Cari Blog Ini

Syarh Al-Ajurrumiyyah - Tanda Jazm: Hadzf (1)

مَوۡضِعَا الۡحَذۡفِ: 

Dua tempat hadzf

قَوۡلُهُ: (وَأَمَّا الۡحَذۡفُ فَيَكُونُ عَلَامَةً لِلۡجَزۡمِ فِي الۡفِعۡلِ الۡمُضَارِعِ الۡمُعۡتَلِّ الۡآخِرِ). 

الۡفِعۡلُ الۡمُضَارِعُ الۡمُعۡتَلُّ الۡآخِرِ هُوَ الَّذِي آخِرُهُ حَرۡفُ عِلَّةٍ. 

Ucapan mualif, “Adapun hadzf menjadi tanda jazm pada fiil mudhari’ yang huruf akhirnya sakit.” 

Fiil mudhari’ mu’tall akhir adalah fiil mudhari’ yang huruf terakhirnya adalah huruf ilat/sakit. 

وَحُرُوفُ الۡعِلَّةِ ثَلَاثَةٌ: الۡأَلِفُ الۡمَفۡتُوحُ مَا قَبۡلَهَا، وَالۡوَاوُ الۡمَضۡمُومُ مَا قَبۡلَهَا، وَالۡيَاءُ الۡمَكۡسُورُ مَا قَبۡلَهَا. 

كُلُّ فِعۡلٍ مُضَارِعٍ آخِرُهُ أَلِفٌ، أَوۡ وَاوٌ، أَوۡ يَاءٌ، فَإِنَّهُ يُجۡزَمُ بِحَذۡفِ الۡأَلِفُ، أَوِ الۡوَاوِ، أَوِ الۡيَاءِ. 

Huruf-huruf ilat ada tiga: huruf alif yang difatah huruf sebelumnya, huruf wawu yang didamah huruf sebelumnya, dan huruf ya yang dikasrah huruf sebelumnya. 

Setiap fiil mudhari’ yang huruf akhirnya alif, wawu, atau ya, maka di-jazm dengan hadzf/membuang huruf alif, wawu, atau ya. 

الۡأَلِفُ: (يَرۡضَى) أَدۡخِلۡ عَلَيۡهَا الۡجَازِمَ (لَمۡ) تَقُولُ: (لَمۡ يَرۡضَ)، لَا تَقُولُ: (يَرۡضَى). 

لَوۡ سَمِعۡتَ قَائِلًا يَقُولُ: (وَمَنۡ يَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَاهُ) مَاذَا تَقُولُ؟ خَطَأٌٰ؛ لِأَنَّ (يَرَى) مُعۡتَلٌّ، وَهُوَ مَجۡزُومٌ، فَيُجۡزَمُ بِحَذۡفِ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ، فَيُقَالُ: (يَرَهُ). 

Huruf alif, contohnya adalah “يَرۡضَى”. Masukkan huruf yang men-jazm-kan padanya, yaitu “لَمۡ”, sehingga engkau katakan, “لَمۡ يَرۡضَ (Dia tidak rida).” Jangan engkau katakan, “يَرۡضَى”. 

Andai engkau mendengar ada orang yang berkata, “وَمَنۡ يَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَاهُ,” apa yang engkau katakan? Keliru karena “يَرَى” adalah kata yang mu’tall (huruf akhirnya sakit) dan dia di-jazm, sehingga di-jazm dengan membuang huruf ilat. Jadi yang benar dikatakan, “يَرَهُ”. 

قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿أَلَمۡ تَرَ﴾[البقرة: ٢٤٣]، أَصۡلُ (تَرَ): (تَرَى) بِالۡأَلِفِ، فَلَمَّا دَخَلَ عَلَيۡهَا حَرۡفُ الۡجَزۡمِ حُذِفَتِ الۡأَلِفُ. 

Allah taala berfirman, “أَلَمۡ تَرَ (Tidakkah engkau melihat).” (QS. Al-Baqarah: 243). Asal kata تَرَ adalah تَرَى dengan alif. Ketika ada huruf jazm yang masuk padanya, maka huruf alif dibuang. 

(الۡيَاءُ): إِذَا كَانَ آخِرُ الۡفِعۡلِ (يَاءً) فَإِنَّهُ يُجۡزَمُ بِحَذۡفِ الۡيَاءِ، مِثۡلُ: (يَقۡضِي) تَقُولُ: (لَمۡ يَقۡضِ)، قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿كَلَّا لَمَّا يَقۡضِ مَآ أَمَرَهُۥ﴾ [عبس: ٢٣]، (لَمَّا): حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ. (يَقۡضِ): لَمۡ يَقُلۡ (يَقۡضِي) وَلَكِنۡ حَذَفَ الۡيَاءَ؛ لِأَنَّهُ مُعۡتَلٌّ بِالۡيَاءِ، فَتُحۡذَفُ عِنۡدَ الۡجَزۡمِ. 

