Shuhaib, dari Anas bin Malik. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang mendapatkan kurma, maka hendaknya dia berbuka puasa dengannya. Siapa saja yang tidak mendapatkannya, maka hendaknya dia berbuka puasa dengan air karena air itu suci.” 

Di dalam bab ini ada riwayat dari Salman bin ‘Amir. Hadis Anas ini tidak kami ketahui seorang pun yang meriwayatkan dari Syu’bah semisal ini kecuali Sa’id bin ‘Amir. Ini adalah hadis yang tidak mahfuzh dan kami tidak mengetahuinya memiliki sumber dari hadis ‘Abdul ‘Aziz bin Shuhaib, dari Anas. Murid-murid Syu’bah juga meriwayatkan hadis ini dari Syu’bah, dari ‘Ashim Al-Ahwal, dari Hafshah binti Sirin, dari Ar-Rabab, dari Salman bin ‘Amir, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan ini lebih sahih daripada hadis Sa’id bin ‘Amir. 

Seperti inilah mereka riwayatkan: Dari Syu’bah, dari ‘Ashim, dari Hafshah binti Sirin, dari Salman; dan tidak disebutkan padanya: Syu’bah dari Ar-Rabab. Yang sahih adalah yang diriwayatkan oleh Sufyan Ats-Tsauri, Ibnu ‘Uyainah, dan lebih dari satu orang: Dari ‘Ashim Al-Ahwal, dari Hafshah binti Sirin, dari Ar-Rabab, dari Salman bin ‘Amir. 

Ibnu ‘Aun berkata: Dari Ummu Ar-Ra`ih binti Shulai’, dari Salman bin ‘Amir. Ar-Rabbab adalah Ummu Ar-Ra`ih. 

٦٩٥ – (ضعيف أيضًا) حَدَّثَنَا مَحۡمُودُ بۡنُ غَيۡلَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ عَاصِمٍ الۡأَحۡوَلِ. (ح) وَحَدَّثَنَا هَنَّادٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنۡ عَاصِمٍ الۡأَحۡوَلِ، عَنۡ حَفۡصَةَ بِنۡتِ سِيرِينَ، عَنِ الرَّبَابِ، عَنۡ سَلۡمَانَ بۡنِ عَامِرٍ الضَّبِّيِّ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (إِذَا أَفۡطَرَ أَحَدُكُمۡ فَلۡيُفۡطِرۡ عَلَى تَمۡرٍ، فَإِنۡ لَمۡ يَجِدۡ فَلۡيُفۡطِرۡ عَلَى مَاءٍ فَإِنَّهُ طَهُورٌ). هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. 

695. [Daif] Mahmud bin Ghailan telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Waki’ menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Sufyan menceritakan kepada kami dari ‘Ashim Al-Ahwal. (Dalam riwayat lain) Hannad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Mu’awiyah menceritakan kepada kami dari ‘Ashim Al-Ahwal, dari Hafshah binti Sirin, dari Ar-Rabab, dari Salman bin ‘Amir Adh-Dhabbi, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Apabila salah seorang kalian iftar, maka hendaknya dia berbuka puasa dengan kurma. Jika dia tidak mendapatkannya, maka hendaknya dia berbuka puasa dengan air karena air itu suci.” Ini adalah hadis hasan sahih. 

٦٩٦ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ رَافِعٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا جَعۡفَرُ بۡنُ سُلَيۡمَانَ، عَنۡ ثَابِتٍ، عَنۡ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ، قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يُفۡطِرُ، قَبۡلَ أَنۡ يُصَلِّيَ، عَلَى رُطَبَاتٍ. فَإِنۡ لَمۡ تَكُنۡ رُطَبَاتٌ فَتُمَيۡرَاتٌ، فَإِنۡ لَمۡ تَكُنۡ تُمَيۡرَاتٌ، حَسَا حَسَوَاتٍ مِنۡ مَاءٍ. هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ. وَرُوِيَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ كَانَ يُفۡطِرُ فِي الشِّتَاءِ عَلَى تَمَرَاتٍ، وَفِي الصَّيۡفِ عَلَى الۡمَاءِ. [(الإرواء)(٩٢٢)، (صحيح أبي داود)(٢٠٤٠)]. 

696. [Sahih] Muhammad bin Rafi’ telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdurrazzaq menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ja’far bin Sulaiman mengabarkan kepada kami dari Tsabit, dari Anas bin Malik. Beliau mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu biasa berbuka puasa dengan beberapa rutab (kurma basah) sebelum salat. Jika tidak ada rutab, maka dengan beberapa tamar (kurma kering). Jika tidak ada tamar, maka dengan beberapa teguk air. 

Ini adalah hadis hasan garib. Dan diriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika musim dingin berbuka dengan beberapa tamar dan ketika musim panas dengan air.