Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 699

١٣ - بَابُ مَا جَاءَ فِي تَعۡجِيلِ الۡإِفۡطَارِ 
13. Bab riwayat tentang menyegarakan iftar 


٦٩٩ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ مَهۡدِيٍّ، عَنۡ سُفۡيَانَ، عَنۡ أَبِي حَازِمٍ. (ح) وَأَخۡبَرَنَا أَبُو مُصۡعَبٍ قِرَاءَةً، عَنۡ مَالِكٍ، عَنۡ أَبِي حَازِمٍ، عَنۡ سَهۡلِ بۡنِ سَعۡدٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيۡرٍ مَا عَجَّلُوا الۡفِطۡرَ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، وَابۡنِ عَبَّاسٍ، وَعَائِشَةَ، وَأَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ. حَدِيثُ سَهۡلِ بۡنِ سَعۡدٍ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَهُوَ الَّذِي اخۡتَارَهُ أَهۡلُ الۡعِلۡمِ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ وَغَيۡرِهِمۡ؛ اسۡتَحَبُّوا تَعۡجِيلَ الۡفِطۡرِ. وَبِهِ يَقُولُ الشَّافِعِيُّ، وَأَحۡمَدُ، وَإِسۡحَاقُ. [(الإرواء)(٩١٧)]. 

699. [Sahih] Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdurrahman bin Mahdi menceritakan kepada kami dari Sufyan, dari Abu Hazim. (Dalam riwayat lain) Abu Mush’ab telah mengabarkan kepada kami dengan cara qiraah, dari Malik, dari Abu Hazim, dari Sahl bin Sa’d. Beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manusia akan senantiasa baik selama mereka menyegerakan iftar.” 

Di dalam bab ini ada riwayat dari Abu Hurairah, Ibnu ‘Abbas, ‘Aisyah, dan Anas bin Malik. Hadis Sahl bin Sa’d adalah hadis hasan sahih. Inilah yang dipilih oleh ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan selain mereka, yaitu mereka menyukai untuk menyegerakan iftar. Asy-Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq juga berpendapat demikian.