Cari Blog Ini

As-Sunnah 'Abdullah bin Ahmad hadis nomor 1487

[١٤٨٧] حَدَّثَنِي أَبِي وَأَبُو خَيۡثَمَةَ قَالَا: نا أَبُو مُعَاوِيَةَ، نا الۡأَعۡمَشُ، عَنۡ خَيۡثَمَةَ، عَنۡ سُوَيۡدِ بۡنِ غَفۡلَةَ قَالَ: قَالَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: إِذَا حَدَّثۡتُكُمۡ عَنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ (حَدِيثًا) فَلَأَنۡ أَخِرَّ مِنَ السَّمَاءِ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنۡ أَنۡ أَكۡذِبَ عَلَيۡهِ. وَإِذَا حَدَّثۡتُكُمۡ عَنۡ غَيۡرِهِ فَإِنَّمَا أَنَا مُحَارِبٌ وَالۡحَرۡبُ خَدۡعَةٌ، سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (يَخۡرُجُ فِي آخِرِ الزَّمَانِ قَوۡمٌ أَحۡدَاثُ الۡأَسۡنَانِ، سُفَهَاءُ الۡأَحۡلَامِ، يَقُولُونَ مِنۡ خَيۡرِ قَوۡلِ الۡبَرِيَّةِ، لَا يُجَاوِزُ إِيمَانُهُمۡ حَنَاجِرَهُمۡ، فَأَيۡنَمَا لَقِيتُمُوهُمۡ فَاقۡتُلُوهُمۡ، فَإِنَّ قَتۡلَهُمۡ أَجۡرٌ لِمَنۡ قَتَلَهُمۡ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ). 

1487. Ayahku dan Abu Khaitsamah telah menceritakan kepadaku. Keduanya berkata: Abu Mu’awiyah menceritakan kepada kami: Al-A’masy menceritakan kepada kami dari Khaitsamah, dari Suwaid bin Ghaflah. Beliau berkata: ‘Ali radhiyallahu ‘anhu mengatakan: Apabila aku menceritakan kepada kalian dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam suatu hadis, maka sungguh aku jatuh dari langit lebih aku sukai daripada aku berdusta atas nama beliau. Dan apabila aku menceritakan kepada kalian dari selain beliau, maka aku hanyalah seorang prajurit dan perang adalah muslihat. Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Suatu kaum akan keluar di akhir zaman. Mereka muda-muda umurnya, bodoh akalnya. Mereka berkata dari sebaik-baik ucapan manusia namun iman mereka tidak melampaui laring-laring mereka. Di mana saja kalian menjumpai mereka, maka bunuhlah mereka (di bawah komando pemerintah). Karena ada pahala di hari kiamat bagi siapa saja yang membunuh mereka.”