Huruf ya. Apabila huruf akhir suatu fiil mudhari’ adalah huruf ya, maka fiil tersebut di-jazm dengan membuang huruf ya. Contoh, “يَقۡضِي”. Engkau katakan, “لَمۡ يَقۡضِ (Dia belum melaksanakan).” Allah taala berfirman, “كَلَّا لَمَّا يَقۡضِ مَآ أَمَرَهُۥ (Sekali-kali jangan; manusia itu belum melaksanakan apa yang diperintahkan Allah kepadanya).” (QS. ‘Abasa: 23). لَمَّا adalah huruf nafi, jazm, dan qalb. يَقۡضِ, Allah tidak mengatakan “يَقۡضِي” akan tetapi membuang huruf ya karena kata tersebut diakhiri huruf ilat ya sehingga dibuang ketika jazm

(يَعۡنِي) اجۡزِمۡهَا، تَقُولُ: (لَمۡ يَعۡنِ) حَذَفۡتَ الۡيَاءَ، وَأَبۡقَيۡتَهُ مَكۡسُورًا. 

قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿أَلَمۡ يَأۡنِ لِلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَن تَخۡشَعَ قُلُوبُهُمۡ لِذِكۡرِ ٱللَّهِ﴾ [الحديد: ١٦]؛ لِأَنَّكَ إِذَا حَذَفۡتَ حَرۡفَ الۡعِلَّةِ يَبۡقَى الۡبَاقِي عَلَى مَا هُوَ عَلَيۡهِ، فَالنُّونُ تَبۡقَى مَكۡسُورَةً، كَمَا هِيَ عَلَيۡهِ. 

“يَعۡنِي” jazm-kan, maka engkau katakan, “لَمۡ يَعۡنِ.” Engkau buang huruf ya dan engkau biarkan dalam keadaan huruf akhirnya dikasrah. 

Allah taala berfirman, “أَلَمۡ يَأۡنِ لِلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَن تَخۡشَعَ قُلُوبُهُمۡ لِذِكۡرِ ٱللَّهِ (Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah).” (QS. Al-Hadid: 16). Karena apabila engkau membuang huruf ilat, maka yang tersisa tetap seperti semula. Jadi huruf nun tetap dikasrah sebagaimana semula. 

قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿وَلَمَّا يَأۡتِهِمۡ تَأۡوِيلُهُۥ﴾ [يونس: ٣٩]، يَأۡتِهِمۡ: مَا أَصۡلُهَا؟ يَأۡتِي بِـ(الۡيَاءِ) كَمَا قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿أَلَا يَوۡمَ يَأۡتِيهِمۡ لَيۡسَ مَصۡرُوفًا﴾ [هود: ٨]، لَكِنۡ لَمَّا جُزِمَتۡ (وَلَمَّا يَأۡتِهِمۡ)، مَا الَّذِي فَعَلۡنَا؟ حَذَفۡنَا حَرۡفَ الۡعِلَّةِ، وَتَبۡقَى الۡكَسۡرَةُ، دَلِيلًا عَلَى الۡيَاءِ، فَنَقُولُ: لَمَّا يَأۡتِهِمۡ. (لَمَّا): حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ. (يَأۡتِ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمَّا) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ (الۡيَاءِ)، وَالۡكَسۡرَةُ قَبۡلَهَا دَلِيلٌ عَلَيۡهَا. 

Allah taala berfirman, “وَلَمَّا يَأۡتِهِمۡ تَأۡوِيلُهُۥ (padahal belum datang kepada mereka penjelasannya).” (QS. Yunus: 39). يَأۡتِهِمۡ apa asalnya? يَأۡتِي dengan huruf ya. Sebagaimana firman Allah taala, “أَلَا يَوۡمَ يَأۡتِيهِمۡ لَيۡسَ مَصۡرُوفًا (lngatlah, di waktu azab itu datang kepada mereka tidaklah dapat dipalingkan).” (QS. Hud: 8). Tetapi ketika di-jazm menjadi “وَلَمَّا يَأۡتِهِمۡ”. Apa yang telah kita lakukan? Kita membuang huruf ilat dan membiarkan kasrah sebagai tanda terhadap huruf ya. Jadi kita katakan, “لَمَّا يَأۡتِهِمۡ”. Huruf لَمَّا adalah huruf nafi, jazm, dan qalb. يَأۡتِ adalah fiil mudhari’ yang di-jazm dengan لَمَّا. Tanda jazm-nya adalah hilangnya huruf ilat ya, sedangkan harakat kasrah pada huruf sebelumnya adalah tanda terhadapnya. 

الۡوَاوُ: مِثۡلُ: (يَدۡعُو) مُعۡتَلٌّ بِالۡوَاوِ، إِذَا جَزِمۡتَهُ احۡذِفِ الۡوَاوَ، وَتَبۡقَى الضَّمَّةُ، قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿وَمَن يَدۡعُ مَعَ ٱللَّهِ إِلَـٰهًا ءَاخَرَ﴾ [المؤمنون: ١١٧]، وَقَالَ تَعَالَى: ﴿فَلَا تَدۡعُ مَعَ ٱللَّهِ إِلَـٰهًا ءَاخَرَ﴾ [الشعراء: ٢١٣]، (تَدۡعُ) حُذِفَتِ الۡوَاوُ؛ لِأَنَّهُ دَخَلَ عَلَيۡهَا جَازِمٌ، وَإِذَا دَخَلَ عَلَى الۡفِعۡلِ الۡمُضَارِعِ جَازِمٌ، وَهُوَ مُعۡتَلُّ الۡآخِرِ؛ حُذِفَ حَرۡفُ الۡعِلَّةِ، وَبَقِيَتِ الۡحَرَكَةُ قَبۡلَهُ دَلِيلًا عَلَيۡهِ. 

تَقُولُ: (يَغۡزُو) (فُلَانٌ يَغۡزُو) اجۡزِمۡهُ (فُلَانٌ لَمۡ يَغۡزُ) دُونَ وَاوٍ، وَالضَّمَّةُ تَبۡقَى دَلِيلًا عَلَى الۡوَاوِ. 

Huruf wawu. Contoh, “يَدۡعُو” adalah kata yang huruf terakhirnya sakit. Apabila engkau men-jazm-kannya, maka buanglah huruf wawu dan harakat damah tetap. Allah taala berfirman, “وَمَن يَدۡعُ مَعَ ٱللَّهِ إِلَـٰهًا ءَاخَرَ (Dan barang siapa menyembah tuhan yang lain di samping Allah).” (QS. Al-Mu`minun: 117). Allah taala berfirman, “فَلَا تَدۡعُ مَعَ ٱللَّهِ إِلَـٰهًا ءَاخَرَ (Maka janganlah kamu menyeru (menyembah) tuhan yang lain di samping Allah).” (QS. Asy-Syu’ara`: 213). تَدۡعُ dibuang huruf wawunya karena masuk huruf yang men-jazm-kan pada kata tersebut. Apabila ada huruf yang men-jazm masuk pada fiil mudhari’ yang huruf akhirnya sakit, maka huruf ilatnya dibuang dan harakat sebelumnya tetap sebagai tanda terhadapnya. 

Engkau katakan, “يَغۡزُو (berperang).” “فُلَانٌ يَغۡزُو” jazm-kan sehingga menjadi “فُلَانٌ لَمۡ يَغۡزُ” tanpa huruf wawu. Harakat damah tetap ada sebagai tanda terhadap wawu. 

إِذَنۡ عَرَفۡنَا الۡقَاعِدَةَ الۡآنَ: كُلُّ فِعۡلٍ مُضَارِعٍ مُعۡتَلِّ الۡآخِرِ: (بِأَلِفٍ، أَوۡ وَاوٍ، أَوۡ يَاءٍ) فَإِنَّهُ إِذَا جُزِمَ يَجِبُ حَذۡفُ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ، وَيَبۡقَى مَا قَبۡلَهُ عَلَى مَا هُوَ عَلَيۡهِ، إِنۡ كَانَ الۡمَحۡذُوفُ الۡأَلِفَ يَبۡقَى مَفۡتُوحًا، وَإِذَا كَانَ مُعۡتَلًّا بِالۡوَاوِ يَبۡقَى مَضۡمُومًا، وَإِذَا كَانَ مُعۡتَلًّا بِالۡيَاءِ يَبۡقَى مَكۡسُورًا. 

Jadi, sekarang kita telah mengetahui kaidahnya. Setiap fiil mudhari’ yang huruf akhirnya adalah huruf ilat, yaitu alif, wawu, atau ya, maka ketika di-jazm wajib membuang huruf ilat dan membiarkan huruf sebelum huruf ilat seperti keadaan sebelumnya. Jika yang dibuang adalah huruf alif, maka tetap difatah. Apabila huruf ilat akhirnya dengan wawu, maka tetap didamah. Apabila huruf ilat akhirnya dengan ya, maka tetap dikasrah. 

تَدۡرِيبَاتٌ عَلَى الۡإِعۡرَابِ: 

Latihan-latihan i’rab:

قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿وَلَمۡ يَخۡشَ إِلَّا ٱللَّهَ﴾ [التوبة: ١٨]. 

(لَمۡ): حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ. 

(يَخۡشَ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ الۡأَلِفِ، وَالۡفَتۡحَةُ قَبۡلَهَا دَلِيلٌ عَلَيۡهَا. 

Allah taala berfirman, “وَلَمۡ يَخۡشَ إِلَّا ٱللَّهَ (dan tidak takut kecuali kepada Allah).” (QS. At-Taubah: 18). 

لَمۡ adalah huruf nafi, jazm, dan qalb

يَخۡشَ adalah fiil mudhari’ yang di-jazm dengan لَمۡ. Tanda jazm-nya adalah dibuangnya huruf alif. Harakat fatah sebelumnya adalah tanda terhadapnya. 

(لَمۡ يَرۡضَ). 

(لَمۡ): حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ. 

(يَرۡضَ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَعۡتَلٌّ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ الۡأَلِفِ، وَالۡفَتۡحَةُ قَبۡلَهَا دَلِيلٌ عَلَيۡهَا. 

“لَمۡ يَرۡضَ (Dia tidak rida).”

لَمۡ adalah huruf nafi, jazm, dan qalb

يَرۡضَ adalah fiil mudhari’ yang huruf terakhirnya adalah huruf ilat yang di-jazm dengan لَمۡ. Tanda jazm-nya adalah dibuangnya huruf alif. Harakat fatah sebelumnya adalah tanda terhadapnya. 

قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿فَلَا تَدۡعُ مَعَ ٱللَّهِ إِلَـٰهًا ءَاخَرَ﴾ [الشعراء: ٢١٣]. 

(لَا): نَاهِيَةٌ. 

(تَدۡعُ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَا النَّاهِيَةِ)، وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ الۡوَاوِ، وَالضَّمَّةُ قَبۡلَهَا دَلِيلٌ عَلَيۡهَا. 

Allah taala berfirman, “فَلَا تَدۡعُ مَعَ ٱللَّهِ إِلَـٰهًا ءَاخَرَ (Maka janganlah kamu menyeru (menyembah) tuhan yang lain di samping Allah).” (QS. Asy-Syu’ara`: 213). 

لَا berarti melarang. 

تَدۡعُ adalah fiil mudhari’ yang di-jazm dengan لَا nahiyah. Tanda jazm-nya adalah dibuangnya huruf wawu. Harakat damah sebelumnya adalah tanda terhadapnya. 

(لَمۡ يَدۡعُ). 

(لَمۡ): حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ. 

(يَدۡعُ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ الۡوَاوِ وَالضَّمَّةُ قَبۡلَهَا دَلِيلٌ عَلَيۡهَا. 

“لَمۡ يَدۡعُ”. 

لَمۡ adalah huruf nafi, jazm, dan qalb

يَدۡعُ adalah fiil mudhari’ yang di-jazm dengan لَمۡ. Tanda jazm-nya adalah dibuangnya huruf wawu. Harakat damah sebelum huruf wawu adalah tanda terhadapnya. 

قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿كَلَّا لَمَّا يَقۡضِ مَآ أَمَرَهُۥ﴾ [عبس: ٢٣]. 

(لَمَّا): حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ. 

(يَقۡضِ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمَّا) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ الۡيَاءِ، وَالۡكَسۡرَةُ قَبۡلَهَا دَلِيلٌ عَلَيۡهَا. 

Allah taala berfirman, “كَلَّا لَمَّا يَقۡضِ مَآ أَمَرَهُۥ (Sekali-kali jangan; manusia itu belum melaksanakan apa yang diperintahkan Allah kepadanya).” (QS. ‘Abasa: 23). 

لَمَّا adalah huruf nafi, jazm, dan qalb

يَقۡضِ adalah fiil mudhari’ yang di-jazm dengan لَمَّا. Tanda jazm-nya adalah dibuangnya huruf ya. Harakat kasrah sebelum huruf ya adalah sebagai tanda terhadapnya 

(لَمۡ يَقۡضِ). 

(لَمۡ): حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ وَقَلۡبٍ. 

(يَقۡضِ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِـ(لَمۡ) وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ الۡيَاءِ، وَالۡكَسۡرَةُ قَبۡلَهَا دَلِيلٌ عَلَيۡهَا. 

“لَمۡ يَقۡضِ”. 

لَمۡ adalah huruf nafi, jazm, dan qalb

يَقۡضِ adalah fiil mudhari’ yang di-jazm dengan لَمۡ. Tanda jazm-nya adalah dibuangnya huruf ya. Harakat kasrah sebelum huruf ya adalah sebagai tanda terhadapnya.

هَٰذَا حَكۡمُ إِعۡرَابِ الۡمُعۡتَلِّ بِأَحَدِ حُرُوفِ الۡعِلَّةِ. 

Ini adalah hukum i’rab fiil mudhari’ mu’tall dengan salah satu huruf ilat.